Apa Itu Nota Kredit (Credit Note)? Kenali Manfaatnya Untuk Perusahaan Anda
Harmony Blog
Accounting
Apa Itu Nota Kredit (Credit Note)? Kenali Manfaatnya Untuk Perusahaan Anda
October 7, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Sangat penting bagi pebisnis untuk menyediakan nota atas bukti transaksi pembelian dan penjualan barang, oleh sebab itu biasanya pebisnis akan memiliki nota debit dan nota kredit. Nota kredit atau Credit Note juga biasanya akan dibuat oleh pihak penjual barang biasanya akan mengurangi harga faktur tersebut karena barang yang diberikan rusak atau tidak berkualitas.

ntuk mengetahui manfaat nota kredit, artikel ini akan membahas lebih detail agar Anda tidak mengalami risiko kerugian yang lebih besar akibat pengiriman barang yang rusak kepada pembeli.

Tidak semua pembelian barang yang dilakukan diterima secara lengkap dan sempurna, maka dari itu pembeli akan meminta kepada penjual untuk memberikan nota kredit dalam mengembalikan barang retur.

Pengertian Nota Kredit (Credit Note)

Dalam arti yang luas nota kredit adalah sebuah berkas atau dokumen yang memberikan bukti atas terjadinya pengurangan piutang usaha dikarenakan pengembalian barang dagang sehingga dapat terjadinya penurunan harga.

Alasan terjadinya pengembalian barang dikarenakan kerusakan atau bahkan kualitas barang tidak baik atau tidak sesuai dengan pesanan. Biasanya nota kredit disetujui dan ditandatangani oleh penjual barang yang berfungsi sebagai pengurangan piutang usaha.

Ciri-ciri nota kredit dapat terdiri dari dua rangkap yaitu lembar pertama dokumen asli yang diberikan kepada pelanggan, sedangkan lembar kedua akan disimpan penjual sebagai bukti.

Baca Juga : Cara Mudah Melakukan Analisis Bukti Transaksi Dalam Akuntansi

Tujuan Adanya Nota Kredit

Adanya nota kredit dibuat untuk mengoreksi serta memperbaiki kesalahan yang terjadi saat penjualan barang. Sehingga tujuan ini dapat meyakinkan pebisnis dalam menjual dan membeli barang kepada pelanggan agar tidak merasa dirugikan yaitu :

1. Memperbaiki dan Mencatat Kesalahan Produk

Sebagai pebisnis merupakan hal biasa ketika terjadi kesalahan produk, namun pebisnis juga perlu memperbaiki kesalahan tersebut dan belajar dari sebuah pengalaman. Untuk itu cobalah melakukan pencatatan stock opname pada saat terjadi kesalahan dalam penjualan sehingga Anda dapat memperbaiki dan mencatat dalam sebuah nota.

Dalam menyediakan stok dan menjual produk yang sesuai merupakan fokus utama khususnya dalam perusahaan dagang. Ketika kegiatan Anda dalam mengelola stok produk, hingga keamanan produk tidak terjaga secara profesional. Usaha yang Anda kembangkan saat ini bisa saja berakhir dengan kerugian yang besar.

Oleh sebabnya, Anda membutuhkan sebuah jasa dalam mengontrol dan memantau stok barang dan pencatatannya maupun invoice secara otomatis yang bisa memudahkan seluruh kegiatan bisnis usaha Anda.

Untuk itu, cobalah untuk memanfaatkan layanan profesional kami dengan memakai jasa sewa ahli pembukuan untuk Anda. Walaupun tidak memiliki akuntan sekalipun, dengan menggunakan jasa pembukuan, juga dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

2. Secara Tertib Bagian Administrasi

Tujuan ini berguna agar pebisnis dapat tertib dalam hal administrasi pencatatan dan pelaporan agar tidak terjadi kesalahan di masa mendatang. Sehingga dapat mempermudah dalam mencari bukti transaksi dan dokumen yang telah terjadi, oleh sebab itu administrasi yang dilakukan dapat sesuai standar akuntansi yang ada di Indonesia.

3. Dapat Menjamin Klien Untuk Bertransaksi

Sebagai penjual dan pembeli harus memiliki hubungan yang baik agar perusahaan Anda terus berkembang, salah satu caranya yaitu bisa memberikan jaminan keamanan untuk bertransaksi.

Nota kredit dibuat dan diberikan kepada pelanggan agar pembeli dapat percaya kepada perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan agar pembeli dapat mengembalikan barang tersebut, dan penjual mengurangi harga piutangnya.

4. Mengurangi Kesalahan Laporan Keuangan

Sebagai pebisnis juga perlu melaporkan dan melihat keadaan keuangannya setiap bulan atau bahkan tahunan, hal ini dikarenakan bisa menanggulangi resiko atas angka dan nominal transaksi pada pencatatan laporan keuangan yang terjadi ketika tidak diketahui asal sumbernya transaksi tersebut.

