Harmony Blog

5 Tips Membangun Team Building Dalam Perusahaan

Diposting Mei 27th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

Team BuildingPin

Team building? Perlu dilakukan pada setiap perusahaan atau bisnis agar saling mendukung. Nyatanya, membangun team building sebuah organisasi atau perusahaan bukan perkara mudah.

Team building adalah kondisi di mana setiap lini perusahaan saling mendukung, membantu, dan berupaya mencapai visi dan misi bersama.Click to Tweet

Terlebih lagi, semakin banyak jumlah karyawan dan tim kerja, semakin banyak pula tantangan yang dihadapi seorang manajer atau leader. Ada banyak jenis perusahaan perseorangan maupun perseroan, namun hampir semuanya setuju manajemen sumber daya manusia adalah salah satu kunci keberhasilan.

Tidak hanya membangun team building dan leadership, manfaat organisasi bagi pembentukan karakter yang handal, serta problem solving. Karena itu, dalam ilmu manajemen sumber daya manusia, team building adalah program berkelanjutan yang termasuk prioritas perusahaan.

Dengan program team building yang tepat, perusahaan nantinya bisa lebih mudah melakukan analisis SWOT untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tim kerja.

Membangun Team Building Secara Efektif

Bagaimana cara membangun team building yang efektif dan sesuai harapan perusahaan? Yuk, simak tips-tipsnya berikut.

  1. Memahami Kekurangan dan Kelebihan Tim

    Setiap orang itu dilahirkan unik. Di samping kekurangan, Sang Maha Pencipta telah memberikan kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Tips membangun team building yang pertama adalah kenali terlebih dulu kekurangan dan kelebihan anggota tim kerja Anda.

     

    Kenali team buildingPin

    Tempatkan masing-masing orang di pos yang tepat. β€œThe right man, on the right place.” Dengan kata lain, fokus pada kelebihan masing-masing anggota tim kerja, sehingga tim kerja Anda semakin kompak, solid, dan saling melengkapi.

  2. Membagi dan Delegasikan Tugas

    Tidak mungkin semua pekerjaan bisa tuntas diselesaikan hanya oleh satu orang tertentu. Inilah gunanya membangun team building. Anda sebagai leader atau manajer, bisa membagi dan mendelegasikan tugas sesuai kemampuan masing-masing.

    Setiap proyek dapat dikerjakan bersama-sama sebagai tim, sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Di zaman sekarang, sudah bukan saatnya sikut-sikutan, sebaliknya kini adalah zamannya berkolaborasi dalam menyelesaikan proyek agar sesuai deadline dan bisa menjemput proyek selanjutnya.

    Baca Juga: Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

  3. Berikan Apresiasi

    Tidak ada yang lebih memotivasi karyawan dalam bekerja, selain apresiasi. Wujud penghargaan perusahaan atas kerja keras dan usaha mereka mendukung tujuan bisnis harus dihargai dengan pantas. Apresiasi bisa berupa materi dan non materi.

    Contohnya, memberikan sejumlah bonus uang, liburan ke luar negeri, umroh/ haji, logam mulia, dan sebagainya. Tujuan apresiasi ini yaitu selain mengucapkan rasa terima kasih, juga simbol bahwa perusahaan sangat menghargai setiap kinerja karyawan yang berprestasi.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Lingkungan Kerja Positif

    Dimanapun berada, jika lingkungan sekitar terasa nyaman dan atmosfernya positif tentu akan membuat para penghuninya betah. Tak terkecuali, di lingkungan kerja. Jika ingin membangun team building yang efektif, ciptakan juga lingkungan kerja yang positif.

    Meskipun dalam dunia kerja ada istilah atasan dan bawahan, namun tetap hargai setiap karyawan. Terimalah saran dan pendapat mereka, tanpa perlu berkata kasar atau mengintimidasi.

    Team building adalah serangkaian proses yang membutuhkan usaha bersama antara anggota team dan atasannya. Selesaikan setiap konflik dan tantangan dengan kepala dingin. Jadikan diskusi sebagai tradisi yang bisa mewujudkan team building efektif di perusahaan Anda.

  5. Saling Percaya dan Menghormati

    Berikan anggota tim kerja Anda kepercayaan untuk mampu dan berani menyelesaikan proyek. Dorong setiap anggota tim Anda agar mereka tidak cepat putus asa menghadapi kendala atau masalah di depan mata. Kepercayaan yang terus dipupuk akan menjadi pola pikir positif yang optimis.

    Pasalnya, setiap pekerjaan akan mudah dilakukan jika memiliki kepercayaan diri dan sikap optimistik. Yakinkan bahwa mereka bisa dan selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha optimal. Kuncinya adalah saling percaya dan tetap optimis kepada tim kerja agar mereka bisa memberikan kinerja terbaik dan maksimal.

Team building adalah kondisi di mana setiap lini perusahaan saling mendukung, membantu, dan berupaya mencapai visi dan misi bersama. Didukung manajemen sumber daya manusia yang profesional dan reliable, bukan mustahil jika perusahaan Anda mampu mencapai keberhasilan bisnis yang didambakan.

Teruslah fokus membangun team building dan juga meningkatkan performa kinerja keuangan perusahaan, bersama Software Akuntansi Harmony. Dengan Software Akuntansi Harmony, urusan akuntansi dan pembukuan bisnis bisa diselesaikan semudah beberapa klik saja.

Tak perlu menyita waktu dan tenaga untuk membuat laporan keuangan, perpajakan, atau urusan akuntansi lainnya, karena Software Akuntansi Harmony yang akan menanganinya. Pakai Software Akuntansi Harmony sekarang GRATIS 30 hari, dengan klik tautan ini. Follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info detail fiturnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony