Financial Leverage: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya
Harmony Blog
Finance
Financial Leverage: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya
June 25, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya sejalan dengan pengembangan yang dialami, selalu membutuhkan tambahan modal. Pada saat perusahaan didirikan, pemilik bisa menentukan sumber modal apa yang dipakai, apakah semuanya bersumber dari modal saham biasa atau perlu ada hutang jangka panjang (financial leverage).

Selain itu, financial leverage bisa diartikan sebagai penggunaan aktiva atau dana di mana untuk menggunakan dana tersebut perusahaan harus menutupi biaya tetap atau beban tetap.

Itu sebabnya mengapa leverage bagi perusahaan dapat berdampak signifikan. Untuk Anda memahami lebih jauh mengenai financial leverage, mari simak penjelasan berikut ini :

Suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya sejalan dengan pengembangan yang dialami, selalu membutuhkan tambahan modal.

Pengertian Financial Leverage

Pengertian leverage menurut para ahli yaitu Irawati (2006), financial leverage merupakan suatu kebijakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam hal menginvetasikan dana atau memperoleh sumber dana yang disertai dengan adanya beban/biaya tetap yang harus ditanggung perusahaan.

Namun secara umum, financial leverage merupakan penggunaan dana dengan beban tetap dengan harapan atas penggunaan dana tersebut akan memperbesar pendapatan per lembar saham. Financial leverage akan muncul setelah perusahaan menggunakan dana dengan beban tetap.

Bisnis atau Perusahaan yang menggunakan dana dengan beban tetap dikatakan menghasilkan financial leverage yang menguntungkan (favourable financial leverage) atau efek yang positif apabila pendapatan yang diterima dari penggunaan dana tersebut lebih besar daripada beban tetap atas penggunaan dana yang bersangkutan.

Beban tetap yang dikeluarkan dari penggunaan dana misalnya hutang obligasi harus mengeluarkan beban tetap berupa bunga, sedangkan penggunaan dana yang berasal dari saham preferen harus mengeluarkan beban tetap berupa dividen.

Manfaat Financial Leverage

Adapun manfaat yang terdapat dalam financial leverage, berikut manfaat yang harus Anda ketahui :

• Financial leverage adalah alat penting yang dapat digunakan manajemen perusahaan untuk membuat keputusan pendanaan dan investasi terbaik.

• financial leverage menyediakan berbagai sumber pembiayaan dimana perusahaan dapat mencapai target pendapatannya.

• Financial leverage juga merupakan teknik penting dalam berinvestasi karena membantu perusahaan menetapkan ambang batas untuk perluasan operasi bisnis. Misalnya, dapat digunakan untuk merekomendasikan pembatasan ekspansi bisnis setelah pengembalian investasi tambahan yang diproyeksikan lebih rendah daripada biaya hutang.

• Manfaat financial leverage adalah Untuk dapat mengetahui posisi perusahaan terhadap kewajiban kepada pihak lainnya

• Sebagai alat  menilai seberapa besar dampak hutang perusahaan mengenai manajemen modal.

• Untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh hutang perusahaan terhadap penggelolaan aktiva.

custom-form-newsletter


Fungsi Financial Leverage

Apabila Anda ingin menerapkan leverage dalam perusahaan Anda, sebaiknya Anda harus mengetahui apa saja fungsi yang terdapat dalam financial leverage tersebut. Berikut penjelasanya :

Dalam keuangan perusahaan, leverage  mempunyai maksud dan fungsi yang serupa. Lebih jelas  lagi, financial leverage juga dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat keuntungan yang diharapkan.

Dalam Penggunaan leverage akan meningkatkan keuntungan bagi pemegang saham. Apabila dapat digunakan dan di terapkan dengan baik dan benar oleh pemegang saham tersebut.

Namun Sebaliknya leverage juga dapat meningkatkan risiko kerugian bagi perusahaan, sebab apabila jika perusahaan Anda ternyata mendapatkan keuntungan yang lebih rendah dari biaya tetapnya maka penggunaan leverage akan menurunkan keuntungan yang akan dicapai oleh pemegang saham.

Maka dari itu manajemen perusahaan harus memperhitungkan risiko bisnis perusahaan, posisi pajak perusahaan, fleksibilitas keuangan dari struktur modal perusahaan, dan tingkat agresivitas manajerial perusahaan ketika menentukan struktur modal yang optimal.

Terjadinya financial leverage timbul pada saat perusahaan menggunakan aktiva yang memiliki biaya operasi tetap. Apabila dalam jangka panjang, semua biaya bersifat variabel, artinya dapat berubah sesuai dengan jumlah produk yang dihasilkan.

Leverage merupakan sejumlah uang yang disediakan oleh broker forex kepada trader agar dapat menyelesaikan transaksi di pasar keuangan dalam jumlah yang jauh lebih besar menjadi berlipat ganda.

Apabila Anda menggunakan leverage, maka trader dapat meningkatkan jumlah modalnya sebanyak puluhan kali lipat bahkan ribuan kali. Oleh sebab itu, apabila Anda menggunakan leverage dengan baik dan benar, maka tidak akan terjadi kerugian yang terjadi dalam perusahaan Anda.

Jenis-Jenis Financial Leverage

1. Time Interest Earned Ratio

Rasio time interest earned ratio, merupakan rasio antara laba sebelum pajak dan bunga (EBIT) dengan beban bunga. Jenis rasio ini mengukur kemampuan perusahaan dalam memenuhi beban tetapnya berupa bunga, atau mengukur seberapa jauh laba dapat berkurang tanpa perusahaan mengalami kesulitan keuangan karena tidak mampu membayar bunga.

Contoh Rumus : Time Interest Earned Ratio = Debit/interest

2. Rasio Fixed Coverage

Rasio Fixed charge coverage, merupakan rasio yang mengukur berapa besar kemampuan perusahaan untuk menutup beban tetapnya termasuk pembayaran dividen, bunga, saham preferen angsuran pinjaman, dan sewa. Karena tidak jarang perusahaan menyewa aktivanya dari perusahaan leasing dan harus membayar angsuran tertentu.

Contoh Rumus : Fixed change coverage ratio = Laba operasi + pembayaran leasing / Biaya bunga + pembayaran leasing

3. Debit Ratio

Debit Ratio merupakan debit rasio yang Semakin tinggi rasio yang dimiliki maka semakin besar resiko yang dihadapi, dan

investor akan meminta tingkat keuntungan yang semakin tinggi. Debit rasio yang tinggi juga menunjukkan proporsi modal sendiri yang rendah untuk membiayai aktiva.

Contoh Rumus :  Debit Ratio = Total kewajiban / total aktiva

Kesimpulan

Keputusan pembelanjaan dapat  mempengaruhi kemampuan perusahaan  dalam menghasikan laba  (profitabilitas) bagi pemegang saham. Baik Pada kondisi ekonomi, perusahaan yang porsi penggunaan hutangnya lebih besar dari pada modal sendiri mampu menghasilkan laba yang lebih besar bagi pemegang saham dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki porsi yang penggunaan hutangnya lebih kecil dari pada modal sendiri.

Namun sebaliknya, apabila kondisi ekonomi buruk, perusahaan yang  porsi penggunaan hutangnya lebih besar dari pada modal sendiri akan menghasilkan  laba yang kecil bagi pemegang saham dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki porsi pada penggunaan hutangnya lebih kecil dari pada modal sendiri.

Leverage timbul karena perusahaan dalam operasinya menggunakan aktiva  dan  sumber dana yang menimblkan beban tetap bagi perusahaan. Yang disebut dengan penggunaan aktiva yang menimbulkan beban tetap disebut dengan operating leverage, sedangkan penggunaan dana dengan beban tetap disebut dengan financial leverage.

Untuk itu Anda harus memiliki sebuah laporan keuangan sebagai alat untuk laverage financial Anda, agar setiap laporan keuangan Anda yang Anda dapatkan tepat dan tentunya praktis bila digunakan. Anda dapat memakai sebuah aplikasi seperti Software Akuntansi Harmony.

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi dalam melakukan pembukuan perusahaan Anda, dengan Anda menggunakan Software Akuntansi Harmony, setiap kebutuhan pembukuan yang Anda perlukan dalam usaha Anda akan tersedia di aplikasi tersebut.

Harmony sangat mudah dan praktis digunakan walaupun Anda tidak memiliki background akuntansi. Tonton Fintax Fair yaitu acara yang diselenggarakan Harmony dalam mengedukasi peserta tentang keuangan dan pajak. Untuk Anda yang berminat, silahkan coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/