Arti Fluktuasi yang Harus Anda Ketahui dan Faktor Penyebabnya Dalam Bisnis
Harmony Blog
Finance
Arti Fluktuasi yang Harus Anda Ketahui dan Faktor Penyebabnya Dalam Bisnis
December 30, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Arti fluktuasi sebagai dampak dari ilmu ekonomi tidak hanya dirasakan oleh pembuat kebijakan ekonomi, pelaku bisnis atau pemilik perusahaan. Tapi juga berdampak pada semua pihak yang terkait di dalam sistem perekonomian.

Arti fluktuasi ini merupakan suatu perubahan berupa kenaikan maupun penurunan nilai harga yang bisa digambarkan secara grafikal.

Fluktuasi harga menjadi salah satu fenomena yang dirasakan banyak perusahaan terutama yang terkait dengan produksi barang.

Sebab hal ini bisa berkaitan dengan naik dan turunnya harga barang di dalam suatu pasar. Tentunya bisa berdampak merugikan terutama pada saat harga barang naik sehingga konsumen tidak mampu untuk membelinya.

Apa Itu Pengertian Fluktuasi?

Arti fluktuasi ekonomi adalah salah satu guncangan atau suatu ketikdaktetapan yang mempengaruhi setiap harga produk sehingga dapat membuat kinerja keuangan dapat membuat kinerja keuangan tidak stabil.

Naik dan turunnya harga inilah yang dimaksud dengan arti fluktuasi. Untuk melihat perkembangan dari fluktuasi bisa digambarkan melalui sebuah grafik atau diagram.

Arti fluktuasi ini terjadi akibat adanya patokan nilai harga dari produk-produk tertentu yang dikeluarkan oleh pemerintah dan sudah bisa diterima dengan baik oleh kalangan masyarakat.

Adapun menurut para ahli arti fluktuasi adalah perubahan yang berupa naik turunnya variabel nilai tertentu yang disebabkan oleh perubahan di dalam mekanisme pasar.

Sedangkan arti fluktuasi dalam pengertian yang lebih tradisional disebutkan sebagai suatu perubahan nilai dari mata uang yang dapat digambarkan dalam sebuah grafik.

Baca Juga: Financial Leverage: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya

Apa saja Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Fluktuasi?

Sudah dijelaskan di atas mengenai arti fluktuasi. Lalu apa yang mempengaruhi terjadinya kenaikan dan penurunan harga yang disebut dengan fluktuasi? Ini dia penjelasannya:

• Faktor Pemerintah

Penyebab terjadinya fluktuasi ini juga sangat berpengaruh pada unsur pemerintah. Di karenakan setiap kebijakan maupun keputusan yang diambil oleh pemerintah dapat mempengaruhi pada naik atau turunnya suatu harga pada barang.

Dari hal inilah arti fluktuasi ini dapat menimbulkan goncangan pada perekonomian dan juga pada bisnis yang sedang berjalan.

Namun selain itu pengaruh pemerintah dalam terjadinya fluktuasi tentu sangat besar. Hal ini dikarenakan kebijakan fiskal dan moneter yang diambil pemerintah dapat memberikan efek yang signifikan terhadap pasar keuangan.

Dua kebijakan tersebut juga dapat bertujuan untuk mengatur perekonomian dan juga mengatasi situasi ekonomi negara jika terjadi krisis ekonomi atau inflasi yang tinggi.

• Adanya Faktor Ekspektasi

Dalam sistem keuangan, jelas ekspektasi sangatlah berkaitan dengan ekonomi. Ekspektasi sendiri yaitu harapan di masa depan yang bergantung pada tindakan saat ini dan membentuk fluktuasi di waktu yang akan datang.

Namun dengan adanya ekspektasi tersebut maka akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan harapan apa yang menjadi ekspetasi bersama bisa terwujud.

