Cara Memaksimalkan Back Office Team untuk Perkembangan Perusahaan
Harmony Blog
Business
Cara Memaksimalkan Back Office Team untuk Perkembangan Perusahaan
October 29, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Memaksimalkan Back Office Team menjadi satu unsur penting yang harus diperhatikan perusahaan karena tim ini memiliki tugas-tugas didedikasikan untuk menjalankan proses operasional perusahaan.

Jika perusahaan bisa memaksimalkan back office team, maka segala kegiatan di perusahaan bisa berjalan dengan lancar. Misalnya untuk proses, akuntansi, finansial, administrasi, teknologi, audit,  pengolahan data, pajak, dan personalia tanpa interaksi dengan pelanggan.

Dengan memaksimalkan back office team, maka kompetensi dan kebiasaan kerja akan mudah bersinergi dengan semua pihak terkait. Selain itu, memaksimalkan back office team sangat berguna untuk mendukung fungsi Front Line yang lebih optimal dioptimalkan.

Setiap perusahaan harus mulai sadar pentingnya peran teknologi, termasuk memanfaatkannya dalam memaksimalkan back office team.

Dalam sebuah bisnis, kinerja adalah hasil atau tingkat keberhasilan secara menyeluruh (baik individu atau tim) selama periode tertentu. Tingkat keberhasilan bisa dilihat dari, misalnya standar hasil kerja, target, sasaran, atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama dalam organisasi perusahaan.

Memaksimalkan Back Office Team merupakan salah satu cara meningkatkan kinerja karyawan supaya bisa selalu proaktif, disiplin, dan mendukung kepentingan strategi perusahaan.

Selanjutnya akan terbentuk peningkatan kinerja dengan tetap menjaga internal control yang berkualitas, mampu berkolaborasi dengan Front Line dan semua pihak di Back Office Team. Tujuan membangun kinerja adalah agar setiap tim yang terlibat mampu membangun budaya trust yang etis dan cerdas mengeksekusi setiap rencana.

Tujuan membangun kinerja adalah agar setiap tim yang terlibat mampu membangun budaya trust yang etis dan cerdas mengeksekusi setiap rencana.

Dengan peningkatan kinerja back office team, maka akan terbentuk internal kontrol yang solid yang sangat berguna sebagai pertahanan yang kuat untuk menjaga reputasi dan kredibilitas perusahaan. Berikut ini, beberapa cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk memaksimalkan back office team.

Memanfaatkan Teknologi

Teknologi saat ini sudah sangat canggih dan akan terus berkembang untuk mempermudah segala pekerjaan. Maka dari itu, setiap perusahaan harus mulai sadar pentingnya peran teknologi, termasuk untuk memaksimalkan back office team. Perusahaan harus mau membuka diri terhadap perkembangan teknologi untuk mendorong back office team dan karyawannya memberikan produktivitas yang maksimal dalam tugasnya.

Dulu, banyak perusahaan yang melarang karyawannya untuk menggunakan ponsel selama bekerja, dan diminta hanya fokus kepada komputer kantor karena alasan bisa mengganggu produktivitas. Namun, saat ini smartphone sebagai salah satu bagian dari teknologi menyediakan banyak aplikasi yang bisa mendukung pekerjaan back office team. Dengan aplikasi yang tersedia, maka pekerjaan akan semakin mudah, apalagi dengan aplikasi yang sudah saling terintegrasi. Jadi, saat ini perusahaan harus sadar peran teknologi untuk mendukung produktivitas back office team dan karyawan lainnya.

Baca Juga : Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya Positioning dalam Bisnis Yang Perlu Anda Tahu

custom-form-newsletter

Menyusun Rencana Kerja dengan Baik

Sebelum membuat kebijakan yang berhubungan dengan pekerjaan back office team, maka pimpinan perusahaan harus bisa memperhitungkan semuanya dengan matang berdasarkan data dan fakta yang terjadi di lapangan. Pemimpin perusahaan harus menunjukkan karakter seorang pemimpin yang sesungguhnya dalam membuat kebijakan agar produktivitas kinerja tim menjadi lebih maksimal.

Perencanaan tersebut harus meliputi setiap detail yang dibutuhkan dan mengutamakan fungsi organisasi bagi kelangsungan bisnis. Misalnya mengenai target kerja, tugas masing-masing anggota, proses pelaporan hasil kerja, dan lain sebagainya.

Setelah rencana kerja tersusun dengan baik, maka back office team akan segera merumuskan langkah-langkah perlu dilakukan untuk mencapainya. Setiap anggota tim akan membuat jadwal kerja atau time table yang terperinci, khususnya mengenai tujuan-tujuan kecil yang harus dicapai. Setiap anggota dalam back office time bisa menerapkan manajemen waktu yang mudah dalam menjalankan tugasnya.

Dengan perencanaan kerja yang baik dan terperinci, maka setiap back office team yang terlibat bisa menghindari atau mengatasi stagnasi yang mungkin terjadi dalam perusahaan.

Selanjutnya, dalam perencanaan kerja harus melibatkan aktivitas evaluasi secara berkala agar jika terjadi suatu kendala, maka akan bisa segera dicari jalan keluarnya.

Brainstorming Yang Berbeda

Untuk beberapa perusahaan yang sudah besar memungkinkan setiap tim jarang terlibat dan bertemu satu sama lain. Namun, untuk kerjasama yang solid, diperlukan komunikasi dan tatap muka. Bagi back office team, sangat perlu adanya aktivitas berdiskusi untuk menentukan jadwal rapat rutin, baik mingguan atau bulanan.

Dalam rapat tersebut, bisa membahas rencana kerja, melakukan evaluasi, atau hanya sekedar tukar pikiran. Brainstorming bisa juga dimanfaatkan sebagai momen jika ada anggota back office team yang memiliki ide atau saran demi kebaikan tim. Brainstorming bisa dilakukan dengan cara yang berbeda, misalnya dengan memanfaatkan teknologi.

Saat ini, ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan rapat di kantor. Dengan adanya rapat, back office team bisa melakukan update terhadap kinerja yang selama ini dilakukan. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu back office team yang paling penting di perusahaan adalah divisi keuangan dan CFO. Kedua divisi ini selalu terlibat dalam pengelolaan keuangan usaha Anda.

Agar kinerja kedua divisi ini maksimal, maka Anda harus mendukung dengan teknologi yang paling modern. Dukungan kinerja bisa Anda berikan dengan memanfaatkan software akuntansi Harmony untuk membuat jurnal dan laporan keuangan.

Melalui software ini, maka segala bentuk laporan dan pengelolaan keuangan perusahaan akan berjalan dengan lancar. Cukup dengan melakukan pendaftaran disini, maka divisi keuangan perusahaan Anda bisa menggunakan software akuntansi Harmony dengan free trial selama 30 hari.

Untuk Anda yang ingin terima beres pembukuan perusahaan, Anda memerlukan jasa pembukuan seperti Harmony Accounting Service. Jasa pembukuan Harmony akan membantu Anda untuk merapikan pembukuan bisnis Anda, sehingga Anda dapat fokus dalam mengembangkan bisnis. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/