Harmony Blog

Biaya Kualitas (Quality Cost), Seperti Apa Penerapannya Dalam Produksi

Diupdate Mar 17th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

biaya kualitasPin

Mengukur biaya kualitas ini dibuat agar perusahaan dapat mendorong dan memperhatikan kualitas produk serta pelayanannya, sehingga dengan adanya peningkatan kualitas ini konsumen menjadi lebih puas dalam membeli produk Anda.

Secara definisi biaya kualitas adalah biaya yang timbul karena memiliki kualitas produk yang buruk. Maka dari itu biaya ini juga akan muncul dan berkaitan dengan pencegahan, identifikasi, perbaikan, serta pembetulan produk melalui pencatatan sistem akuntansi.

Selain itu biaya kualitas ini juga disebut sebagai quality cost, di mana perusahaan tidak hanya memperhatikan volume penjualan saja. Namun juga mengidentifikasi besarnya biaya kualitas demi meraih keuntungan yang maksimal.

Biaya kualitas adalah cara perusahaan untuk dapat mengendalikan biayanya serta meningkatkan kualitas produknya.Click to Tweet

Apa Yang Dimaksud Biaya Kualitas (Quality Cost)?

Pengertian biaya kualitas adalah seluruh biaya yang timbul dalam menangani masalah kualitas barang, biasanya biaya kualitas ini juga ditangani oleh manajemen kualitas melalui sistem informasi manufaktur.

Selain itu pada perusahaan dalam mengukur kualitas produk juga terbagi tiga komponen biaya kualitas yaitu biaya pencegahan, biaya penilaian, dan biaya kegagalan.

Nah, dalam biaya kegagalan ini juga terbagi menjadi dua jenis yaitu biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal. Dengan kata lain perbaikan biaya ini diharapkan bahwa dalam pembuatan serta pengiriman produk kepada pelanggan dapat terpuaskan.

Sampai akhirnya biaya kualitas adalah total biaya yang mempertahankan kualitas produk yang baik, atau bahkan memperbaiki produk yang cacat.

Baca Juga : Cara Mudah Perhitungan Cost of Good Sold (COGS) Perusahaan Manufaktur

Apa Sih Biaya Akibat Kualitas Yang Buruk (Cost of Poor Quality)?

Mengapa adanya biaya yang timbul akibat kualitas buruk? Karena produk yang dibuat tidak memenuhi standar mutu bagi pelanggan, selain itu biaya ini juga disebut sebagai cost of poor quality (COPQ).

Biaya kualitas burukPin

Adanya penerapan cost of poor quality ini, berguna untuk memperbaiki kualitas produk serta mengurangi biaya, agar dapat meningkatkan laba perusahaan. Sehingga perusahaan Anda memiliki keunggulan dan dapat bersaing dengan kompetitor.

Biaya kualitas buruk ini timbul karena tiga komponen biaya kualitas beserta kerugiannya, yaitu biaya yang tersembunyi (hidden cost), kerugian atas kehilangan proyek, biaya manajemen, biaya kehilangan aset dan kehilangan kepercayaan pelanggan.

Dalam memperbaiki biaya kualitas ini dibutuhkan adanya strategi manajemen perusahaan untuk mengurangi cost of poor quality (COPQ). Di mana pengurangan ini menggunakan Six Sigma Manajemen yang berfungsi untuk mengidentifikasi kegagalan serta melakukan perbaikan kualitas produk.

Sebagai seorang manajer yang menerapkan COPQ, juga harus mendapatkan data hingga evaluasi dari seluruh pihak yang terlibat dalam perbaikan biaya kualitas.

Nantinya perbaikan ini dapat dipastikan dan disesuaikan melalui pencatatan biaya dan pendapatan dalam laporan keuangan. Salah satu yang penting adalah menyajikan laporan keuangan secara rapi dan akurat.

Namun jangan khawatir, dalam mendapatkan pembukuan yang cepat dan akurat. Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service  yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Apa Saja Komponen Biaya Kualitas?

Sebagai pendukung perhitungan contoh soal, berikut ini ada beberapa komponen biaya kualitas yang bisa Anda terapkan:

Komponen biaya kualitasPin

  • Biaya Pencegahan (Prevention Costs)

    Adanya biaya ini bertujuan untuk mencegah setiap kesalahan atau masalah yang terjadi atas kualitas produk, biaya ini juga dikategorikan sebagai biaya yang paling murah.

    Contoh biaya pencegahan ini terdiri dari pelatihan karyawan, proses kontrol, perencanaan kualitas, serta riset pasar. Sehingga perusahaan ini menganggap biaya ini menjadi sebuah investasi.

  • Biaya Penilaian (Appraisal Cost)

    Sama dengan biaya sebelumnya, biaya penilaian ini juga dikeluarkan supaya kualitas barang tidak terjadi suatu masalah. Sehingga biaya ini juga termasuk bagian dari inspeksi bahan baku yang bertujuan untuk memeriksa atau menguji produk atas proses pembuatan barang.

    Baca Juga : Pengertian Work in Process Dalam Perusahaan Manufaktur

  • Biaya Kegagalan Internal (Internal Failure Costs)

    Dalam kegagalan biaya internal ini biasanya terjadi ketika adanya produksi barang yang cacat. Nah, biaya ini dikeluarkan karena produk tersebut tidak sesuai dengan standar kualitas.

    Contohnya seperti perbaikan produk yang rusak, biaya scrap, atau, downtime sebelum pembeli menerima barang tersebut.

  • Biaya Kegagalan Eksternal (External Failure Costs)

    Bagi pebisnis tentu akan mengalami kegagalan biaya eksternal, di mana biaya ini dikeluarkan ketika pembeli menerima produk dengan kualitas yang buruk.

    Maka dari itu biaya ini dikeluarkan sebagai bentuk biaya garansi, biaya penggantian produk, biaya penyelidikan keluhan, atau bahkan biaya ini juga bagian dari biaya kehilangan pelanggan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Penerapannya Dalam Contoh Soal Biaya Kualitas?

Sebagai perbaikan atas biaya ini dapat memberikan gambaran bagi Anda mengenai apa saja aktivitas yang sudah dijalankan untuk memperbaiki kualitas produk melalui data laporan Anda.

Adapun contoh soal biaya kualitas menggunakan tabel analisis trend yang diketahui dari total, dan komponen per periode ke periode selanjutnya sebagai berikut:

Contoh biaya kualitasPin

Berdasarkan tabel di atas bahwa dapat disimpulkan dari data perusahaan Anda, perbaikan kualitas telah berhasil menurun dari tahun ke tahun berikutnya. Terhadap komponen biaya kualitas dengan penjualan sesungguhnya.

Seperti itulah pembahasan mengenai biaya kualitas yang dapat muncul dimana pun dalam bisnis Anda atau perusahaan lainnya. Sebagai pemilik usaha tentu Anda akan butuh melacak persediaan, serta mengetahui pengeluaran apa saja yang berkaitan dengan biaya.

Selain itu Anda juga harus mengetahui seberapa besar pendapat dengan omzet yang Anda terima bukan? Maka dari itu dengan mempelajari biaya kualitas ini Anda akan meraih keuntungan semaksimal mungkin.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan memiliki pembukuan yang rapi dan akurat secara real time, yaitu Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi dari Harmony.

Apa sih itu? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony