Harmony Blog

Cara Membuat Video Marketing, Jenis dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Diupdate Jan 4th, 2022
0

SHARES

PEMBACA

Video MarketingPin

Dalam sebuah bisnis tentu memerlukan cara yang tepat untuk mempromosikan brand yang dimiliki. Salah satunya dengan video marketing, media ini dijadikan sebagai alat untuk strategi pemasaran produk maupun jasa.

Nyatanya video marketing ini bukanlah suatu hal yang baru. Namun apakah Anda sudah memaksimalkannya? Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana media ini menjadi sorotan paling besar di setiap platform maupun channel marketing.

Video marketing ini memainkan peran penting dalam memperluas aktivitas pelanggan serta minat atas merek bisnis Anda.Click to Tweet

Hal ini merupakan salah satu bagian dari rencana pemasaran. Video marketing ini sebenarnya bukan lagi merupakan trik saja untuk meningkatkan penjualan Anda. Melainkan berperan besar dalam menjangkau setiap pelanggan yang potensial dan juga kampanye brand Anda.

Apa itu Video Marketing?

Video marketing adalah strategi pemasaran yang terdapat dalam sebuah marketing online, yang di dalam cara pemasarannya dengan memanfaatkan media video.

Anda  juga bisa melakukan pemasaran langsung pada produk Anda melalui video marketing dan mengunggahnya di setiap media sosial dan platform lainnya. Contoh video marketing ini juga merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis ataupun brand yang terbaik di zaman serba digital pada saat ini.

Sebab apabila video marketing sudah terkonsep dan memiliki hasil yang menarik, maka video ini akan menampilkan gambar serta audio yang bersamaan, agar mudah dimengerti oleh para audiens. Sehingga sekaligus mengubah para audiens menjadi pelanggan bisnis Anda.

Apa Saja Manfaat Video Marketing?

Tentunya setiap media yang dijalankan untuk promosi suatu produk memiliki kelebihan bahkan manfaat tersendiri. Begitu juga dengan media video ini, berikut beberapa manfaat jika Anda membuat video marketing.

  1. Dapat Mengingatkan Penonton Tentang Merek

    Manusia lebih mudah untuk mengingat gambar dibandingkan dengan kata-kata. Selain itu manusia juga lebih mudah untuk mengingat gambar bergerak dengan suara atau video.

    Dalam video marketing tentu memiliki keduanya. Maka dari itu, kemampuan brand recall atau video untuk meningkatkan penonton tentang merek juga lebih tinggi.

  2. Memperkuat Citra Merek

    Di mata konsumen, barang yang menggunakan content marketing video cenderung mendapatkan apresiasi lebih tinggi. Sebab kepercayaan pelanggan akan jauh lebih tinggi apabila memasarkan produk melalui konten video.

    Maka dari itu video marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang mampu meningkatkan dan memperkuat citra merek pada bisnis. Tentu sudah tidak heran juga jika banyak brand besar yang menerapkan strategi pemasaran ini.

  3. Memiliki Daya Tarik Tertinggi

    Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh tim HubSpot tahun 2017, bahwa video mendukung peringkat pertama dalam hal jenis konten yang mana ingin dilihat publik.

    Maka hasil survei ini menunjukkan bahwa konten video memiliki sebuah peluang besar untuk ditemukan. Dengan tujuan tersebut maka peluang pencapaian tujuan pemasaran menjadi lebih tinggi.

    Baca Juga: Manajemen Pemasaran Internasional Dan Target Pasarnya

Jenis-Jenis Video Marketing

Sebelum melakukan pemasaran menggunakan video marketing Anda perlu melihat beberapa jenis video marketing sebagai berikut:

  • Video Demo

    Jenis video marketing ini akan menunjukkan bagaimana produk ataupun jasa yang Anda miliki dapat bekerja. Selain itu, Anda juga dapat menekankan nilai lebih dari produk maupun brand yang Anda miliki.

    Jenis-jenis video marketingPin

  • Video Pengajaran atau Edukasi

    Jenis video pengajaran  ini dapat Anda gunakan untuk mengajarkan pengetahuan baru kepada setiap audiens ataupun pelanggan Anda. Pengetahuan mendasar tersebut meliputi, tentang apa yang sebenarnya para audiens perlukan untuk lebih memahami bisnis dan juga solusi dari brand Anda.

  • Video Branding

    Video branding ini dapat Anda gunakan untuk membantu audiens dalam menilai serta memahami mengapa mereka memerlukan sebuah produk atau jasa Anda.

    Banyak juga video branding yang menyisipkan pesan yang ingin menunjukkan mengenai bagaimana produk mereka mampu mengatasi setiap kesulitan yang ada dalam masyarakat.

  • Video Event

    Jenis video marketing selanjutnya ada video event. Yang mana dalam video event ini dapat Anda isi dengan rekaman pada saat bisnis Anda menyelenggarakan sebuah seminar, diskusi produk, kegiatan sosial, dan jenis-jenis acara lainnya.

    Baca Juga: Sistem Informasi Pemasaran : Apa Itu, Fungsi Dan Jenisnya

Bagaimana Cara Membuat Video Marketing?

Untuk membuat video marketing bukanlah asal-asalan. Melainkan ada beberapa cara yang perlu untuk Anda lakukan sebelum membuatnya. Berikut cara membuat video marketing untuk pemasaran bisnis Anda.

  1. Pahami Audiens dan Lakukan Beberapa Penelitian

    Jangan melakukan strategi tanpa penelitian. Sebab penelitian ini merupakan tahap paling awal dan sangat penting untuk dilakukan sebelum memulai tindakan apapun dalam bisnis, termasuk pemasaran.

    Lalu apa yang perlu untuk Anda teliti? Pertama yang perlu untuk Anda teliti yaitu pahami audiens Anda. Dapatkan gambaran umum mengenai audiens Anda, seperti halnya usia mereka, jenis kelamin, dan minat di tempat mereka biasanya berbelanja.

    Dengan memahami setiap audiens Anda, maka Anda dapat dengan mudah untuk menentukan jenis konten video apa yang nantinya akan Anda produksi.

  2. Membuat Storyboard

    Sebelum membuat video, Anda dapat memulainya dengan menulis script layaknya Anda ingin membuat sebuah postingan blog caranya dengan membuat beberapa daftar poin penting dan tampilkan juga urutan pesan yang ingin disampaikan secara logis.

    Selain itu Anda juga harus memilih pembicara yang mana memiliki jenis suara dan tampilan yang menarik untuk video marketing Anda. Tujuannya agar setiap audiens Anda lebih tertarik untuk melihat video Anda.

  3. Menyiapkan Tempat & Peralatan Rekaman Video

    Untuk membuat video marketing, Anda juga harus mempersiapkan seluruh kebutuhan untuk rekaman Anda. Misalnya seperti kebutuhan lampu, mikrofon, tripod, dan peralatan lainnya.

    Menyiapkan studio atau tempat rekaman videoPin

    Untuk masalah tempat rekaman, cobalah untuk memilih tempat yang sesuai dengan konten video yang ingin Anda buat dan juga pilihlah tempat yang memiliki daya tarik visual.

    Selain itu Anda juga bisa mengubah ruang tempat kerja Anda agar bisa digunakan sebagai tempat syuting atau tempat membuat video Anda. Pada intinya, buatlah para audiens Anda tertarik dan nyaman melihat hasil video Anda.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Pilih Media Pemasaran Video

    Memilih media pemasaran tentu jauh lebih mudah, sebab media pemasaran video biasanya disesuaikan dengan tempat-tempat yang sering berkumpulnya target pasar. Apabila target pasar sering menonton TV, maka Anda dapat menaruh video Anda di media TV.

    Namun apabila target pasar Anda sering menonton video di media sosial seperti instagram, YouTube, dan, Facebook. Maka Anda dapat pasarkan video Anda di media sosial tersebut.

    Perlu untuk Anda ketahui juga, bahwa setiap jenis media sosial memiliki tipe pengguna yang berbeda-beda. Maka dari itu untuk lebih fokus pada sasaran, selain itu Anda juga harus memahami karakteristik dan kebiasaan pasar sasaran.

  5. Rekam dan Edit Video Marketing Anda

    Hal ini juga tentu menjadi langkah yang sangat penting untuk Anda lakukan. Sebab Anda harus merekam dan menyunting hasil rekaman yang sudah Anda lakukan.

    Selain itu Anda juga dapat menggunakan template video gratis yang mana saat ini sudah banyak tersebar di internet agar dapat memberikan after effect di dalam contoh video marketing Anda.

Itulah beberapa penjelasan mengenai contoh video marketing. Tentu dalam melakukan sebuah video marketing Anda memerlukan anggaran keuangan yang besar.

Sebab dalam membuat video marketing Anda harus memerlukan perlengkapan yang memadai dan juga talent yang mendukung. Maka dari itu Anda harus bisa mengelola anggaran keuangan bisnis dengan baik dan pencatatannya di laporan keuangan secara rapi.

Namun apabila Anda mengalami kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mencatat laporan keuangan, tentu Anda bisa memanfaatkan software akuntansi seperti Harmony.

Software Akuntansi Harmony menjadi salah satu tools accounting kepercayaan ribuan klien di seluruh Indonesia. Dilengkapi otomasi pembuatan laporan keuangan hingga 20+ template instan siap pakai dalam hitungan detik, otomasi rekonsiliasi bank, serta fitur dan modul accounting fungsional lainnya hingga otomasi pembuatan laporan keuangan dalam sekali klik.

Masih ragu? Silakan coba untuk membuktikan sendiri, daftar FREE Trial 30 hari, klik tautan ini. Info lebih lanjut, like dan follow juga akun media sosial Harmony, di InstagramLinkedIn, dan  Facebook sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!