Harmony » Blog » 

Apa itu Social Media Management? Cari Tahu Pentingnya Dalam Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 2, 2021

Istilah social media management saat ini bukanlah hal yang baru, terlebih lagi media sosial saat ini sudah menjadi fenomena yang berkembang pesat dalam dunia bisnis. Seringkali pebisnis yang sudah memakai social media management sebagai salah satu komponen penting dari strategi pemasaran.

Social media management merupakan sebuah cara proses yang dilakukan pebisnis dalam mengenalkan merek atau barang terhadap para pengguna media sosial secara luas.Click to Tweet

Social media management ini juga dikembangkan dengan fitur-fitur yang menjanjikan sebagai alat untuk mempromosikan perusahaan dan juga produk. Dalam metode pemasaran ini dapat dianggap sebagai bagian dari aktivitas pemasaran online.

Apa itu Social Media Management?

Sudahkah Anda melakukan pengelolaan akun media sosial bisnis? Jika Anda belum mengetahuinya, maka tidak ada salahnya Anda mempelajari social media management.

Social media management adalah penggunaan dari beberapa tools, software ataupun layanan yang mana dapat membantu setiap para pebisnis dalam membagikan konten bisnisnya di media sosial.

Apa itu Social Media Management

Adapun beberapa hal yang termasuk dalam kegiatan social media management adalah menjadwalkan rencana pemasaran seperti waktu postingan di media sosial, melakukan interaksi dengan target audience, sampai dengan mengelola respon di media sosial secara cepat.

Namun mendalami dunia media sosial ini merupakan bukan hal yang mudah. Dilihat dari perkembangan media sosial yang terus berubah, tentu dibutuhkan juga sosok pribadi dengan jam terbang tinggi. Seringkali disebut sebagai social media manager.

Social media manager ini merupakan seorang yang dipercaya perusahaan dalam memonitor, mengeksekusi, menyaring, menyunting sampai mengukur kehadiran media sosial dari sebuah perusahaan, bran atau perorangan.

Tidak hanya itu, seorang social media manager juga harus sangat berhati-hati dalam menyaring setiap konten dan harus berhati-hati dengan konten yang akan tayang.

Apa Pentingnya Social Media Management Dalam Bisnis?

Berikut terdapat beberapa pentingnya social media management adalah sebagai berikut:

  1. Dapat Memperkenalkan Bisnis Secara Luas

    Penggunaan media sosial di Indonesia tentu sudah semakin banyak sehingga menjadi target pasar yang sangat luas. Nah, apabila perusahaan membuat akun media sosial pada bisnisnya maka secara langsung dapat memperkenalkan perusahaan secara luas.

    Sehingga dengan begitu dapat membuat bisnis Anda melakukan pemasaran global dan dapat menarik minat konsumen baik dalam negeri maupun luas negeri.

    Ditambah jika Anda mengelola akun sosial media bisnis dengan baik maka hal tersebut tentu akan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat hanya dari sosial media yang mereka liat.

  2. Dapat Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

    Dalam mempelajari sebuah social media management tentu didalamnya terdapat sebuah ilmu tentang social media marketing. Sehingga dengan begitu konten yang Anda upload di media sosial dapat menarik banyak minat dan juga daya beli audiens.

    Maka secara tidak langsung hal ini mampu meningkatkan setiap penjualan dan berbagai jenis keuntungan lainnya untuk bisnis Anda.

  3. Dapat Meningkatkan Brand Awareness Anda

    Dengan membuat social media management yang baik dan tepat serta diiringi dengan konten yang berkualitas dan teratur. Tentu dapat meningkatkan kesadaran audiens akan adanya keberadaan brand Anda di sosial media.

    Sehingga dapat membuat brand awareness Anda menjadi lebih meningkat dan juga akan membuat bisnis Anda jadi lebih mudah untuk tumbuh dan berkembang.

  4. Sebagai Media Praktis Untuk Informasi, Berita dan Promosi

    Masyarakat saat ini tentu sudah paham betul bahwa setiap toko ataupun perusahaan sudah memiliki presensi tersendiri di akun media sosial.

    Sehingga apabila Anda ingin mempromosikan produk atau jasa Anda hanya tinggal mengunggah nya saja untuk memperoleh target pasar yang lebih luas. Terlebih lagi, jika Anda mempromosikan dengan menggunakan media sosial tentu akan jauh lebih murah, praktis, dan juga hemat tenaga.

  5. Memperlihatkan Brand Personality Perusahaan

    Dengan menjual produk ataupun jasa di era digital sekarang ini tentu bukan lagi sekedar menunjukkan apa yang sebenarnya Anda jual. Tapi masyarakat akan menjadi lebih tertarik dengan adanya kualitas dan juga jati diri perusahaan yang menjualnya.

    Kualitas dan juga jati diri ini dikenal dengan brand personality. Tentu dampak dari adanya brand personality ini sangatlah berdampak besar untuk bisnis Anda.

    Baca Juga: Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi Dan Prosesnya

Apa Saja Tools Social Media Management?

Umumnya setiap perusahaan memiliki akun media sosial pada platform yang berbeda-beda, seperti pada media sosial instagram, twitter, Youtube, Facebook dan lainnya.

Nah, agar dapat mempermudah Anda dalam mengelola akun media sosial tersebut, maka Anda dapat menggunakan berbagai tools social media management di bawah ini.

  1. Buffer

    Buffer merupakan salah satu social media management tools yang sangat mudah untuk digunakan dalam menjadwalkan setiap konten di media sosial bisnis Anda.

    Bahkan penjadwalan konten dapat Anda lakukan sampai satu minggu kedepan, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi tentang konten bisnis Anda. Selain itu tools ini juga sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki waktu untuk terus-menerus melakukan update konten di media sosial.

  2. Tweepi

    Jenis social media management tools ini tentu sangat berguna dalam mengelola akun sosial media twitter bisnis Anda. Dengan Anda menggunakan tools tweepi ini, maka Anda dapat meningkatkan jumlah follower dan mengelola para follower Anda dengan mudah.

    Bukan hanya itu saja, tolls ini tweepi ini untuk dapat melakukan unfollow pada mereka yang tidak melakukan follow back pada akun bisnis Anda secara mudah.

    [elementor-template id="26379"]

  3. HootSuite

    Dengan Anda menggunakan tools social media management hootsuite, maka Anda dapat dengan mudah menjadwalkan setiap postingan, membalas pesan, dan juga mengetahui jumlah traffic di media sosial.

    Maka untuk itu, hootsuite ini memiliki peran yang sangat penting sebagai alat yang dapat membantu Anda dalam mengelola setiap seluruh akun di media sosial bisnis Anda.

  4. SocialOomph

    SocialOomph merupakan social media management tools yang dapat meningkatkan performa media sosial Anda. Terdapat banyak sekali layanan yang diberikan oleh tools ini. Seperti halnya dapat melacak kata kunci, auto follow secara otomatis, dan berbagai macam layanan lainnya.

  5. Crowdbooster

    Jenis social media management tools ini adalah salah satu platform analisis media sosial yang mana dapat membantu Anda dalam melihat tingkat efektivitas kampanye media sosial Anda melalui berbagai dasbor yang intuitif dan dibuat dengan baik.

    Selain itu, social media management tools ini juga akan membantu Anda dalam memberikan rekomendasi cara menjangkau audiens, dan cara meningkatkan kinerja media sosial bisnis Anda.

    Crowdbooster juga memiliki fitur penjadwalan dan juga otomatis konten. Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu lagi untuk mengupload konten bisnis secara manual di media sosial Anda.

Itulah penjelasan mengenai social media management tools yang perlu untuk Anda ketahui sebagai pebisnis. Memperhatikan social media management pada sebuah bisnis tentu dapat memberikan keuntungan tersendiri pada bisnis Anda.

Tidak hanya itu saja, memperhatikan pembukuan bisnis juga merupakan suatu hal yang penting dan tidak bisa Anda lewatkan. Sebab dengan memperhatikan pembukuan bisnis, maka bisnis yang Anda jalankan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola setiap pembukuan bisnis Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Harmony.

Harmony adalah penyedia software akuntansi untuk membantu mengelola dan merapikan pembukuan Anda dengan mudah dan otomatis.

Dengan teknologi cloud, Anda dapat mengakses software akuntansi Harmony dimanapun dan kapanpun, Anda bisa mendaftar dan mendapatkan 30 Hari Gratis untuk mencoba Software Akuntansi Harmony, silahkan klik di sini.

Kunjungi juga halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram