Harmony Blog

5 Cara Tepat Mengelola Dana Darurat Yang Mudah Dilakukan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

dana daruratPin

Berbagai orang bisa saja melupakan sikap untuk antisipasi terhadap beragam masalah terutama dengan masalah keuangan. Tetapi beberapa lainnya dari setiap orang bersikap untuk antisipasi merupakan hal yang sudah pernah dilakukan dan mungkin beberapa pebisnis memikirkan cara mengelola keuangan usaha dengan efektif, dimana mempersiapkan dana darurat merupakan hal sesuatu yang harus dilakukan jauh hari sebelum terjadi keadaan darurat.

Dengan menyiapkan Dana Darurat dari sebagian penghasilan, dan juga mengelolanya secara konsisten, Anda tidak perlu panik lagi bahkan bingung untuk mendapatkan suatu dana ketika Anda benar-benar dalam kebutuhan yang mendesak.

Namun, sayangnya mempersiapkan dana darurat sangat tidak mudah dan dapat dikatakan sulit maupun rumit dikarenakan dengan berbagai kendala seperti pengeluaran lainnya yang harus dipenuhi.

Pada suatu waktu untuk setiap kebutuhan yang bersifat mendadak dan harus dibeli secepatanya, namun uang yang dimiliki sangat terbatas untuk mempersiapkan kebutuhan lainnya. Maka dari itu, cara satu-satunya yaitu memanfaatkan dan menggunakan dana darurat untuk menghindari suatu bencana yang tidak diperkirakan sebelumnya. Jika Anda sudah mempersiapkan diri dalam menyiapkannya, berikut beberapa penjelasan 5 cara tepat mengelola dana darurat yang harus perlu Anda lakukan.

1. Ketahui Kondisi Keuangan Anda

Saat Anda memperhitungkan pendapatan setiap bulannya, pasti Anda juga memperhitungkan setiap pengeluaran yang Anda keluarkan setiap bulannya. Sebaiknya Anda menyisihkan sebagian penghasilan untuk keperluan seperti investasi, menabung, emas  dan deposito untuk bisa menyiapkannya. Tentunya dengan mencarai platform yang mudah Anda monitor setiap bulan. Membuat pembukuan khusus untuk keuangan Anda juga berguna untuk mengetahui berapa pengeluaran dan berapa uang yang harus disisihkan.

2. Ketahui Jumlah Dana Darurat yang Harus Anda Siapkan

Untuk satu bulan, Anda harus bisa menyiapkan dana darurat 5% sampai 10% dari penghasilan yang Anda dapatkan. Untuk melakukan perhitungan keadaan darurat yang terjadi suatu saat bisa dilakukan melalui perhitungan. Misalkan, biaya perbaikan elektronik Rp.4.000.00, dan ada timbul masalah lagi rumah mengalami air pam yang rusak sebesar Rp. 2.000.000.

Dari kedua hal masalah tersebut Anda harus menyiapkan sebesar Rp.6.000.000. untuk bulan saat ini dan bulan depan. Seperti itulah target persoalan yang harus diatasi. Dua penjelasan diatas bisa dijadikan seperti kasus lainnya misalnya pendidikan, pengobatan, bisnis dan sebagainya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Buat Rekening Cadangan Untuk Dana Darurat

Membuka rekening tabungan sebagai cadangan untuk dana darurat, dan mengecek cashflow maupun pembukuan secara rutin dengan tujuan supaya keuangan Anda lebih teratur dan target dana darurat untuk hal pembayaran lainnya  tidak harus terpenuhi.

Buatlah suatu pertimbangan dalam membuka rekening baru yang tidak membutuhkan saldo awal yang besar di perbankan, begitu juga biaya administrasi yang tidak begitu besar. Membuat rekening cadangan bisa dimanfaatkan sebagian penghasilan untuk menabung, sehingga rekening tabungan yang lainnya dapat membayar keperluan lainnya.

Baca juga artikel : 7 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Yang Mudah Diterapkan

4. Lakukan Persiapan Dana Darurat

Dalam mengalokasikan dana sebaiknya dilakukan secara rutin dan konsisten dari sebagian penghasilan yang didapat, untuk mempersiapkannya harus dilakukan dengan jangka panjang. Karena dana darurat bukan hal yang harus diselesaikan secara langsung dan cepat, sehingga bisa dilakukan seperti mencicil sedikit demi sedikit dan pelan agar konsisten dan mengumpulkan yang lebih besar lagi.

5. Kurangi Pengeluaran

Jika keadaan tidak mendesak dan kebutuhan tidak harus semua terpenuhi, sebaiknya kurangi pengeluaran Anda. Untuk mencari cara terbaik dalam mengurangi pengeluaran dengan membeli suatu produk yang lebih murah harganya dengan membandingan produk lainnya yang memiliki manfaat dan kegunaan yang sama.

Misalkan, membeli sabun mandi tidak perlu membeli sabun mandi yang harganya lebih mahal belilah sabun mandi yang berkualitas dengan harga yang relatif murah. Semakin Anda mengurangi pengeluaran, Anda juga bisa mengurangi perilaku yang bersikap konsumtif.

Dengan cara itu semakin banyak juga sisa uang yang bisa dialokasikan untuk dana darurat. Setelah melakukan lima cara mengelolanya seperti penjelasan diatas, mulailah dari sekarang secara konsisten dan rutin untuk menyisihkan uang maupun mengupulkan dana khusus untuk kebutuhan yang sangat mendesak.

Dalam mencari sumber pendapatan lainnya Anda bisa melakukan dengan cara berbisnis ataupun berinvestasi yang dapat mengumpulkan dana darurat secara mudah. Salah satu pembukuan bisnis yang Anda gunakan dengan adanya bantuan Harmony Accounting Software semua data transaksi pemasukan maupun pengeluaran, cashflow dan biaya lainnya akan tersimpan dengan aman sesuai dengan cara pengelolaan Anda sehingga dapat memiliki dana darurat tanpa harus meminjam dari bank.

Yuk miliki sekarang juga, dan saksikan juga bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis dalam rangka acara di Fintax FairHarmony akan membantu Anda walaupun tidak memiliki background akuntansi, dan banyak fitur lainnya yang harus anda ketahui. Segera konsultasikan dengan kami di live chat Harmony. Tunggu apalagi? Segera daftarkan akun Anda dan dapatkan software GRATIS 30 Haridisini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony