Harmony Blog

Apa itu Cash Advance, Ketentuan, Kelebihan serta Kekurangannya?

Diupdate Feb 24th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Cash Advance - HarmonyPin

Sebagai pemilik bisnis, cash advance perusahaan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang tunai melalui kartu kredit yang ditawarkan oleh bank. Di mana cash advance ini berguna untuk menghimpun dana, ketika kondisi keuangan sedang menurun sehingga mempengaruhi kinerja keuangan.

Seperti istilahnya cash advance adalah uang tunai bagi pengguna kartu kredit dengan menarik sejumlah uang dari mesin ATM. Oleh karena itu kartu kredit ini memiliki besar limit pada kartunya, sehingga tidak dapat terlalu banyak mengambil uang.

Hal ini memang harus Anda perhatikan bahwa memiliki cash advance juga memiliki kekurangan serta kelebihannya, terutama pada biaya yang dibebankan kepada pemilik kartu atas penarikan uang tunai. Maka dari itu sebaiknya Anda harus mempertimbangkan baik-baik agar Anda tidak memiliki banyak pengeluaran di masa yang mendatang.

Cash advance adalah kebebasan dalam menarik uang tunai yang dipinjamkan kepada pemilik kartu, namun sebagai pemilik juga harus melakukan pembayaran seperti tagihan.

Mengenal Apa Itu Cash Advance?

Sesuai penjelasan singkat di atas, bisa diketahui bahwa cash advance adalah sebuah pinjaman uang tunai jangka pendek yang ditawarkan oleh bank seperti kartu kredit. Namun dapat diketahui bahwa sebenarnya melakukan pinjaman biasa di bank secara langsung sama saja dengan sistem cash advance.

Namun sisi lain yang menguntungkan bagi pengguna cash advance merupakan kemudahan menarik uang tunai di mesin ATM, jadi sebagai pebisnis tentu tidak perlu repot datang ke bank untuk melakukan jaminan atas pinjaman uang tersebut.

Uang tunai yang bisa didapatkan dari ketentuan cash advance adalah tergantung pada besarnya limit kartu kredit yang diberikan kepada Anda, atau bahkan tidak bisa menarik uang tunai yang melampaui dari maksimal limit kartu Anda

Dari beberapa bank mungkin akan memberikan limit kartu kredit untuk uang tunai sebesar 30%, sebabnya Anda tidak bisa mengambil uang terlalu banyak atas penawaran cash advance ini.

Di sisi lain yang perlu Anda perhatikan juga, yaitu cash advance ini memiliki biaya atau bunga yang lebih tinggi dari pinjaman biasa yang diberikan oleh bank pada umumnya. Istilah ini juga biasa disebut sebagai cash advance fee.

Selain tambahan biaya serta prosesnya mudah dan cepat, Anda juga perlu memikirkan cara bagaimana mengelola uang kas Anda supaya Anda tidak perlu menarik uang tunai dengan cash advance. Sehingga biaya, bunga, dan tagihan yang dikeluarkan tidak terlalu banyak di periode yang akan datang.

Baca Juga : 10 Ilmu Ekonomi Yang Wajib Anda Tahu Jika Anda Sebagai Pengusaha

Bagaimana Ketentuan Biaya Pada Cash Advance?

Supaya Anda tidak terlalu merasa keberatan dalam melakukan pinjaman serta melunasinya atas penawaran cash advance. Sebaiknya Anda ketahui ketentuan biaya pada cash advance fee yang meliputi :

1. Biaya Transaksi Penarikan

Cash advance perusahaan merupakan penarikan uang seperti pinjaman kartu kredit yang bisa menarik uang dari ATM, maka dari itu kartu kredit ini menggunakan PIN. Namun ketika Anda tidak ingin menggunakan PIN maka Anda bisa menarik uang tunai melalui bank seperti pada umumnya.

Dengan melakukan penarikan uang tunai, tentunya akan dikenakan biaya transaksi, seperti biaya transaksi penarikan oleh kartu kredit atau bank yang digunakan. Oleh sebabnya pelajari dahulu ketentuan dan syarat dari kartu kredit yang diberikan oleh bank untuk digunakan.

2. Biaya Layanan

Ketika ingin menarik uang tunai cash advance dikenakan juga tambahan biaya seperti biaya layanan yang biasanya disebut sebagai cash advance fee. Biasanya besar biaya ini ditentukan oleh penerbit kartu kredit dan biaya ini dikenakan secara tetap, misalnya Rp100.000 atau Rp50.000.

Ada juga penerbit kartu cash advance fee yang memberikan biaya layanan dikenakan nominal persen atas ketentuan dari biaya penarikan uang tunainya. Besarnya biaya tersebut di mulai dari 3% sampai 5% dari jumlah uang yang ditarik dan tidak bisa melebihi dari Rp150.000.

3. Biaya Bunga

Untuk biaya terakhir ini juga bisa dikenakan atas penarikan sejumlah uang tunai yang dibebankan dengan bunga saat pembayaran. Oleh karena itu biaya cash advance dikenakan lebih besar dari biaya bunga pembelian barang kartu kredit pada umumnya.

Sehingga Anda perlu mempertimbangkan untuk menarik uang tunai dengan cash advance, selain banyak biaya Anda juga tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya pengeluaran nantinya.

Baca Juga : Financial Leverage: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Cash Advance?

Sebagai pertimbangan Anda untuk melakukan penarikan uang tunai dengan cash advance, perlu Anda pahami ada kekurangan serta kelebihan dari penawaran cash advance ini yaitu :

1. Kelebihan Pada Cash Advance

Seperti pembahasan di atas sudah dijelaskan bahwa sistem ini memang memberikan kemudahan serta cepat dalam menarik uang tunai. Di sisi lain kemudahan kartu kredit ini bisa digunakan seperti layaknya kartu debit yang mengambil uangnya di mesin ATM.

Hal ini juga bermanfaat dalam kondisi emergency, ketika Anda sangat memerlukan uang tunai dan uang yang Anda tarik tidak terlalu banyak, maka Anda juga bisa melunasi pembayaran pinjaman dalam waktu singkat juga.

Sehingga kondisi darurat ini bisa Anda lewati dengan mudah melalui penarikan dana tunai. Misalnya bisa digunakan dalam hal membeli atau membayar yang disediakan oleh kartu tersebut.

2. Kekurangan Pada Cash Advance

Dari segi kekurangan cash advance ini yaitu dapat memberatkan pengguna dalam menarik uang tunainya karena ada penambahan biaya yang sangat besar. Jatuh tempo pembayaran ini juga cukup singkat, sehingga Anda harus memahami bahwa kondisi Anda mampu membayar sejumlah uang tunai ditambah dengan biayanya.

Maka dari itu sebaiknya manajemen perusahaan Anda perlu untuk mengelola dan mengontrol dana kas Anda yang biasa disebut sebagai budget management. Sehingga ketika perusahaan Anda membutuhkan dana Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil uang tunai dari kartu kredit.

Apalagi jika Anda tidak memiliki cadangan kas untuk menutupi tagihan melalui kartu kredit, hal ini akan berdampak bunga yang Anda ambil semakin besar dan tidak dapat menyanggupi pembayaran tagihan tersebut.

Dengan menggunakan cash advance sebaiknya pakailah dengan tujuan yang tepat dan sangat urgent, jangan sampai Anda malah menggunakannya sembarangan dan menyebabkan hutang Anda semakin bertambah dan tidak terkendali. Bijaksanalah dalam mengatur keuangan Anda dan memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan seperti software Harmony.

Dalam kemudahan cash advance perusahaan seperti pengeluaran atau reimbursement bahkan kasbon saat perjalanan dinas dapat diakomodasi dengan cepat. Menggunakan sistem berbasis cloud Harmony memungkinkan proses pengajuan dapat dilakukan di mana pun.

Persetujuan atau penolakannya pun bisa dilakukan hanya dengan mengakses aplikasi. Seluruh alurnya tercatat secara digital dalam sistem Harmony. Hal ini mengurangi beban yang dibutuhkan jika proses manual dan mengurangi resiko human error dalam pencatatan laporan keuangan. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Harmony adalah software akuntansi online yang bisa membantu Anda mengelola keuangan usaha dengan cepat dan tanpa repot. Harmony praktis dan mudah digunakan serta memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony