Bagaimana Cara Tepat dalam Mencapai Financial Freedom?
Harmony Blog
Finance
Bagaimana Cara Tepat dalam Mencapai Financial Freedom?
November 13, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Kata financial freedom atau kekebasan finansial sudah lama popular dalam dunia bisnis dan motivasi. Banyak orang yang terjun menjadi pemilik bisnis karena terinspirasi untuk mencapai financial freedom. Meski cukup banyak pengusaha yang sudah mencapainya tetapi tidak sedikit juga yang masih mengejar impian agar bisa masuk ke dalam kategori merdeka dalam keuangan tersebut.

Financial freedom adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki kebebasan dalam hal keuangan. Kebebasan yang dimaksud adalah orang tersebut bisa memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa harus bekerja secara aktif.

Orang itu bisa memenuhi kebutuhan dasar dalam hidupnya seperti makanan, pakaian dan rumah dengan penghasilan pasif yang didapatinya. Bahkan lebih dari itu  juga bisa memiliki kendaraan pribadi, bisa berlibur di waktu yang diinginkan dan juga memiliki dana darurat untuk keperluan yang mendesak.

Banyak orang yang menjadi pebisnis karena termotivasi untuk mencapai financial freedom dalam kehidupan mereka.

Orang yang  berada pada posisi financial freedom selalu memilki penghasilan yang jauh lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan tiap bulan. Misalnya jika biaya hidup mereka Rp 20.000.000 perbulan dan pendapatannya Rp 35.000.000 perbulan maka bisa dikatakan orang tersebut mencapai posisi financial freedom.

Financial freedom juga identik dengan financial independence yaitu merdeka secara keuangan karena tidak harus aktif bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Pada umumnya, orang yang mencapai financial freedom (kebebasan finansial) memiliki penghasilan lebih dari satu. Mereka berinvestasi pada beberapa bisnis yang dinilai berpotensi selalu memberikan keuntungan.

Mereka juga biasanya berinvestasi pada aset seperti tanah, rumah atau apartemen serta tidak memiliki hutang. Jika Anda telah mencapai financial freedom biasanya merupakan seorang yang pintar dalam mengelola keuangan sehingga uang yang dimilikinya cenderung bertambah.

Setelah mengetahui tentang deskripsi diatas, apakah Anda tertarik untuk mencapainya? Pastinya Anda mau berada pada posisi tersebut.

Lantas, bagaimana cara tepat agar bisa mencapai financial freedom? Simak tipsnya berikut ini.

1. Lihat dan Pahami Kondisi Keuangan Anda

Langkah pertama adalah melihat dulu bagaimana kondisi keuangan Anda saat ini. Misalnya apakah biaya hidup yang dikeluarkan lebih besar atau sama dengan penghasilan Anda. Jika ya, maka Anda harus melakukan evaluasi biaya apa saja yang bisa diperkecil atau dihilangkan.

Hindari pembelian barang atau layanan yang sifatnya adalah keinginan bukan kebutuhan. Anda harus bisa menerapkan skala prioritas dalam keuangan serta memiliki tekad yang kuat untuk melakukannya.

Kemudian Anda juga harus melihat berapa jumlah kewajiban (hutang) yang harus dibayar dan sampai kapan waktu pembayarannya. Setelah itu Anda bisa menghitung besarnya nilai biaya hidup dibandingkan dengan penghasilan.

Dengan mengetahui perbandingan tersebut maka Anda bisa menentukan berapa besar tambahan penghasilan yang dibutuhkan untuk mencapai financial freedom yang Anda impikan.

2. Lunasi Hutang yang Ada Untuk Mencapai Financial Freedom

Jika Anda masih memiliki hutang maka disarankan untuk melunasi hutang terlebih dahulu. Solusi pelunasan hutang dengan cepat memang bukan perkara mudah karena berhubungan dengan cashflow. Tetapi jika Anda memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai kebebasan finansial maka tindakan ini harus dilakukan.

Cara yang paling praktis untuk melunasi hutang tentu saja memperoleh pendapatan yang besar. Contohnya adalah mendapat proyek bernilai besar atau berinvestasi dengan Return Of Investment (ROI) yang tinggi. Oleh karena Anda harus membangun hubungan dengan orang-orang yang bisa  memudahkan Anda mendapat informasi tentang bisnis atau investasi.

3. Jangan Hanya Memiliki Satu Sumber Pendapatan

Prinsip financial freedom adalah memiliki pendapatan yang jauh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu sangat disarankan agar penghasilan Anda tidak hanya dari satu sumber saja. Jika pendapatan hanya mengandalkan satu sumber saja maka akan memiliki resiko yaitu pendapatan yang berkurang atau berhenti jika terjadi suatu masalah pada bisnis tersebut.

Sebaiknya Anda memilih sumber penghasilan dari bisnis yang berbeda dengan bisnis sebelumnya. Hal ini bertujuan jika bisnis pertama mengalami kendala yang serius maka tidak mempengaruhi bisnis lainnya yang juga merupakan sumber pendapatan Anda. Untuk memilih bisnis yang akan dijalankan, lakukanlah riset mendalam agar potensi suksesnya lebih besar dan impian financial freedom Anda lebih cepat diraih.

custom-form-newsletter

4. Melakukan Investasi dengan Tepat

Salah satu hal yang paling sering dibahas dan menjadi kunci dalam mencapai financial freedom adalah bagaimana seseorang memiliki pasif income. Melakukan investasi pada bisnis tertentu bisa menghasilkan pasif income.

Oleh karena itu Anda harus memiliki anggaran keuangan dalam berinvestasi. Tetapi jangan asal berinvestasi ya, pilihlah bisnis atau instrumen yang tepat agar bisa memberikan keuntungan yang Anda harapkan.

Anda bisa berinvestasi dengan membeli tanah atau rumah yang bisa dijual lagi dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga pembelian. Investasi pada rumah kos atau kontrakan juga merupakan investasi yang sangat menjanjikan.

Selain itu investasi juga bisa dilakukan dengan membeli saham atau reksadana. Opsi lainnya adalah investasikan uang Anda pada perusahaan startup yang memiliki perkembangan yang bagus.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah jika Anda sudah mencapai financial freedom maka kondisi keuangan Anda sangat baik. Anda tidak berkutat dalam masalah hutang dan penghasilan Anda jauh lebih besar dari biaya hidup.

Financial freedom juga memberikan jaminan untuk masa depan yang cemerlang selama Anda bisa mengelola keuangan dengan baik dan berinvestasi pada tempat yang tepat. Jadi apakah Anda semakin termotivasi untuk mencapai financial freedom?

Agar bisa berhasil dalam mencapai financial freedom dibutuhkan tekad yang kuat, usaha yang gigih dan pintar melihat peluang. Terkadang mereka yang sudah mencapai financial freedom harus jatuh berkali-kali dalam membangun bisnis sebelumnya tetapi mereka tidak menyerah.

Untuk membangun bisnis yang sukses, cara mengelola keuangan merupakan salah satu hal yang sangat menentukan. Agar laporan keuangan usaha bisa disediakan dengan mudah dan tanpa repot, sebaiknya pebisnis menggunakan aplikasi akuntansi dalam membuatnya.

Harmony adalah aplikasi akuntansi online yang sangat praktis digunakan oleh siapapun termasuk bagi Anda yang tidak memiliki background akuntansi. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam melihat dan menganalisa kondisi keuangan usaha Anda. Harmony sudah dipercaya oleh ribuan pemilik bisnis dalam mengelola keuangan usaha mereka.

Tunggu apalagi, silahkan coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar disini. Yuk, ikuti informasi dari Harmony tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Berikut link FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/