Budget Management : Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuatnya
Harmony Blog
Finance
Budget Management : Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuatnya
May 26, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Membangun sebuah bisnis perlu strategi bisnis yang ampuh untuk bisa menghasilkan profit dan selalu mendatangkan penjualan. Dan di dalamnya perlu adanya pengontrolan keuangan yang baik, serta anggaran yang tertata rapi untuk bisa terus membuat bisnis Anda berhujankan keuntungan. Hal tersebut sering disebut dengan Budget Management. Lalu apakah pengertian Budget Management? Bagaimana membuatnya dengan baik? Simak terus artikel dibawah ini, karena akan dibahas lebih detail mengenai budget management.

Budget Management menjadi salah satu pondasi yang mendasar dalam membangun sebuah perusahaan maupun bisnis yang kuat, Jika tidak tercapai bersiap-siaplah perusahaan tersebut tidak berkembang.

Pengertian Budget Management

Pengelolaan keuangan memang tidak bisa lepas dari proses berkembangnya sebuah bisnis yang sedang dijalankan. Pengelolaan yang baik mencerminkan bisnis yang baik dan sehat. Salah satu pengelolaan keuangan yang baik adalah sistem budget management. Budget management ini sangat penting dilakukan oleh semua pebisnis.

Pada dasarnya budget merupakan alat yang dipergunakan dalam suatu organisasi perusahaan atau bisnis untuk mengungkapkan rencana kegiatan dalam satuan kuantitatif, koordinasi dan implementasi serta mengendalikan kegiatan operasional maupun menilai kinerja manajerial dalam suatu organisasi perusahaan (Suharman, 2006:76).

Management dapat dikatakan sebuah siklus maupun proses dalam mengatur sesuatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok individu atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tesebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumbe daya yang dimiliki.

Pengertian Budgeting

Kata budgeting sendiri dapat didefinisikan sebagai perencanaan perbelanjaan yang sistematis dan formal. Dan Budgeting tersebut ditujukan bagi manajemen untuk melaksanakan tanggung jawabnya dalam berbagai aspek. Diantaranya dalam aspek perencanaan (planning), koordinasi (coordination) dan pengawasan (control).

Tujuan Budget Management

Setelah mengetahui Budget management seperti apa, saat ini Anda sudah bisa mengklasifikasikan tujuan budget management itu sendiri. Dan agar lebih menambah wawasan Anda tentang tujuan Budget Management, berikut beberapa hal tujuan dari Budget Management, seperti :

1. Menyatakan harapan atau sasaran perusahaan dengan jelas dan formal, menjadikan bisa menghindari kerancuan dan memberikan arah kepada apa yang ingin dicapai manajemen.

2. Mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak terkait menjadikan budget dimengerti, didukung dan dijalankan.

3. Menyajikan rencana yang terperinci tentang kegiatan dengan maksud mengurangi ketidakpastian dan memberikan pengarahan yang jelas untuk individu dan kelompok dalam usaha mencapai tujuan perusahaan.

4. Melakukan koordinasi cara atau metode yang akan dilakukan dalam rangka memaksimalkan sumber daya.

5. Menyediakan alat pengukur dan pengendalian kinerja individu dan kelompok dan juga menyediakan informasi yang mendasar perlu tidaknya tindakan koreksi.

Fungsi Budget Management

Tanpa adanya fungsi yang jelas, Budget Management tidaklah memiliki makna apapun dalam sebuah bisnis Anda. Untuk itu disarankan perlu mengetahui Fungsi Budget Management yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda, seperti :

a. As A Planning

Budget bisa merupakan sebuah alat perencanaan tertulis yang menuntut pemikiran yang teliti dan akan memberikan gambaran yang lebih nyata/jelas dalam unit dan uang. Sebagai contoh, yaitu dengan merencanakan laba yang setinggi-tingginya. Pada budget management, perencanaan laba yang setinggi-tingginya dapat dirumuskan secara teliti dan nyata, yaitu dinyatakan secara kuantitatif.

b. As a Implementation

Budget yang akan diterapkan merupakan suatu pedoman dalam menjalankan dan pelaksanaan pekerjaan, sehingga setiap pekerjaan yang ada dalam kegiatan di perusahaan akan dapat dijalankan secara selaras dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dan suatu yang berarti, budget merupakan hal yang penting untuk menyelaraskan (koordinasi) setiap bagian kegiatan, seperti: bagian pemasaran, bagian umum, bagian produksi dan bagian keuangan.

c. As a Controlling

Budget berfungsi sebagai alat pengawasan (Controlling), yang berarti mengevaluasi (menilai) setiap pelaksanaan pekerjaan, dengan cara memperbandingkan realisasi dengan rencana (budget) dan melakukan tindakan perbaikan apabila dipandang perlu (apabila terdapat penyimpangan yang merugikan). Dan penyimpangan tersebut bisa menyebabkan kecurangan laporan keuangan yang acap kali terjadi di sebuah perusahaan.

custom-form-newsletter

Cara Membuat Budget Management

Berdasarkan artikel diatas tersebut, Anda sudah mengetahui tentang pengertian, fungsi, dan tujuan dari sebuah Budget Management. Namun bagaimana cara membuat budget management yang baik? Berikut Langkah-langkah dan cara yang harus dilakukan untuk membuat budget management yang baik, seperti :

1. Susunlah anggaran berdasarkan divisinya, dan setiap divisi dalam perusahaan mengajukan rencana kegiatan dan anggaran biaya.

2. Dalam merumuskan sebuah perencanaan pendapatan dan biaya harus dilihat dan dievaluasi terlebih dahulu lagi dengan data historis laporan keuangan beberapa tahun-tahun sebelumnya.

3. Melakukan perbandingan terhadap Rencana Anggaran yang telah dibuat dengan laporan keuangan perusahaan lainnya yang sejenis. Apakah Biaya yang telah dianggarkan sudah efektif dan sesuai atau masih bisa dilakukan pengefisiensian lagi.

4. Disarankan untuk melakukan pemisahan antara penyusunan rencana anggaran terhadap proyek yang saat ini sedang dikerjakan dengan perencanaan proyek baru untuk masa yang akan datang.

5. Lakukan pengawasan yang ketat terhadap penggunaan budget perusahaan apakah sudah sesuai dengan perencanaan awal. Langkah pengawasan ini biasanya dilakukan oleh bagian Audit.

6. Buatlah Laporan Keuangan Perusahaan lengkap yang berisikan Laporan aktual dengan analisa perbandingan nilai budget.

7. Buatlah pemberian penghargaan dan sanksi terhadap pencapaian efisiensi maupun unefisiensi dari nilai budget.

Dari Langkah-langkah diatas Anda bisa menerapkannya perlahan-lahan sembari menjalankan bisnis Anda tersebut. Namun untuk membuat Budget Management yang baik, adakalanya dibutuhkan teman setia yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan yang tersusun rapi, aman, dan tertata dengan baik, agar nantinya Anda dapat mengontrol budget dan pengeluaran secara real time yang dilakukan oleh bisnis Anda tersebut.

Gunakan Harmony Smart Accounting Solution sebagai solusi teman setia Anda dalam membantu pembuatan laporan keuangan tersebut. Daftarkan diri Anda disini untuk menikmati penggunaannya GRATIS selama 30 Hari, agar Anda bisa menikmati dan mengetahui manfaat dan layanan terbaik apa yang telah diberikan Harmony terhadap bisnis Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/