Tantangan di industri manufaktur selalu beragam dari jaman ke jaman. Di era globalisasi saat ini tantangannya adalah seputar bagaimana meningkatkan penjualan manufaktur, meningkatkan kompetisi internasional dan meningkatkan efisensi pada proses produksi perusahaan manufaktur.
Miliki superteam dalam team pemasaran dan penjualan serta gunakan teknologi agar penjualan produk manufaktur Anda bisa meningkat pesat.
Lalu, bagaimana perusahaan manufaktur menjawab tantangan dalam meningkatkan penjualan manufaktur? Kali ini kami akan memberi tips bagaimana melakukan hal tersebut, agar perusahaan manufaktur di Indonesia bisa memiliki daya saing dalam era kompetisi yang sangat ketat saat ini.
Sebelum lanjut ke penjelasan mengenai tips untuk meningkatkan penjualan manufaktur, silahkan tonton video tentang perusahaan manufaktur dibidang minuman, PT Berkah Malindo Perkasa yang menggunakan Harmony dalam membuat laporan keuangan usahanya.
Ikuti update informasi mengenai akunting, bisnis, keuangan, pemasaran dan pajak dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.
Berikut 5 tips untuk meningkatkan penjualan manufaktur.
Table of Contents
Superteam maksudnya adalah orang-orang dalam team pemasaran dan penjualan memiliki kompetensi yang mumpuni dan bisa bekerjasama dengan baik dalam mencapai tujuan perusahaan. Dengan memiliki superteam upaya meningkatkan penjualan manufaktur Anda akan jauh lebih mudah.
Jika team produksi harus tau tentang contoh perencanaan produksi maka team pemasaran harus tau bagaimana cara menyampaikan benefit produk kepada target market. Team penjualan harus tau bagaimana cara menawarkan produk dengan menarik baik secara offline (tatap muka) maupun online. Bahkan di industri manufaktur tertentu team penjualan harus tau cara menghitung HPP untuk produk-produk yang bisa diproduksi secara custom.
Baca juga : 4 Tahapan Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) Perusahaan Manufaktur
[elementor-template id="26379"]
Hal lain yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan manufaktur adalah membuat komisi penjualan yang menarik. Lakukan hal ini agar team penjualan (orang sales) memiliki motivasi tinggi untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan. Buatlah skema komisi yang progresif karena biasanya orang sales suka dengan tantangan penjualan yang progresif.
Energi team Anda sebaiknya difokuskan juga ke pelanggan yang sudah ada, jangan hanya terus mencari pelanggan baru. Lakukan followup terhadap pelanggan lama melalu email, telepon, sms atau chat melalui aplikasi seperti whastapp, line dan lain sebagainya.
Buatlah hubungan perusahaan dan pelanggan menjadi dekat sehingga mereka akan merasa nyaman untuk membeli produk perusahaan Anda. Dengan melakukan ini maka usaha meningkatkan penjualan manufaktur perusahaan Anda akan lebih ringan.
Tips lain untuk meningkatkan penjualan manufaktur adalah dengan memberikan pelayanan purna jual (after sales) yang memuaskan dan berkesan kepada pelanggan. Tujuannya agar pelanggan selalu mengingat dan menjadikan perusahaan Anda sebagai refrensi utama dalam membeli produk yang dia butuhkan.
Hal yang bisa dilakukan misalnya memberikan service gratis selama 1 tahun terhadap produk yang dibeli, menyediakan jasa gratis untuk perakitan produk. Catat juga kapan pelanggan Anda ulang tahun, dimana dia tinggal, apa hobInya dan lakukan komunikasi ringan dengan data itu seperti mengirimkan kue atau kartu ucapan, mengirimkan sms dan lain sebagainya.
Hal lain yang harus Anda lakukan dalam upaya meningkatkan penjualan manufaktur adalah memanfaatkan kemajuan teknologi dalam penjualan. Hal-hal yang bisa Anda lakukan adalah :
• Buat website perusahaan atau produk manufaktur Anda.
• Buat akun media sosial dan aktif memposting content yang menarik, yang berhubungan dengan usaha manufaktur.
• Beriklan di Google Ads, Instagram, Facebook, Youtube dengan memasukan filter target audience yang tepat.
• Maksimal metoda Search Engine Optimazion (SEO).
• Gunakan market place jika produk Anda cocok dijual disana.
• Gunakan aplikasi penjualan secara online.
Demikianlah 5 tips meningkatkan penjualan manufaktur. Selain teknologi dalam penjualan, gunakan juga teknologi yaitu software akuntansi dalam mengelolah keuangan perusahaan manufaktur Anda.
Dengan menggunakan software akuntansi, siklus akuntansi perusahaan manufaktur lebih mudah dijalankan dan laporan keuangan seperti Laporan Laba Rugi, Laporan Neraca, Laporan Arus Kas dan sebagainya dapat dibuat dengan real time.
Harmony adalah software akuntansi online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang akuntan sekalipun karena Harmony sangat user friendly.
Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis sehingga bisnis Anda bisa berkembang lebih besar. Jadi tunggu apalagi..Yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.