Harmony Blog

Apa Itu e Budgeting, Tujuan dan Kelebihannya Bagi Bisnis?

Diupdate Feb 25th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

e budgetingPin

Sistem informasi dan teknologi digital yang semakin berkembang terus membawa perubahan yang positif terhadap sektor bisnis. Sekarang, perusahaan tidak perlu lagi kesulitan untuk melakukan penganggaran karena telah ditemukan teknologi e Budgeting. Dengan hadirnya e Budgeting, perusahaan bisa memangkas sistem kerjanya, mempersingkat waktu kerja, mengurangi penggunaan kertas, dan mudah melakukan pengecekan ulang terhadap dokumentasi penganggaran.

Bagi pengguna e Budgeting, kinerja keuangan usaha menjadi lebih terukur. e Budgeting juga terbukti menjadi sangat penting karena transparansi terkait budget manajemen perusahaan lebih terlihat. Belum lagi, setiap perusahaan pasti akan menghadapi risiko keuangan dalam menjalankan operasional bisnis. e Budgeting yang memiliki sistem yang memudahkan dalam pengecekan ulang siklus keuangan usaha, sehingga risiko bisa dihindari dan seandainya terjadi, risiko akan mudah diantisipasikan.

Kini pemanfaatan e Budgeting tidak hanya populer di perusahaan besar saja, diterapkan juga oleh pemerintah daerah dan beberapa usaha menengah ke bawah lainnya.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis saat ini, adanya sistem e Budgeting bukan hanya memberikan kemudahan saja. Dengan memanfaatkan e Budgeting dalam bisnis membuktikan juga bahwa Anda siap untuk bersaing lebih ketat. Berikut ini, segala informasi penting yang perlu Anda tahu mengenai e Budgeting.

Pengertian e Budgeting

Pengertian e Budgeting adalah sistem penyusunan anggaran elektronik atau sistem keuangan berbasis digital yang disimpan secara online. Pemanfaatan sistem ini sangat penting untuk membangun transparansi untuk berbagai pihak di dalam perusahaan. Contoh e Budgeting bisa Anda lihat dari pemanfaatan aplikasi program komputer berbasis website atau aplikasi mobile yang bebas diunduh dari play store.

Dengan adanya contoh e budgeting di atas, kini banyak perusahaan memakai teknologi e Budgeting untuk mempermudah penentuan arah kebijakan dan anggaran yang akan dipakai pada periode atau tahun berjalan.

Baca Juga : 10 Ilmu Ekonomi Yang Wajib Dikuasai oleh Pebisnis Saat Ini

Tujuan e Budgeting

Tujuan utama e Budgeting adalah menciptakan transparansi bagi pihak-pihak terkait. Dalam hal ini, stakeholder atau pihak-pihak yang berkepentingan bisa mengakses data-data anggaran yang ada di dalam e Budgeting. e Budgeting juga memungkinkan seluruh dokumentasi penyusunan anggaran tercatat dan tersimpan secara otomatis di dalam sistem.

Dalam hal penyusunan dan perencanaan anggaran, sistem e Budgeting memiliki 2 tujuan, yaitu untuk tujuan strategis dan tujuan taktis. Tujuan strategis berarti menyediakan informasi anggaran yang disusun dengan jangka waktu lebih dari 1 tahun atau melebihi periode akuntansi.

Sedangkan tujuan taktis artinya memungkinkan perusahaan untuk menyusun anggaran dalam jangka waktu 1 tahun atau kurang yang berarti sesuai dengan periode akuntansi. Baik secara taktis maupun strategis, masih ada banyak tujuan e Budgeting yang bisa dirumuskan secara lebih rinci. Berapa tujuan e Budgeting antara lain:

• Memastikan data anggaran yang lebih akurat untuk dasar analisis biaya.

• Memudahkan dalam menyusun perencanaan anggaran yang sesuai dengan aktivitas perusahaan.

• Memudahkan dalam menyusun laporan keuangan.

• Memastikan data yang lebih transparan dan sulit dimanipulasi.

• Mengintegrasikan beberapa sistem yang berkepentingan di dalam perusahaan.

Manfaat e Budgeting

Sistem informasi yang semakin maju diciptakan untuk mempermudah manusia dalam bekerja. Begitupun dengan e Budgeting yang berguna untuk memudahkan sistem penganggaran usaha. Berikut adalah beberapa manfaat dari e Budgeting bagi perusahaan Anda.

1. Menekan Risiko terjadinya Korupsi

Risiko keuangan yang mungkin dihadapi dalam bisnis Anda adalah adanya korupsi dari segelintir pihak yang tidak bertanggung jawab. Sistem e Budgeting memiliki tujuan untuk transparansi sehingga pihak-pihak yang berwenang dapat melihat dan memeriksa secara langsung aktivitas yang ada di dalam e Budgeting.

Sistem ini memiliki manfaat yang sangat menguntungkan perusahaan karena efektif untuk menekan oknum-oknum tertentu yang berniat melakukan tindak korupsi. Biasanya para oknum akan mengubah atau memanipulasi data keuangan yang sudah terisi. e Budgeting akan mengantisipasi perubahan-perubahan tersebut sehingga pihak-pihak terkait dapat mendeteksi jika ada sesuatu yang dirasa tidak benar.

2. Menjaga Akuntabilitas Publik

Dengan sistem e Budgeting yang transparan, maka akuntabilitas perusahaan Anda akan ikut meningkat. Setiap departemen akan merasa pekerjaan dapat dipantau oleh oleh pihak petinggi. Berbeda dengan sistem penganggaran konvensional yang hanya pemimpin departemen saja yang memiliki akses. Pada e Budgeting, semua pihak internal perusahaan bisa melihat siklus penganggaran pada setiap departemen. Dengan demikian, akuntabilitas setiap individu dalam perusahaan akan terjaga dengan baik.

Baca Juga : Pengertian Financial Leverage dan Penerapannya dalam Bisnis

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Efektif dan Mudah

Pemanfaatan sistem e Budgeting akan memberikan efektifitas dan kemudahan bagi Anda. Misalnya, seluruh data akan tersimpan dengan aman sehingga proses dokumentasi data menjadi lebih efektif. Sistem e Budgeting bisa diotomatiskan hanya dengan sekali klik saja. Anda tidak perlu lagi menghabiskan tempat di kantor untuk mendokumentasikan laporan anggaran dan laporan pendukung lainnyanya. Selain itu, Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak kertas karena seluruh laporan tersimpan dalam database sehingga proses pencarian dokumen menjadi lebih mudah.

Kemudahan juga dapat dilihat dari kebutuhan evaluasi anggaran. e Budgeting memungkinkan Anda bisa melihat kinerja setiap departemen secara langsung. Tentunya, Anda akan lebih diuntungkan karena lebih menghemat waktu dan proses evaluasi dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Untuk memastikan keuangan dan pembukuan usaha Anda lebih maksimal dan akurat, perusahaan Anda perlu didukung teknologi dan sistem yang modern. Software Akuntansi Harmony adalah solusi bagi manajemen keuangan dan juga pembukuan Anda. Dapatkan layanan gratis uji coba selama 30 hari dengan mendaftar disini.

Harmony juga menyediakan jasa akuntansi jika Anda tidak mau repot dalam mengelola pembukuannya dan ingin terima beres, Anda dapat menggunakan Harmony Accounting Service. Mau update penawaran terbaru kami? Follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK