Harmony Blog

10 Pembagian Ilmu Ekonomi Yang Wajib Anda Tahu dan Manfaatnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

ilmu ekonomiPin

Perlu diketahui bahwa dunia bisnis tidak bisa terlepas dari kegiatan ekonomi. Sedangkan kegiatan ekonomi yang terjadi merupakan penerapan dari ilmu ekonomi yang ada. Ilmu ekonomi memiliki banyak jenis atau cabang dan sangat luas cakupannya. Artikel kami kali ini akan membahas tentang pembagian ilmu ekonomi yang wajib diketahui dan contohnya. Simak pembahasannya berikut ini.

Ilmu ekonomi bermanfaat memberikan masukan untuk pengambilan keputusan terhadap suatu tindakan ekonomi.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Secara sederhana, pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Pengertian lainnya, ilmu ekonomi adalah ilmu yang berkaitan dengan segala kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

Beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, yaitu :

Aristoteles

Menurut Aristoteles, ilmu ekonomi adalah suatu cabang yang bisa digunakan melalui dua jalan yaitu adanya kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang.

Adam Smith

Pengertian ilmu ekonomi menurut Adam Smith yaitu ilmu sistematis yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

M. Manullang

Sedangkan menurut M. Manullang, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi tercapainya suatu kemakmuran. Kemakmuran yang dimaksud yaitu kondisi dimana manusia bisa memenuhi kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

Manfaat Ilmu Ekonomi

Adapun beberapa manfaat ilmu ekonomi, antara lain :

1. Dapat membantu dalam memahami pola perilaku ekonomi suatu masyarakat tertentu.

2. Mampu memberikan masukan untuk pengambilan keputusan terhadap tindakan ekonomi yang akan dilakukan.

3. Dapat membantu memberikan pengertian pada potensi dan keterbatasan sebuah kebijakan ekonomi yang diambil.

4. Mampu meningkatkan kepekaan manusia pada masalah ekonomi dan global.

5. Dapat membantu pengambilan keputusan dalam prioritas kebutuhan yang ingin dipenuhi.

Manfaat ilmu ekonomi diatas digunakan untuk kepentingan pemerintahan suatu negara dalam menciptakan atau menjalankan sistem ekonomi. Tujuannya yaitu untuk menganalisa dan mencari solusi guna mengatasi masalah ekonomi yang ada dan menciptakan kesejahteraan untuk masyarakat negara tersebut.

Baca juga :Sistem Ekonomi Pancasila: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

Selain manfaat diatas, ilmu ekonomi juga dipelajari dengan 2 tujuan, yaitu :

Tujuan mikro, yaitu mencapai output maksimal dengan input yang ada dan meminimalkan input dalam pencapaian output tertentu.

Tujuan makro, yaitu mencapai sasaran makro. Sasaran makro antara lain adalah menaikkan output total, menjaga stabilitas harga, mencapai full employment, pemerataan distribusi pendapatan, menjaga keseimbangan perdagangan internasional, dan menjaga stabilitas kurs (nilai tukar).

Pembagian Ilmu Ekonomi

Ada cukup banyak pembagian ilmu ekonomi. Berikut ini kami sajikan 10 pembagian ilmu ekonomi yang sering dibahas dan digunakan :

1. Ilmu Ekonomi Deskriptif

Ilmu ekonomi deskriptif adalah ilmu ekonomi yang menjelaskan gambaran fakta (data empiris) tentang peristiwa ekonomi. Jenis ilmu ekonomi deskriptif berguna untuk mengkaji kondisi perekonomian di suatu wilayah tertentu.

2. Ilmu Ekonomi Teori

Ilmu ekonomi ini merupakan ilmu ekonomi yang mengkaji gejala-gejala yang timbul akibat dari perbuatan manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. Terdapat dua cakupan dalam ilmu ekonomi teori, yaitu :

Ekonomi Mikro

Jenis ilmu ekonomi teori yang mengkaji perilaku individu, rumah tangga produsen, rumah tangga konsumen dan perusahaan dalam rangka membuat keputusan untuk menyalurkan sumber daya yang terbatas

Ekonomi Makro

Jenis ilmu ekonomi teori yang mengkaji mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan.

3. Ilmu Ekonomi Terapan

Merupakan ilmu ekonomi yang mengkaji ekonomi teori untuk diterapkan dalam kehidupan nyata. Ilmu ekonomi ini bersifat praktis, artinya dapat diterapkan dalam berbagai bidang.

Ilmu ekonomi terapan dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang, sehingga muncul berbagai cabang ilmu ekonomi sesuai bidang terkait.

4. Ekonomi Publik

Adalah ilmu yang membahas kebijakan pemerintah di bidang ekonomi. Hal-hal yang dibahas dalam ilmu ekonomi ini antara lain pajak, retribusi, anggaran pemerintah, dan utang negara. Ilmu ekonomi publik biasanya dikuasai oleh kepala daerah, pejabat pemerintah dan pengamat ekonomi karena berkaitan dengan pekerjaan atau profesi mereka.

Baca juga : Memahami Apa Itu Elastisitas Pendapatan dan Contohnya

5. Ekonomi Moneter

Merupakan ilmu yang membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya. Aspek yang dibahas dalam ilmu ekonomi moneter antara lain inflasi, jumlah uang yang beredar, dan tingkat suku bunga bank. Ilmu ekonomi ini bermanfaat dalam menentukan kebijakan moneter suatu negara.

6. Ekonomi Sumber Daya Manusia

Merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari tentang faktor produksi tenaga kerja. Hal-hal yang dibahas dalam ekonomi ini antara lain kesempatan kerja, kualitas tenaga kerja, dan penentuan upah.

7. Ekonomi Internasional

Yaitu ilmu ekonomi yang membahas kegiatan ekonomi antar negara. Hal-hal yang dibahas dalam ekonomi internasional meliputi perdagangan antar negara, neraca pembayaran internasional dan neraca perdagangan internasional.

8. Ekonomi Regional

Merupakan ilmu ekonomi yang mengkaji tentang interaksi ekonomi antar wilayah dan proses pengembangan suatu wilayah dalam upaya meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut. Ilmu ekonomi regional bisa membantu pemerintah wilayah untuk menganalisa permasalahan ekonomi yang terjadi di wilayah mereka sehingga bisa membuat kebijakan yang solutif.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

9. Ekonomi Industri

Merupakan ilmu yang membahas interaksi perusahaan dalam suatu industri. Interaksi yang dimaksud bisa berupa persaingan usaha dan kinerja suatu perusahaan. Ilmu ekonomi industri berguna dalam membantu perusahaan menganalisa permasalahan yang terjadi di bidang industri.

10. Ekonomi Sumber Daya Alam

Yaitu ilmu ekonomi yang mempelajari tentang masalah dan alokasi sumber daya alam secara optimal dilihat dari segi ekonomi. Adapun aspek yang dibahas dalam ekonomi ini meliputi ekternalitas negatif dan eksternalitas positif.

Demikian penjelasan tentang 10 ilmu ekonomi yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat. Selain wawasan tentang ilmu ekonomi, seorang pebisnis juga harus mempunyai pengetahuan bagaimana mengelola keuangan usaha dengan baik. Karena dengan pengelolaan keuangan yang optimal, bisnis Anda bisa terus berkembang. Agar laporan keuangan usaha bisa dibuat dengan cepat dan mudah, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony