Harmony Blog

Apa sih Arti Entrepreneur? Simak Penjelasan Lengkapnya

Diupdate Feb 24th, 2021
7

SHARES

PEMBACA

Pin

Menjadi seorang entrepreneur memang tidak muda, besarnya resiko usaha menjadi salah satu penghalang terbesar untuk memulia usaha. bahkan karena takut akan resiko  yang di hadapi, banya yang berhenti di tengah jalan dan banyak di antara mereka yang mundur sebelum mereka mencoba arti entrepreneur tersebut.

Banyak resiko yang di ambil, salah satunya yaitu dalam strategi yang dijalankan. Baik itu strategi dalam mengatasi perusahaan maupun strategi dalam meningkatkan pasar. Namun Anda dapat menggunakan strategi positioning menjadi faktor yang sangat penting didalam meningkatkan kekuatan posisi pasar perusahaan

Seorang entrepreneur harus siap mengambil segala resiko yang ditanggung, sebab seorang entrepreneur harus menggunakan keterampilan yang dimiliki agar siap melewati resiko yang akan dihadapi.

Sebab banyak dari mereka lebih memilih untuk berada di zona nyaman tanpa memikirkan besarnya resiko kerugian usaha. Bahkan kebanyakan dari mereka sudah takut setelah mengetahui arti entrepreneur.

Berbagai resiko yang akan dihadapi ketika memutuskan untuk menjadi entrepreneur. Untuk lebih memahami mengenai arti entrepreneur tersebut. Berikut penjelasan nya mengenai arti entrepreneur dan sifat apa saja yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur :

Pengertian Entrepreneur

Arti entrepreneur adalah seseorang yang mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan atau menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya.

Dapat disederhanakan bahwa arti entrepreneur adalah seorang pengusaha atau orang yang melakukan kegiatan wirausaha, di mana orang tersebut biasanya mempunyai bakat untuk mengenali produk-produk baru, menentukan cara produksi yang baru, dapat membuat standar operasional, mampu memasarkan produk dan dapat mengatur modal untuk kegiatan operasional.

Namun untuk dapat menjadi seorang entrepreneur, maka seseorang harus mempunyai suatu kemampuan berfikir yang kreatif dan imajinatif ketika melihat peluang usaha. Arti entrepreneur juga mempunyai kemampuan mengubah barang biasa menjadi barang yang luar biasa.

Dari hasil produk-produknya akan selalu di ingat para customernya dan dirinya mempunyai manajemen bisnis yang sangat baik dan rapi. Dan selain itu biasanya seorang entrepreneur bisa memberikan manfaat kepada banyak orang di sekitarnya melalui usaha yang didirikannya.

Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Entrepreneur

Selain arti entrepreneur di atas, adapun sifat yang harus dimiliki seorang entrepreneur, berikut sifat-sifatnya :

1. Percaya Diri

Seorang entrepreneur harus dapat memiliki sifat percaya diri yang dimulai dari diri sendiri, tidak mudah terombang-ambing oleh pendapat dan saran orang lain tapi menggunakan saran sebagai masukkan, dan percaya diri dalam mengambil segala keputusan apapun.

2. Memiliki Mindset Positive

Mindset entrepreneur adalah sebuah ukuran kekuatan seorang entrepreneur dalam memegang kendali bisnis yang dijalankan, sebab mindset adalah hal yang penting karena dapat mempengaruhi perkembangan bisnis yang Anda jalani. Namun menjadi seorang entrepreneur tidak hanya sekedar berhubungan dengan hal-hal teknis seperti menghandle karyawan, produksi, klient, akan tetapi juga bagaimana Anda dalam mengatur mindset. Dan seorang entrepreneur harus fokus pada prestasi yang ingin dicapai, jangan mengutamakan prestige atau gengsi.

3. Pengambilan Risiko

Cara pengambilan resiko dapat berpengaruh penting dalam dunia wirausaha yang penuh dengan resiko dan tantangan.

Hal yang harus diperhatikan yaitu bahwa bagaimana seseorang entrepreneur mengambil resiko dengan penuh pertimbangan dan segala resiko tersebut dapat di atasi dengan tenang dan menggunakan pemikiran yang luas, seperti hal nya dalam mengatasi kesulitan keuangan dalam bisnis.

Sebab kesulitan tersebut dapat Anda atasi dengan sebuah pembukuan keuangan seperti Software Accounting Service, yang dapat membantu Anda dalam membereskan segala laporan keuangan secara real time. Gunakan layanan terbaik Harmony untuk mendapatkan pembukuan yang mudah setiap bulanya.

4. Berorientasi Pada Masa Depan

Seorang Entrepreneur harus bisa memiliki beberapa visi ke depan atau berpikir kedepan, hal tersebut karena dalam menjalankan usaha bukan hanya untuk didirikan sementara tapi selamanya, sehingga sebelum mendirikan usaha atau bisnis perlu dilakukan penyusunan rencana dan strategi yang matang.

5. Kepemimpinan

Dalam diri seorang entrepreneur haruslah memiliki jiwa karakter pemimpin yang dapat dijadikan teladan bagi karyawan lainnya.  Dan seorang pemimpin yang baik harus mendengar saran dan kritik dari bawahannya demi kemajuan kinerja perusahaan.

6. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas ialah sebuah kemampuan mengembangkan ide baru dan menemukan cara baru dalam melihat peluang atau pun berupa permasalahan yang akan dihadapinya. Sedangkan Inovasi adalah kemampuan untuk menggunakan solusi kreatif dalam mengisi peluang hingga mampu membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat.

7. Mempunyai Rancangan Bisnis

Seorang entrepreneur harus selalu mempunyai rancangan dalam bisnisnya. Dirinya akan membuat sebuah konsep, menentukan brandnya, visinya, melakukan analisa pasar, proyeksi kenaikan harga, menentukan harga jual sebuah produk, dan melihat berbagai peluang yang lain yang mungkin dapat dikembangkan dalam produknya sehingga mempunyai ciri khas.

8. Pantang Menyerah

Seorang entrepreneur yang sejati tidak akan mudah menyerah pada satu keadaan. Tidak mudah menyerah di sini bukan berarti melakukan hal yang sama dengan kegagalan yang sama, akan tetapi dia selalu belajar untuk menemukan solusi agar masalah yang dihadapi bisa terselesaikan.

Baca Juga : 12 Tips Sukses Menjalankan Meeting Online Secara Efektif

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Keuntungan Menjadi Seorang Entrepreneur

Arti entrepreneur memiliki makna dan keuntungan tersendiri bagi seorang entrepreneur, berikut keuntungan yang di dapat apabila menjadi seorang entrepreneur :

• Kelebihan yang di dapat dari entrepreneur adalah seorang entrepreneur dapat mempunyai kesempatan untuk mewujudkan impian pribadi mereka menjadi seorang pengusaha yang handal.

• Seorang entrepreneur memiliki  kesempatan untuk menciptakan perubahan pada diri sendiri dan lingkungannya

• Menjadi seorang entrepreneur dapat memaksimalkan potensi diri

• Menjadi seorang entrepreneur mendapatkan keuntungan baik secara finansial maupun kualitas hidup

• Mereka bisa memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungannya

• Bisa melakukan banyak hal yang disukai dan memanfaatkannya untuk hal-hal baik, seperti menambah pengetahuan mengenai dunia pekerjaan, dll.

Contoh Entrepreneur

Dari arti entrepreneur, memiliki sebuah contoh pekerjaan di dalamnya, apa saja contoh pekerjaan yang terdapat pada entrepreneur ? berikut contoh nya :

1. Social Enterpreneur (Pengusaha Sosial)

Secara umum, contoh dari bisnis ini banyak dilakukan oleh beberapa orang yang bekerja di dunia layanan sosial seperti kesehatan, pendidikan, dll dan yang membutuhkan dukungan dari sumber daya manusia.  Contohnya ialah membuka taman kanak-kanak dan membuka Klinik.

2. Lifestyle Enterpreneur (Pengusaha Gaya Hidup)

Ini adalah jenis bisnis mandiri yang dikendalikan oleh satu orang. Pengusaha jenis ini hidup di jalur pilihannya. Dengan kata lain, itu cocok dengan gayanya, Ini ialah jenis bisnis independent yang dikuasai oleh satu orang. atau pribadi.

Contoh dari enterpreneur ini ialah membuka bisnis studio potret (apabila ketertarikannya di bidang potografi), membuka bisnis jual perangkat musik (apabila seorang pencinta musik), membuka bisnis makanan ( apabila seseorang tersebut pandai dan suka dalam bidang masak ) dan lain sebagainya.

3. Amateur Enterpreneur (Pengusaha Amatir)

Ini adalah sejumlah jenis pemula yang tidak berpengalaman (amatir). Umumnya jenis ini akan menegakkan sebuah bisnis yang masih dalam taraf biasa saja dan tidak mempunyai landasan logis, namun mengikuti trend. Contohnya ialah bisnis online shop dan sebagainya.

4. Profesional Enterpreneur (Pengusaha Profesional)

Ini ialah jenis seorang enterpreneur profesional yang kawakan di bidangnya. Jenis ini paling mudah dicerna karena mempunyai fitur yang mudah kelihatan dan lazimnya bisnis yang didirakan dalam sekala besar. Contohnya ialah membuka suatu cafe, mendirikan ruang kerja bersama, dan sebagainya.

Sudah di jelaskan di atas mengenai arti entrepreneur . Lalu, apakah Anda seorang pengusaha atau entrepreneur. Apapun jiwa yang Anda miliki, Anda harus tetap dapat mengelola keuangan bisnis dengan baik dan tepat. Karena keuangan adalah hal penting dalam menjalankan sebuah bisnis.

Melalui software akuntansi seperti Harmony, Anda dapat dengan mudah melakukan pencatatan transaksi dimana saja, kapan saja serta mendapatkan laporan keuangan secara realtime.

Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud dengan teknologi terkini, dimana Anda dapat dengan mudah melakukan rekonsiliasi perbankan otomatis. Tidak perlu ragu lagi, Harmony telah membantu para pebisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih dan teratur setiap bulannya. Daftarkan segera perusahaan Anda dan dapatkan 30 Hari Gratis dengan daftar disini.

Untuk menambah wawasan Anda terhadapat dunia bisnis, keuangan, pajak, dan lain-lain. Anda dapat mengunjungi sosial media Harmony seperi Facebook, Instagram, dan Linkedin.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony