Harmony Blog

7 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Yang Mudah Diterapkan

Diupdate Feb 24th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

mengelola keuangan bisnisPin

Salah satu cara agar bisnis Anda berkembang adalah mengelola keuangan bisnis dengan baik. Hal tersebut difungsikan agar Anda tidak mengalami krisis keuangan yang dapat merugikan keberlangsungan bisnis Anda sendiri. Tentunya Anda ingin bisnis tetap bertahan ditengah kondisi seperti ini, salah satunya dengan cara dikelola dan dikendalikan dengan baik, berbeda cerita bilamana pengelolaan asal-asalan pastinya anda akan mengalami kebangkrutan.

Mengelola keuangan berarti Anda memahami pentingnya nilai uang dan pentingnya merencanakan masa depan bisnis Anda.

Berikut 7 Tips Mengelola Keuangan Bisnis yang Mudah Diterapkan:

1. Membedakan Keuangan Bisnis dengan Keuangan Pribadi

Cara pertama ini sangat penting agar kebutuhan keuangan bisnis tidak terganggu oleh kebutuhan pribadi, yaitu dengan membedakan keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Hal ini dilakukan agar Anda mengetahui kondisi keuangan usaha sebenarnya tanpa mesti mengkhawatirkan keuangan pribadi. Hal ini juga merupakan bagian dari prinsip akuntansi, yaitu prinsip entitas ekonomi dimana terdapat pemisahan pencatatan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis.

2. Menentukan Anggaran dan Skala Prioritas Keuangan Bisnis

Dalam menentukan skala prioritas, Anda bisa mulai menyusun daftar rencana penggunaan uang atau hasil usaha yang biasa disebut budgeting atau anggaran. Dengan begitu Anda bisa melakukan pembelanjaan dengan prioritas yang paling tinggi terlebih dahulu. Rencanakan keuangan jangka pendek terlebih dahulu setelah itu baru rencana jangka panjang, Anda dapat menerapkan skala prioritas pengelolaan keuangan. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami kondisi low budget dalam jangka waktu cepat jika ada perencanaan yang matang.

3. Membatasi Resiko Hutang

Banyak pebisnis yang gagal tidak bisa melanjutkan usaha dikarenakan tidak bisa membayar bahan baku kepada supplier maupun membayar angsuran kredit kepada bank. Oleh karena itu anda harus bisa membatasi kemampuan Anda, pinjamlah sesuai kemampuan anda. Anda dapat mengukur kemampuan maksimal angsuran kepada bank, baik kredit modal kerja maupun kredit investasi. Hindari terlalu banyak kebutuhan konsumtif karena kebutuhan konsumtif  tidak bisa turn over.

Dalam menjalankan bisnis, Anda harus berhati-hati dengan yang namanya hutang. Penambahan hutang berarti adanya penambahan beban yang akan memperburuk kondisi bisnis Anda.

4. Membuat Laporan Arus Kas (Cash Flow) Secara Berkala

Dalam membuat laporan arus kas anda harus membuatnya secara berkala, karena laporan ini dapat membantu anda memprediksi penghasilan dan pengeluaran pada periode terntentu, merencanakan investasi masa depan dan memberikan acuan untuk pengambilan keputusan lebih cepat dan tepat.

Kondisi arus kas defisit adalah masalah yang sering pebisnis hadapi, hal ini disebabkan karena pengeluaran melebihi pendapatan sehingga arus kas menjadi tidak seimbang. Anda harus lebih memahami apabila perputaran kas melambat berarti waktu penjualan anda secara kredit itu lebih lama dibandingkan pembelian dalam jumlah besar sehingga Anda harus banyak menyimpan persediaan barang dagangan. Yang Anda harus lakukan adalah optimalkan waktu penjualan kredit sama dengan pembelian kredit anda, anda bisa menekan tingkat persediaan barang agar dapat memenuhi order tanpa membebani keuangan.

5. Mengirim Tagihan dengan Tepat Waktu

Selain mengelola perputaran kas, Anda harus memperhatikan piutang tak tertagih diluar sana karena dapat mempengaruhi keberlangsunan perputaran modal usaha anda itu sendiri. Demi menjaga perputaran modal usaha, pastikan pengiriman tagihan dengan tepat waktu dan langsung dilakukan setelah transaksi selesai. Perkembangan saat ini sudah mulai banyak alat bantu seperti software akuntansi Harmony ada fitur “Smart Invoicing” dengan cloud teknologi-nya akan mempercepat proses pengiriman invoicing melalui media whatapps atau email secara langsung. Hal ini sangat disukai oleh pebisnis dengan mempermudah dari segi mudah, tepat dan praktis. Anda bisa reminder untuk mengingatkan mengenai keterlambatan pembayaran customer jika pembayaran sudah jatuh tempo.

6. Lakukan Monitoring Secara Berkala

Anda harus mulai monitoring itu semenjak dimulai bisnis anda, hal ini dikarenakan agar anda dapat meminimalisirkan resiko kerugian yang ada. Cepat anda melakukan monitoring semakin cepat pula resiko diketahui dan dapat segera diatasi. Anda harus lakukan monitoring ini secara berkala dan konsisten.

7. Gunakan Teknologi dalam Membuat Pembukuan Keuangan

Di era industri 4.0 serba digital ini pengelolaan keuangan khususnya dalam pembuatan laporan keuangan masih ada pebisnis yang menggunakan sistem manual atau tradisional. Apa yang terjadi ? pebisnis tersebut masih belum bisa mengembangkan bisnis-nya dikarenakan kendala waktu, tenaga dan pikiran habis untuk membuat laporan keuangan tersebut.

Jika anda masih kerepotan dan malas mencatat keuangan secara manual, anda bisa menggunakan alat bantu seperti software akuntansi, pengelolan keuangan anda akan lebih mudah dan cepat. Jangan bingung, dimanapun dan kapanpun Anda dapat mudah menggunakan Software Akuntansi Harmony yang membantu membuat laporan laba rugi bisnis anda.

Tidak perlu khawatir, Harmony dapat digunakan dengan mudah walau tidak memiliki background sebagai seoran akuntan sekalipun. Yuk kita saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis dalam rangka acara di Fintax Fair. Harmony menyediakan fitur tanya jawab dengan tim support melalui fitur live chat Harmony. Tunggu apalagi? Segera daftarkan akun Anda dan dapatkan software Harmony GRATIS 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony