Harmony Blog

Augmented Product Adalah Cara Meningkatkan Nilai Bisnis, Pelajari Cara Kerjanya

Diposting Sep 6th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Tahukah Anda apa arti dari augmented product? Nah, istilah dari augmented product adalah produk tambahan barang atau jasa yang akan diberikan kepada konsumen.

Biasanya sistem augmented product diberikan pada saat pembelian atau terjadinya transaksi jual-beli.Click to Tweet

Di mana produk tambahan atau augmented product ini merupakan bagian dari strategi pemasaran yang akan menambah nilai usaha Anda, sehingga nantinya konsumen yang membeli produk tersebut puas.

Sederhana, contoh augmented product adalah pembelian motor Honda, di mana produk tambahannya sudah termasuk helm dan jaket motor. Lalu seperti apa tambahan produk tersebut dan contohnya? Simak pembahasan dibawah ini.

Mengenal Istilah Augmented Product

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya bahwa augmented product adalah sebuah penambahan produk bisnis yang ditingkatkan oleh penjual melalui layanan atau barangnya.

Sehingga konsumen dapat menilai lebih produk Anda dengan produk lain yang sempat ditawarkan oleh pesaing, selain itu penambahan produk ini biasanya tidak memiliki wujud.

Mengenal augmented productPin

Selain itu tujuan augmented product tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen saja, tetapi juga memberikan kepuasan dan kesenangan pelanggan terkait pembelian produk.

Bagaimana Cara Kerja Augmented Product?

Untuk mengetahui proses kerja augmented product dalam meningkatkan brand value, yuk simak prosesnya sebagai berikut:

  1. Nilai Inti (Core Value)

    Core value atau nilai inti merupakan pengembangan produk bisnis tingkat pertama. Kondisi core value dilihat bukanlah dari bentuk fisik, tetapi memiliki brand value yang menguntungkan pelanggan.

    Biasanya nilai dasar suatu produk dapat ditentukan dengan menjawab serangkaian pertanyaan seperti apa yang dibeli konsumen?, manfaat apa yang dicari konsumen? atau masalah apa yang dapat dipecahkan oleh produk Anda?

  2. Produk Aktual (Actual Product)

    Produk aktual merupakan setiap produk yang sudah memiliki merek, desain, dan kemasannya sendiri. Pada proses ini, produk harus terlebih dahulu mencapai nilai inti yang menjadi kebutuhan konsumen.

    Kemudian Anda baru bisa memasukkan actual product untuk mengikuti kebutuhan konsumen akan kualitas, nama merek, desain, fitur produk, hingga inovasi kemasan.

    Baca Juga: Manajemen Pemasaran Internasional Dan Target Pasarnya

  3. Tambahan Produk (Augmented Product)

    Pada titik ini, pesaing menawarkan fitur dan layanan tambahan untuk membedakan mereka dari produk serupa. Proses penambahan produk ini tidak hanya mengubah produk dan biaya pembuatan produk saja.

    Namun produk tersebut dapat bermanfaat jika memiliki nilai tambah yang memungkinkan produsen untuk menetapkan harga premium. Sehingga produk yang memiliki core value akan diberikan nilai tambahan supaya produk bisa lebih diperluas lagi.

Pahami Contoh Augmented Product

Adapun beberapa contoh augmented product yang dapat meningkatkan nilai bisnis Anda yaitu:

  • Marketplace dan Pasar E-Commerce

    Sebagai salah satu yang dilakukan oleh pihak global market seperti marketplace dan e-commerce yaitu dengan cara mendorong penjualan melalui konsep augmented product.

    Di mana salah satunya memberikan pengiriman gratis dengan nominal tertentu, bahkan Anda bisa membeli gadget dan aksesoris secara gratis jika ada event.

  • Bisnis Operator Seluler

    Operator seluler kerap kali memberikan SMS gratis dan juga panggilan suara gratis selain Anda membeli paket untuk pelanggannya.

    Contoh augmented productPin

    Sehingga pihak pelanggan hanya harus membayar paket data atau produk yang sebenarnya, sementara itu mereka juga akan mendapatkan kuota panggilan suara dan juga SMS gratis.

  • Apple TV+

    Dalam strateginya Apple meluncurkan layanan gratis streaming video Apple TV. Dalam kondisi ini kegiatan menawarkan produk Apple TV+ ini sebagai tambahan fasilitas. Misalnya tujuan adanya penjualan produk Apple ini konsumen bisa menikmati streaming secara gratis selama satu tahun. Dengan begitu nilai tambah akan dirasakan oleh konsumen.

Kenali Pentingnya Hubungan Augmented Product Dengan Perilaku Konsumen

Seperti yang Anda ketahui bahwa konsumen memiliki dua penilaian yaitu puas dan tidak puas, di mana kepuasan ini ada ketika melakukan perbandingan produk dengan yang lainnya.

Sehingga persaingan inilah yang dapat menarik konsumen melalui promosi yang ditawarkan, yaitu salah satunya dengan memberikan konsep augmented product ketika terjadi transaksi jual-beli.

Bagi seorang marketing tentu akan selalu memperhatikan kepuasan konsumennya, sehingga metode penambahan produk ini sudah mampu menambah nilai yang diharapkan konsumen.

Baca Juga: Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi Dan Prosesnya

Seiring bertambah waktu teknik augmented product juga merupakan tantangan baru bagi para pebisnis, yang di mana harus mampu menarik konsumen dan mencari inovasi baru.

Dengan harapan sebaiknya Anda cari tahu dahulu kebutuhan konsumen, sehingga produk Anda bisa diterima oleh pelanggan dan tentunya sudah memenuhi harapan yang diinginkan.

Terakhir Anda juga harus memperhatikan harga yang dijual kepada konsumen, agar produk Anda sudah berhasil sesuai dengan harapan pembeli dan rela membeli produk Anda.

Apa Saja Produk Tak Berwujud Pada Augmented Product?

Berikut ini ada beberapa fasilitas produk tidak berwujud sebagai suatu tambahan produk yakni:

  1. Pengiriman Antar Gratis

    Dalam pengiriman antar gratis ini juga merupakan janji antara penjual dengan pembeli untuk memberikan pelayanan pengiriman produk bisnis secara gratis. Sehingga hal ini akan menambah penilaian konsumen akan produk tersebut.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  2. Pemberian Garansi

    Untuk garansi ini merupakan salah satu contoh produk tambahan yang tidak berwujud, biasanya garansi ini memberikan jaminan kepada konsumen apabila terjadi kesalahan produk atau produk cacat dalam jangka waktu yang ditentukan.

  3. Memberikan Layanan & Pengalaman Konsumen

    Toko ritel yang nyaman dan pelayanan yang sangat baik akan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, sehingga hal ini akan membuat usaha Anda menjadi lebih berkembang.

  4. Pelayanan Pemasangan & Konfigurasi di Rumah

    Tentunya pemberian buku petunjuk ini bukanlah hal yang mudah dipahami konsumen, akan lebih baik jika Anda menawarkan teknisi pemasangan produk ke pelanggan apabila produk sudah dibeli. Hal ini tentunya akan memberikan nilai tambah bagi konsumen yang tidak sempat memiliki banyak waktu.

  5. Update Pembaruan

    Secara umum adanya fasilitas produk tambahan ini ditujukan kepada produk perangkat lunak atau software, misalnya memberikan pembaruan secara berkala.

    Bahkan Anda tidak perlu membayar kembali, akan tetapi hal ini tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

Seperti itulah pembahasan mengenai augmented product. Kesimpulannya augmented product adalah sebuah produk tambahan yang diberikan fasilitas untuk dinikmati oleh konsumen sehingga dapat dibandingkan produknya dengan kompetitor.

Selain sebagai strategi pemasaran, augmented product juga tentunya membutuhkan alokasi anggaran biaya yang cukup atau sesuai dengan kebutuhan. Pastikan bisnis Anda sudah memakai Software Akuntansi Harmony untuk mengelola dan memantau keuangan usaha, ya.

Aplikasi Harmony sangat membantu manajemen keuangan bisnis dan bisa dipantau secara real time, kapanpun, di manapun. Ingin buktikan fitur Harmony yang canggih? Klik tautan ini untuk GRATIS pakai 30 hari.

Ketahui juga informasi selengkapnya dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK