Harmony Blog

Apa yang Dimaksud Dengan Barang Ekonomi? Simak Selengkapnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

barang ekonomiPin

Barang Ekonomi merupakan bentuk barang yang dapat memuaskan kebutuhan dibedakan berdasarkan beberapa faktor, yaitu ada berdasarkan sebuah proses produksinya, berdasarkan tujuan penggunaannya, berdasarkan hubungannya dengan barang lain, berdasarkan harga jual, dan berdasarkan cara untuk memperoleh barang ekonomi tersebut.

Ilmu ekonomi membagi barang pemuas kebutuhan menjadi tiga jenis yaitu barang ekonomi, barang bebas, dan barang illith.

Dalam banyak nya aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat, tentunya Anda sering menemukan kebutuhan yang bisa berbentuk barang atau jasa dalam aktivitas yang sering Anda lihat dan lakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Dalam ilmu ekonomi, barang atau jasa merupakan objek yang memiliki nilai dan manfaat, selain itu barang atau jasa juga memiliki beberapa faktor, seperti faktor dalam produksinya atau cara memperolehnya.

Dengan adanya sebuah barang ekonomi, maka setiap kebutuhan dapat terpenuhi, walaupun jumlah yang terbatas, namun dapat memenuhi keinginan manusia di dalam kehidupannya sehari-hari.

Pengertian Barang Ekonomi

Dalam sebuah ilmu ekonomi, yang di maksud dengan barang ekonomi adalah suatu barang yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan digunakan untuk memuaskan segala keperluan yang manusia inginkan.

Banyak barang jenis ini yang dapat Anda temukan di pasar, minimarket, dan jenis tempat berjualan lainnya. Namun bagi Anda pebisnis yang ingin meningkatkan kekuatan posisi pasar perusahaan, Anda dapat menggunakan strategi positioning, sebab strategi ini sangat penting di dalam meningkatkan posisi pasar.

Namun dikarenakan jumlahnya yang terbatas, maka untuk memperolehnya, manusia perlu melakukan suatu pengorbanan dalam mendapatkan barang tersebut.

Bentuk pengorbanan yang di lakukan untuk mendapatkan barang ekonomi ini adalah kewajiban untuk mengeluarkan uang. Selain itu ada pun bentuk pengorbanan berupa tenaga kerja, waktu, pikiran dan lain sebagainya. 

Perihal penyediaan barang tersebut dapat berupa barang yang sudah di produksi oleh manusia atau dapat berupa barang yang disediakan oleh alam secara bebas.

Baca Juga : 12 Tips Sukses Menjalankan Meeting Online Secara Efektif

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Barang Ekonomi

Ada beberapa contoh atau pun jenis yang dapat Anda temukan dengan mudah di lingkungan sekitar Anda. Apa saja barang ekonomi tersebut ? berikut contoh nya :

Pakaian

Mengapa pakaian termaksud contoh barang ekonomi? karena pakaian termaksud salah satu bentuk barang yang banyak di butuhkan oleh masyarakat. Jumlah pakaian tersebut juga terbatas, agar mendapatkan barang tersebut juga harus memerlukan pengorbanan baik itu berupa uang, bahan, atau tenaga.

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat pakaian tersebut juga jumlahnya terbatas, itu sebab nya pakaian tergolong sebagai barang ekonomi.

Dan apabila bagi Anda seorang pengusaha pakaian, yang membuka sebuah bisnis yang termaksud barang ekonomi. Tentu penting bagi Anda untuk memilih tindakan ekonomi yang tepat. Dikarenakan hal ini berhubungan dengan kelangsungan bisnis Anda.

Agar Anda menentukan tindakan yang tepat, Anda dapat menggunakan  sebuah jasa pembukuan seperti Software Accounting Service. Yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan segala permasalahan laporan keuangan perusahaan Anda, secara real time, tanpa harus menjumlahnya secara manual.

Makanan atau Minuman

Makanan dan minuman juga merupakan barang yang tergolong sebagai barang ekonomi, karena untuk mendapatkan suatu makan dan minuman harus memerlukan suatu usaha.

Usaha yang di lakukan seperti harus membeli makanan dan minuman, harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan makanan dan minuman, dan manusia harus mengelola dan mencari bahan makanan atau minuman agar dapat di komsumsi oleh masyarakat lainnya.

Tempat Tinggal

Barang ekonomi selanjutnya adalah tempat tinggal. Dikarenakan jumlah tempat tinggal yang layak huni sangatlah terbatas pada saat ini.

