Hampir semua pebisnis setuju bahwa brand merupakan sesuatu yang penting jika berbicara mengenai produk. Oleh karena itu mempunyai brand image atau citra merek yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan dalam pemasaran. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan brand image dan apa fungsinya? Lalu, bagaimana cara meningkatkan serta seberapa penting brand image bagi bisnis? Simak pembahasannya berikut ini.
Table of Contents
Brand image adalah persepsi tentang suatu merek sebagaimana tercermin oleh asosiasi merek yang ada dalam ingatan konsumen. Secara sederhana, pengertian brand image adalah citra merek dari suatu produk tertentu. Sedangkan menurut Philip Kotler, brand image adalah keyakinan, ide atau kesan seseorang terhadap sebuah merek.
Dalam strategi pemasaran STP, brand image atau citra merek termasuk dalam positioning yaitu bagaimana posisi brand suatu produk di benak konsumen. Brand image yang baik dan kuat akan mempengaruhi penjualan produk tersebut. Semakin baik brand image suatu produk maka penjualannya akan besar dan sebaliknya, brand image yang buruk akan mengakibatkan sulitnya menjual produk itu.
Saat ini cukup banyak contoh brand image produk atau bisnis terkenal baik skala nasional maupun internasional. Beberapa contoh brand image yang mungkin Anda ketahui, antara lain :
Burger King memiliki image atau brand identity berupa restoran yang menyajikan burger enak dengan ukuran besar.
Indomie memiliki image atau brand identity berupa mie instan asli Indonesia yang enak dan memiliki banyak varian rasa.
Ace Hardware image yang terbentuk yaitu toko yang menjual peralatan atau perlengkapan yang berkualitas.
Hoka-Hoka Bento imagenya adalah bisnis kuliner dari Jepang dengan rasa yang enak dan cepat penyajiannya.
Masih banyak contoh brand image lainnya yang bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan dari berbagai macam jenis produk.
Baca juga : 10 Ide Strategi Pemasaran Usaha Makanan Ringan Agar Cepat Laku
Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand image :
Desain logo yang menarik akan disukai dan mudah diingat oleh pelanggan. Logo tersebut akan menjadi brand identity dari bisnis atau produk tersebut. Membuat desain logo yang unik, kekinian dan sesuai selera pasar akan membuat suatu produk atau bisnis mudah dikenali dan mempengaruhi perkembangan produk atau bisnis itu. Logo yang bagus dan tepat bisa memberikan kesan elegan, enak dan nyaman untuk orang yang melihatnya.
Brand image juga bisa ditingkatkan dengan melakukan promosi yang efektif. Buatlah target market untuk promosi Anda secara terperinci agar promosi yang dilakukan tepat sasaran. Lakukan promosi di media yang tepat, karena saat ini internet merupakan sarana yang digunakan oleh banyak orang maka Anda harus mempromosikan produk Anda di internet. Konten promosi yang dibuat juga harus menarik agar calon pembeli mau membaca atau melihat iklan Anda.
Anda juga bisa menggunakan jasa influencer untuk meningkatkan brand image produk Anda karena saat ini penggunaan influencer tergolong efektif dalam memasarkan produk. Contoh promosi menggunakan influencer yaitu jika Anda mau memasarkan produk makanan ringan maka Anda bisa menggunakan jasa Youtuber yang profilnya cocok untuk jenis produk Anda. Misalnya, Youtuber yang sering mengulas tentang makanan, sering memberi info tentang makanan ringan yang enak atau tempat belanja snack yang ada dan lain sebagainya.
Anda juga bisa meningkatkan brand image dengan memanfaatkan platform media sosial. Buatlah akun media sosial khusus untuk bisnis atau produk Anda. Saat ini platform media sosial yang populer adalah Instagram, Facebook, Tik Tok dan Youtube. Anda bisa berinteraksi dengan konsumen ada di media sosial dengan menjawab pertanyaan, memberikan info promo atau menjelaskan secara terperinci manfaat produk yang Anda jual.
Tingkatkan kualitas produk dan layanan Anda agar konsumen selalu merasa puas. Hal ini akan sangat efektif membentuk atau meningkatkan brand image produk Anda karena kualitas dan layanan yang baik akan membuat brand identity yang baik. Konsumen Anda juga akan cenderung melakukan pembelian ulang dan tidak pindah ke produk pesaing.
Baca juga : 10 Cara Pemasaran Bisnis Ekspor Yang Dapat Anda Terapkan
Lalu, apa fungsi brand image untuk sebuah bisnis. Ada beberapa fungsi atau manfaat yang didapat sebuah bisnis yang meningkatkan brand imagenya, yaitu :
Brand image atau citra merek yang baik dan positif juga bisa menjadi ciri khas suatu produk. Di mana ciri khas ini akan menjadi pembeda produk Anda dengan produk pesaing. Para konsumen akan mengingat dan mencari produk Anda karena memiliki ciri khas tersebut. Ciri khas tersebut misalnya produk Anda memiliki rasa yang sangat pedas atau produk Anda memiliki kelembutan yang tidak bisa ditemukan di produk pesaing.
Dengan mempunyai brand image yang baik maka perusahaan akan memiliki segmen pasar dan kelas tersendiri. Hal ini akan semakin terbentuk dengan konsistensi perusahaan dalam mempertahankan kualitas produk dan layanan guna menjaga brand image produk mereka. Brand image yang kuat dan positif menjadi keunikan dan nilai jual yang kuat mengapa konsumen harus membeli produk yang Anda jual.
Konsumen yang puas terhadap produk Anda akan menceritakan ke saudara atau temannya sehingga Anda berpotensi mendapat konsumen baru. Konsumen yang puas tersebut akan membuat brand image produk menjadi semakin baik dan positif sehingga berdampak pada orang lain yang mau ikut membeli produk Anda.
[elementor-template id="26379"]
Selain itu, fungsi atau manfaat lain dari brand image yang baik adalah Anda bisa menaikkan harga produk dengan kualitas yang sesuai. Konsumen biasanya tidak mempermasalahkan produk yang menaikan harganya, jika produk tersebut sudah memiliki brand image yang baik dan kuat. Tapi tentu saja kenaikan harga itu juga harus menyesuaikan kualitas produk yang dijual.
Bagaimana, sangat bermanfaat bukan jika produk Anda memiliki brand image yang baik dan positif? Hal itu tentunya akan mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis dan mengembangkannya. Selain itu, agar bisnis bisa berkembang dengan baik, Anda juga harus bisa mengelola keuangannya dengan optimal. Agar laporan keuangan usaha bisa dibuat dengan cepat dan mudah, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.
Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.
Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi
Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.