Sebaiknya ekspektasi ini tidaklah dilakukan dengan sangat menonjol. Sebab bisa saja ekspetasi Anda tidak terwujud dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

• Transaksi internasional

Faktor transaksi internasional bukanlah suatu hal yang asing untuk kita temui dalam dunia perekonomian. Sebab semakin banyak sekarang ini perdagangan yang terjadi secara lintas dunia seperti halnya kegiatan ekspor maupun impor.

Dari transaksi internasional ini sudah tentu akan turut berpengaruh pada fluktuasi sebab naik turunnya harga barang sangat bergantung pada transaksi yang terjadi di pasar. Maka dalam transaksi ini juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada perubahan harga barang.

• Penawaran dan Permintaan

Dengan adanya faktor penawaran dan permintaan suatu barang, mata uang ataupun investasi lainnya dapat memicu terjadinya naik turunnya suatu harga.

Namun di sisi lain, faktor penawaran dan permintaan yang ada juga akan mengubah suku bunga seiring berjalannya waktu.

Dapat digambarkan apabila penawaran dam permintaan berkurang, maka harga pada barang akan semakin meningkat, namun sebaliknya apabila penawaran mengalami kenaikan melebihi permintaan, maka harga pada barang akan mengalami penurunan.

Namun apabila suatu penawaran cenderung stabil, maka harga dapat berfluktuasi entah itu naik atau turun seiring dengan perubahan permintaan di pasaran.

Baca Juga: Budget Management : Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuatnya

custom-form-newsletter

Cara Mengatasi Fluktuasi

Untuk mengatasi fluktuasi, berikut cara-cara yang harus Anda ketahui yaitu:

a. Melakukan Kebijakan Makro Ekonomi

Dalam menerapkan suatu kebijakan makro ekonomi ini pada dasarnya merupakan suatu rencana dan tindakan dari pemerintah untuk memberikan suatu ilmu yang berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi.

Sebab kebijakan ini sangatlah perlu dilakukan dengan tepat agar pertumbuhan ekonomi di negara ini bisa berlangsung secara sehat sehingga bisa mengatasi fluktuasi.

b. Melakukan Perencanaan Jumlah Permintaan dan Penawaran

Cara untuk mengatasi terjadinya perubahan pada harga barang maka sebaiknya dilakukan perencanaan terhadap jumlah supply dan demand. Dengan adanya supply dan demand tentu bisa mempengaruhi harga barang pada pasar.

Maka sebaiknya supply dan demand dapat diharapkan selalu stabil sehingga tidak terjadi adanya perubahan harga.

c. Menjaga Nilai Mata Uang

Apabila berkurangnya nilai tukar rupiah dapat menjadi salah satu penyebab permintaan masyarakat terhadap mata uang rupiah menurun, karena peran perekonomian nasional menurun atau karena permintaan mata uang asing sebagai alat untuk pembayaran internasional menjadi meningkat.

Apabila dampak resiko keuangan akibat dari fluktuasi nilai tukar terhadap perekonomian sangat besar. Maka diperlukan suatu kebijakan yang tepat untuk mengendalikan nilai tukar mata uang, sehingga pergerakan atau fluktuasi nilai tukar dapat diprediksi dan perekonomian dapat berjalan dengan stabil.

Itulah penjelasan singkat tentang fluktuasi harga dan hubungannya dengan bisnis. Untuk meminimalisir risiko akibat ketidakpastian dalam bisnis, hal yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus memiliki manajemen keuangan yang baik.

Tanpa manajemen keuangan yang benar, dapat dipastikan bahwa bisnis Anda akan rentan mengalami kerugian akibat faktor internal dan eksternal dari operasi bisnis Anda.

Salah satu cara untuk mendapatkan proses manajemen keuangan yang baik adalah dengan melakukan pembukuan untuk setiap transaksi bisnis.

Dengan pembukuan yang benar, maka keuangan Anda menjadi stabil dan tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk memantau keuangan usaha.
Anda dapat menggunakan pembukuan seperti software akuntansi Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony praktis dan mudah digunakan serta memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.

Harmony juga sudah banyak membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka.

Lalu bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan Anda? Tentu Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/