Harmony Blog

5 Tren Teknologi Dalam Perusahaan Manufaktur Yang Harus Anda Ketahui

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

tren teknologi manufakturPin

Seiring perkembangan jaman, tren teknologi manufaktur terus berkembang pesat. Digitalisasi dan otomatisasi menjadi 2 kata yang sangat penting dalam tren teknologi manufaktur saat ini. Menggunakan aplikasi untuk mengurangi terjadinya human error merupakan tren perusahaan manufaktur dalam memaksimalkan output produksi.

Untuk sukses dalam usahanya, maka pebisnis manufaktur wajib tau tren teknologi dalam perusahaan manufaktur yang sedang berkembang saat ini.

Tren teknologi manufaktur merupakan inovasi tiada henti dari dunia industri yang tujuan akhirnya membuat perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Inovasi-inovasi seperti teknologi rekayasa manufaktur menjadi hal yang biasa kita jumpai dalam perkembangan usaha dibidang industri.

Jika kita membahas tentang tren teknologi manufaktur maka akan mencakup juga beberapa hal dalam manufaktur seperti perancangan manufaktur dan teknologi rekayasa perancangan manufaktur tersebut. Perancangan manufaktur adalah bagian ditahap awal perusahaan mendesai dan menetapkan bagaimana proses manufaktur tersebut berjalan.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang tren teknologi manufaktur, tonton video tentang perusahaan manufaktur dibidang minuman, PT Berkah Malindo Perkasa ini agar menjadi inspirasi usaha manufaktur untuk Anda.

Lalu apa saja yang menjadi tren teknologi manufaktur saat ini? Berikut 5 tren teknologi dalam perusahaan manufaktur yang harus Anda ketahui.

1. Green Manufacturing

Tren teknologi manufaktur yang mulai banyak digunakan oleh perusahaan manufaktur adalah green manufacturing. Tren ini lebih fokus pada proses dan kebijakan produksi yang mengutamakan pada eksekusi atau ouput yang ramah lingkungan. Green manufacturing juga akan menarik para konsumen yang  peduli terhadap produk-produk ramah lingkungan, dengan demikian tren bisa terus dilakukan secara konsisten.

Green manufacturing akan menguntungkan perusahaan karena sisa bahan produksi bisa digunakan atau diolah yang tentu akan mengurangi biaya produksi dan pengaruh kepada Harga Pokok Penjualan (HPP).

2. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

Artificial Intellegence (AI) dan machine learning juga menjadi tren teknologi manufaktur yang banyak diterapkan oleh perusahaan dalam operasional perusahaan mereka. Kombinasi dari kedua teknologi ini memiliki kemampuan untuk mengelola volume data, menghasilkan data yang lebih mudah dibaca serta menawarkan solusi yang dapat meningkatkan daya tanggap produsen, meningkatkan efisiensi, dan membantu mengidentifikasi peluang bisnis baru.

Baca juga : 4 Tahapan Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) Perusahaan Manufaktur

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) merupakan tren teknologi yang terus berkembang pesat disemua sektor dunia usaha. Penerapan teknologi internet memang tidak dapat dihindari karena internet yang hampir menjangkau semua wilayah di dunia termasuk di Indonesia.  Jika ada perusahaan yang tidak menggunakan teknologi internet maka perusahaan tersebut akan tertinggal dan akan kehilangan sebagian konsumen.

Begitu juga dalam dunia usaha manufaktur, IoT bisa menjadi tren teknologi manufaktur yang bisa membuat kinerja perusahaan meningkat. Bukan hanya dari sisi produksi dan penjualan tapi dari pengelolahan keuangan seperti pembuatan laporan keuangan perusahaan industri juga harus menggunakan teknologi internet. Dengan teknologi internet yaitu cloud based maka laporan seperti neraca, cash flow dan laba rugi perusahaan manufaktur bisa dikerjakan secara cepat.

4. Mobile ERP

Perusahaan manufaktur menggunakan mobile ERP sebagai tren teknologi manufaktur dalam operasionalnya karena bisa menyediakan akurasi data yang besar, mengoptimalkan efisiensi operasional, dan mengurangi penundaan produksi.

Dengan mobile ERP, produsen dapat lebih mudah mengakses laporan penjualan, melacak persediaan bahan baku dan barang jadi, menjadwalkan pemeliharaan aset serta memonitor pengiriman barang ke pelanggan. Hal ini akan membuat siklus akuntansi perusahaan manufaktur tersebut berjalan dengan baik.

5. Real Time Operations

Real time operations menjadi satu tren teknologi manufaktur yang berkembang pesat saat ini. Hal ini disebabkan karena perusahaan manufaktur membutuhkan respon cepat karena permintaan konsumen yang terus meningkat namun, proses respon kerap memiliki masalah. Berbagai aplikasi tersedia di dunia teknologi untuk membuat real time operations ini berjalan dengan baik.

Selain penerapan aplikasi dalam produksi perusahaan Anda, gunakan juga aplikasi pembukuan agar laporan keuangan perusahaan bisa dikelolah dengan mudah dan cepat.

Harmony adalah aplikasi akuntansi online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun. Harmony juga memiliki fitur simple manufacturing yang bisa membantu proses manufaktur di perusahaan Anda.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Laporan keuangan akan rapi, cepat tersedia dan bisa dilihat dimanapun dan kapanpun sesuai kemauan Anda. Jadi tunggu apalagi..yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Harmony juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar akunting, bisnis, keuangan, pemasaran dan pajak, silahkan kunjungi sosial media kami seperti FacebookInstagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony