Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda
Harmony Blog
Business
Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda
September 20, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Sebagian dari Anda mungkin pernah merasa tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga beban tugas dan pekerjaaan bisa menumpuk walaupun mendekati deadline. Penyebabnya yaitu Anda kurang pandai dalam mengatur waktu atau yang disebut ilmu manajemen waktu.

Ilmu manajemen biasanya dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang secara sistematis, supaya organisasi Anda bisa bekerja sama sesuai dengan susunan kegiatan tersebut. Hingga kemudian pekerjaan tersebut menghasilkan sesuatu yang bermanafaat bagi masyarakat dan perusahaan.

Ilmu manajemen juga dikatakan salah satu cara keberhasilan sebuah organisasi bisnis Anda dalam melaksanakan dan mengatur rencana, membangun organisasi, mengarahkan, pengawasan, dan pengendalian. Untuk meraih keberhasilan tersebut, sebaiknya Anda lebih memahami apa itu ilmu manajemen, prinsip, fungsi serta jenisnya pada artikel ini sebagai berikut.

Ilmu manajemen yang baik sangat penting dalam mengatur dan mengarahkan sekelompok atau sebuah organisasi. Sehingga proses manajemen tersebut dapat terstruktur demi mencapai tujuan dan meraih keberhasilan perusahaan.

Pengertian Ilmu Manajemen

Menurut Pendapat Ricky W. Griffin Pengertian manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien. Efektif di sini maksudnya tujuan tercapai sesuai rencana, dan efisien berarti bahwa manajemen dilakukan secara cermat, terorganisir, dan tepat waktu.

Pada ilmu manajemen adalah perencanaan terstruk yang sangat penting bagi aktivitas kehidupan Anda maupun organisasi, supaya kegiatan tersebut dapat terorganisir dan diperlukan untuk dapat menjalankan semua rencana organisasi. Dengan menjalani kegiatan yang sesuai dengan ilmu manajemen, sudah pasti akan menyelesaikan dan dikelola oleh organisasi demi mencapai tujuan bisnis.

Banyak sekali ilmu manajemen yang dipakai pebisnis dari aspek waktu, perencanaan hingga keuangan. Sehingga dengan memanfaatkan manajemen keuangan, sangat penting bagi Anda yang ingin mengkontrol keuangan pada pembukuan Anda supaya tidak terlalu boros.

Solusinya untuk Anda yang ingin melakukan pembukuan yang rapi denganmenggunakan teknologi sofware akuntansi atau manfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan. Dengan menggunakan jasa pembukuan, juga dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Unsur Manajemen Bisnis

Dengan mengetahui beberapa unsur manajemen, akan menjadi peran penting dalam kegiatan organisasi bisnis Anda untuk kedepannya. Berikut beberapa unsur manajemen adalah :

1. Sumber Daya Manusia (SDM)

Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian penting dalam sebuah mencapai keinginan dan tujuan perusahaan. Karena, tanpa sumber daya manusia susunan kegiatan manajemen tidak akan direncanakan.

2. Keuangan

Adanya unsur manajemen keuangan sangat penting bagi perusahaan, yang dapat mempengaruhi kesehatan keuangan bisnis. Adanya biaya operasional pada kegiatan perusahaan tentu memerlukan manajemen untuk mengelola keuangan dan uang yang dibutuhkan dapat berjalan dengan lancar.

3. Material Atau Bahan Baku

Pada unsur manajemen material, bahan baku dan bahan jadi merupakan faktor penting dalam mempengaruhi kualitas produk. Sehingga sebaiknya Anda memperhatikan jika material dan bahan yang dipilih harus lebih bagus dan tujuan perusahaan juga tercapai.

4. Mesin

Adanya mesin teknologi dapat lebih diperhatikan bagi Anda yang sedang memulai bisnis, karena pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih mudah bagi para karyawan. Sehingga tujuan perusahaan tercapai efektif dan efesien.

5. Metode

Adanya metode akan mempengaruhi manajer dalam menyusun manajemen. Dengan metode ini juga merupakan campur tangan organisasi. Sehingga metode ini dibuat harus sesuai dengan target, fasilitas, waktu, uang serta kegiatan bisnisnya sehingga kegiatan manajemen menjadi lancar.

6. Pasar

Bagian unsur ini sangat penting karena produk sebuah bisnis dapat berkembang dan menjadi terkenal dipasaran. Pada unsur pasar sebagai bahan material atas barang dan jasa yang sudah dijual harus memiliki kualitas yang sangat baik.

Fungsi Manajemen Pada Bisnis

Dengan mengetahui beberapa fungsi manajemen, yang akan diterapkan menjadi sebuah prinsip manajemen pada sebuah bisnis. Akan menjadi peran penting dalam kegiatan organisasi bisnis Anda untuk kedepannya. Berikut beberapa fungsi manajemen adalah :

1. Perencanaan

Sebagai fungsi manajemen dalam perencanaan dimasa depan akan menentukan keberhasilan perusahaan. Pada fungsi perencanaan ini, berguna mengevaluasi dan membantu kegiatan perusahaan yang baru dilakukan. Sehingga dapat diatur sedemekian rupa demi mencapai  tujuan perusahaan.

2. Pengorganisasian

Fungsi pengorganisasian, berguna dalam mengkordinasikan berbagai kegiatan diperusahaan. Cara ini sangat penting dalam memudahkan manajer untuk mengawasi karyawannya, supaya bisa menjalankan kegiatan secara efektif dan efisien.

3. Kepegawaian

Fungsi kepegawaian berguna dalam merekrut dan mempertahankan tenaga kerja secara tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik di tingkat manajerial maupun non-manajerial. Adanya fungsi ini supaya tujuan perusahaan yang dicapai menjadi lebih efektif dan efesien.

4. Pengarahan

Pada fungsi pengarahan berkaitan langsung dengan kepemimpinan, komunikasi, motivasi dan pengawasan. Didalam fungsi ini berguna sebagai komunikasi yang baik dan sangat diperlukan agar sistem informasi manajemen bisa diterima oleh para pekerja.

5. Pengkontrolan

Dengan mengkontrol juga dapat dikatakan sebagai alat ukur kinerja perusahaan atau yang disebut key performance indikator, supaya tujuan perusahaan dapat tercapai dengan lebih mudah. Sebagai fungsi pengontrolan dapat dilakukan untuk evaluasi kegiatan apa saja yang pekerja lakukan dan sesuai dengan tugas mereka.

Baca Juga : Perbedaan Jenis Bisnis B2B dan B2C Yang Harus Anda Tahu

custom-form-newsletter

Jenis Manajemen

Setelah mengetahui ilmu manajemen, pada sebuah bisnis manajemen juga memiliki banyak contoh jenis. Yaitu sebagai berikut beberapa jenis manajemen yang paling  umum adalah :

Ilmu manajemen merupakan salah satu pekerjaan tersulit di dunia kerja. Pada bagian manajemen juga menjadi penentu hal yang mutlak bagi perusahaan, termasuk laporan keuangan yang menunjang proses manajemen.

Untuk memiliki manajemen keuangan dan pembukuan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi Harmony untuk mempermudah proses akuntansi secara menyeluruh. Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang melakukan pengelolaan manajemen keuangan secara real time.

Jangan lupa untuk kunjungi sosial media Harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya? sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/