Kesalahan laporan biasa terjadi karena pebisnis kurang memperdulikan pencatatan nota atas bukti transaksi. Untuk itu dalam mengurangi hal yang tidak diinginkan buatlah pencatatan atau nota transaksi termasuk pencatatan nota kredit.

Baca Juga : Membuat Buku Besar Susah? Ikuti Panduan Mudah Ini

custom-form-newsletter

5. Memiliki Rasa Tanggung Jawab Kepada Pelanggan

Pemilik bisnis tentu harus memberikan rasa tanggung jawab kepada konsumennya dengan memberikan credit note saat pembelian barang, agar pembeli tersebut tidak meragukan bisnis Anda dan tetap menjadi pelanggan Anda.

Manfaat Nota Kredit Pada Perusahaan

Selain tujuan yang baik dalam pembuatan credit note, terdapat juga beberapa manfaat yang menguntungkan penjual walau terjadi kesalahan dalam pengiriman barang. Berikut detailnya:

1. Merawat Hubungan Antar Penjual Dengan Konsumen

Jika diketahui secara singkat tentu nota kredit dikeluarkan dapat menjadi kerugian seorang pebisnis, karena adanya retur barang dan pengurangan piutang. Sehingga pendapatan yang diterima menjadi berkurang, namun jika dilihat secara saksama hal ini tentu tidak selalu merugikan.

Mengapa demikian? karena merawat hubungan dengan konsumen atau klien merupakan hal utama dan aset perusahaan supaya hubungan tersebut tetap terjaga dengan baik.

2. Mengevaluasi dan Meningkatkan Kinerja Operasional Bisnis

Menjadi pebisnis evaluasi dari kesalahan merupakan suatu hal yang harus diperbaiki. Sehingga adanya nota kredit bermanfaat dalam mengevaluasi dan meningkatkan kinerja operasional bisnis.

3. Membantu Mengurangi Konflik Perushaan

Permasalahan pada bisnis bisa terjadi kapan saja, hal ini termasuk antara penjual dengan konsumen. Kesalahan yang terjadi bisa menyebabkan banyak hal, salah satu konflik tersebut dikarenakan adanya tidak saling memahami. Untuk itu, dibuatnya nota kredit agar bermanfaat untuk meminimalisir kesalahan diantara kesepakatan yang ada.

Ciri-Ciri Contoh Dan Format Nota Kredit

Tidak ada hal yang harus diwajibkan pada bentuk nota tersebut saat menyediakan nota kredit, namun perlu diperhatikan beberapa hal yang wajib dicantumkan dalam nota yaitu :

• Terdapat Nama Penjual.

• Terdapat Nama Pembeli.

• Memberikan Nomor Nota Kredit.

• Memberikan Tanggal Pembuatan Nota Kredit.

• Memberikan Keterangan Jumlah Barang yang Dikreditkan

• Memiliki Jenis Barang yang Dikreditkan.

• Memiliki Harga Barang Per Unit.

• Memiliki Potongan Diskon (Jika Ada)

• Memiliki Potongan Pajak (Jika Ada)

• Memiliki Total Harga Barang yang Di Kreditkan.

• Memberikan Nama Dan Tanda Tangan Penjual.

Dengan cara format seperti ini mempermudah pemeriksaan retur barang bagi perusahaan. Selain itu juga bagian bawah nota juga terdapat pihak yang memang bertanggung jawab untuk mengeluarkan nota kredit. Berikut ini merupakan contoh nota kredit dari Harmony software :


Untuk melakukan pembuatan nota kredit juga bisa dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan tulis tangan dalam sebuah kertas. Hal ini tentunya sangat memakan waktu lebih lama lagi dan sangat merepotkan, tentunya sebagai pebisnis Anda sangat menghargai waktu setiap detiknya. Maka dari itu solusi dalam mempermudah kegiatan transaksi dengan nota kredit otomatis secara online.

Anda beruntung jika membuat nota kredit secara online karena dengan begitu Anda dapat mengelola bisnis lebih efisien dan modern di sela kesibukan Anda. Terlebih lagi pelanggan akan menerima nota tersebut dengan cepat dan nilai yang dihasilkan pun akurat dan terupdate otomatis dengan invoice perbaikannya.

Software apa yang cocok dengan bisnis Anda? Gunakanlah software Harmony, Anda mendapatkan fitur nota kredit, invoice, expense dan fitur lainnya seperti rekonsiliasi bank otomatis sampai dengan pembuatan laporan keuangan yang cepat. Tertarik menggunakan Harmony software? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa untuk ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/