Hal ini dapat di lihat dari usaha manusia yang harus mengeluarkan sejumlah uang agar mendapatkan sebuah tempat tinggal yang berupa rumah permanen ( miliki sendiri ) atau kos yang sementara yang di jadikan tempat tinggal. Beda dengan masyarakat lainnya, yang harus menabung sejumlah uang dikarenakan  kesulitan mengatasi keuangan mereka.

Dan bagi Anda apabila ingin mendapatkan sebuah rumah yang permanen ( miliki sendiri). Anda harus mengeluarkan biaya untuk mempersiapkan rumah tersebut,  seperti contoh Anda harus memiliki sebuah tanah yang luas untuk Anda bangun sebuah rumah, Anda harus memiliki bahan-bahan untuk membangun rumah tersebut seperti kayu, semen, pasir, dan bahan bangunan lainnya.

Selain itu Anda juga harus membayar tenaga atau upah bagi para tukang.  Adanya biaya-biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah maupun kos inilah yang menyebabkan tempat tinggal tergolong jenis barang ekonomi.

Jasa Dokter

Tidak semua barang ekonomi berbentuk fisik seperti contoh yang sudah di jelaskan di atas. Selain berbentuk fisik ada juga yang berbentuk jasa, contohnya seperti jasa dokter.

Terlihat dari jumlah dokter yang sangat terbatas, sehingga apabila Anda mengunjungi tempat praktek dokter, pasti Anda harus mengantri terlebih dulu agar Anda dapat di periksa, dan apabila Anda sudah menggunakan jasa tersebut, Anda di haruskan mengeluarkan biaya tertentu, dan menjadi seorang dokter harus memiliki karakter pemimpin yang baik dan bertanggungjawab.

Untuk menjadi seorang dokter juga harus ada pengorbanan yang tidak sedikit, Anda harus  sekolah dengan mengambil jurusan ilmu kedokteran, dan biaya yang di keluarkan untuk menjadi dokter pun sangatlah banyak.

Barang Bebas

Selain barang ekonomi yang sudah di bahas di atas, adapun terdapat jenis barang lainnya, yaitu barang bebas. Yang dimaksud dengan barang bebas adalah jenis barang yang sama hal nya dengan barangn ekonomi yang juga di butuhkan oleh manusia, namun bedanya barang bebas tidak harus mengeluarkan pengorbanan. Sebab barang bebas tersebut sudah disediakan oleh alam dalam jumlah yang melebihi kebutuhan yang manusia inginkan.

Contoh barang bebas  yang tidak asing lagi untuk Anda dengar adalah udara atau oksigen. Semua manusia pastinya akan membutuhkan oksigen untuk hidup, tetapi untuk mendapatkan sebuah oksigen tersebut Anda tidak perlu mengelurkan tenaga maupun biaya.

Namun berbeda bagi mereka yang mengalami kondisi tertentu, seperti kurangnya kondisi kesehatan. Maka contoh barang non ekonomi atau di sebut sebagai barang bebas berubah menjadi barang ekonomi. Dikarenakan oksigen yang dibutuhkan untuk orang yang memiliki gangguan kesehatan harus membutuhkan pengorbanan, sebab Anda harus membeli sebuah tabung oksigen di rumah sakit sebagai alat bantu bernapas bagi yang mengalami gangguan kesehatan.

Itulah diatas sudah di jelaskan mengenai pengertian dan contoh yang terdapat dalam barang ekonomi. Sebab untuk dapat memahami jenis barang tersebut, Anda dapat dengan mudah untuk menemuinya dalam kebutuhan Anda sehari-hari.

Namun dari pembahasan di atas, apakah Anda merupakan salah satu pebisnis yang memanfaatkan barang ekonomi sebagai alat bisnis Anda, seperti menjual sebuah pakaian, makanan, minuman, dan sebagainya.

Sebagai pebisnis tentunya laporan keuangan merupakan suatu hal yang penting bagi Anda. Untuk membantu Anda dalam membuat suatu laporan keuangan, Anda dapat menggunakan Software Akuntansi Harmony.

Harmony merupakan software akuntansi online yang telah membantu ribuan UMKM untuk mendapatkan laporan keuangan yang teratur setiap harinya. Dengan fitur sistem integrasi dengan pihak bank secara lengkap dan mudah dipahami Anda dapat melakukan pembukuan walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun.

Dan bagi Anda para pebisnis, jangan lupa untuk kunjungi sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui  FacebookInstagram, dan Linkedin Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony