Harmony Blog

Ketahui Apa saja Jenis Perusahaan Perseorangan dan Contohnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Secara umum, jenis perusahaan perseorangan merupakan salah satu badan usaha yang hanya dimiliki seorang individu saja. Jenis usaha perseorangan ini bisa siapa saja boleh untuk mendirikannya, karena sistem informasi manajemen nya bebas dan tidak ada campur tangan atau intervensi dari pemerintah secara langsung.

Jenis usaha perseorangan termasuk bagian dari jenis badan usaha, namun hanya dimiliki oleh satu pihak saja dan bertanggung jawab penuh atas kerugian bisnisnya.

Jenis usaha ini mempunyai badan usaha yang berskala besar seperti badan usaha milik swasta ( BUMS ) dan badan usaha yang berskala kecil ( UMK ). Biasanya jenis usaha perseorangan ini membutuhkan alat produksi seperti teknologi sederhana, modal kecil, jenis produk dan jumlah produksinya serta tenaga kerja yang sedikit.

Pengertian Perusahaan Perseorangan

Menurut para ahli Basswata, perusahaan perseorangan merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh seseorang dimana ia memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam perusahaanya.

Namun secara umum, pengertian perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang dikelola dan diawasi oleh satu orang, dimana pengelola perusahaan memperoleh seluruh keuntungan perusahaan nya dengan sendiri, tanpa membagi-bagi setiap keuntungan nya pada orang lain.

Namun jenis usaha perseorangan ini harus menanggung seluruh resiko yang timbul dalam kegiatan organisasi atau prusahaan nya. Pada saat mendirikan jenis usaha perseorangan ini, tidak di atur dalam KUHD dan tidak memerlukan perjanjian karena hanya didirikan oleh satu orang pengusaha saja.

Selain usaha perorangan, adapun terdapat usaha kelompok, yang dimasud dengan usaha kelompok adalah usaha yang dijalankan lebih dari satu pihak, yang dimana hasil dari penghasilan yang di dapat akan di bagi rata dengan dua orang pihak ataupun lebih.

Jenis-Jenis Perusahaan Perseorangan

Berikut beberapa jenis-jenis usaha perseorangan yang dapat Anda temui dalam kehidupan Anda sehari-hari :

1. Usaha Pertanian

Dalam sebuah jenis usaha pertanian, sebagian besar usaha pertanian yang berada di pendesaan dikelola secara perseorangan. Jenis usaha pertanian ini memiliki sebuah modal yang terbatas, kebanyakan dari setiap petani memiliki lahan pertaniannya sendiri untuk di olah sendiri, kemudian hasil dari pertanian tersebut di jual untuk di jadikan modal kembali.

2. Usaha Perdagangan

Jenis usaha perseorangan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk Anda dengar dan Anda temui dalam kehidupan Anda sehari-hari. Kebanyakan jenis usaha perdagangan ini dikelola secara perseorangan. Jenis usaha perdagangan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, baik dari pemilik yang memiliki modal sedikit maupun besar.

Contoh perusahaan perseorangan yang terdapat dalam jenis usaha perdagangan adalah pedagang keliling, warung hingga pemilik toko lainnya.

3. Usaha Jasa

Selain usaha perdagangan,jenis usaha jasa juga paling banyak diminati oleh masyarakat indonesia. Apabila Anda memiliki sebuah keterampilan dalam bidang otomotif, Anda dapat memanfaatkan keterampilan Anda tersebut dengan membuka bengkel. Anda juga dapat menemukan jenis usaha jasa lainnya seperti laundry, salon, usaha isi ulang air minum dan lainnya.

4. Industri Kecil

Jenis usaha ini sama dengan jenis usaha jasa, namun dalam jenis usaha industri ini hanya jenis keterampilan saja yang berbeda, seperti contoh keterampilan usaha dalam membuat kue dan membuat masakan rumahan ( Catering). Yang di dalam bisnis ini melakukan sebuah pelayanan atau penjualan barang/jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung, atau disebut sebagai B2C.

Namun apabila Anda memiliki bakat sebagai seorang seniman atau kerajinan tangan seperti tas lukis, daur ulang barang bekas dan lainnya.

Baca Juga: KPI (Key Performance Indicator): Pengertian Lengkap dan Contohnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kelebihan Dan Kekurangan usaha Perseorangan

Adapun terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan perusahaan perseorangan yaitu :

1. Kelebihan Usaha Perseorangan

• Kelebihan perusahaan perseorangan ialah tidak dikenakannya sebuah pajak perusahaan seperti halnya PT atau Partnesrship ( Firma ).

• Kelebihan yang terdapat dalam jenis usaha perseorangan adalah pada saat melakukan jenis usaha perseorangan, Anda tidak perlu melalui proses administrasi hukum yang berlaku terlalu kompleks, biasanya hanya sampai akta notaris dan surat keterangan domisili dari kelurahan saja.

• Kelebihan yang di dapat iala proses pembentukan yang sangat cepat

• Kebebasan dalam mengambil sebuah keputusan

• Apabila terjadi sebuah kerugian, maka kompensasi kerugian dapat di masukan dalam perhitungan pajak penghasilan pemilik.

• Jumlah seluruh laba menjadi milik Anda sendiri dan bentuk perusahaan perseorangan memungkinkan pemilik menerima 100% laba yang dihasilkan perusahaan.

2. Kekurangan Usaha Perseorangan

• Apabila Anda melakukan sebuah usaha perseorangan, maka setiap tanggung jawab Anda sebagai pemilik tidak terbatas.  Yang dimana apabila terjadi sebuah kerugian atau pun masalah lainnya, itu semua harus di pertanggungjawabkan sendiri.

• Kekurangan yang di dapat ialah sumber keuangan yang terbatas. Sebab dikarenakan pemimpin usaha tersebut hanya satu orang, maka usaha-usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber dana hanya bergantung pada kemampuan pemilik usaha tersebut.

• Kesulitan dalam melakukan sebuah manajemen keuangan, dikarenakan semua kegiatan seperti pembelian, penjualan, dilakukan sendiri oleh pemilik perusahaan tersebut.

Namun untuk memudahkan dalam melakukan manajemen keuangan, Anda dapat memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan online, yang dapat membantu Anda dalam melakukan laporan keuangan Anda, bukan hanya dalam membereskan keuangan perusahaan Anda, namun dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pelaporan pajak.

Apabila Anda ingin memulai suatu perusahaan perseorangan, tentunya Anda harus siap menerima apapun resiko yang akan Anda hadapi dalam bisnis Anda. Baik resiko dalam kesulitan untuk melayani para konsumen, atau pun kesulitan dalam menangani keuangan bisnis Anda. Sebab apabila Anda memulai usaha tersebut, tentunya Anda akan kesulitan dalam membagi waktu Anda terhadap kegiatan yang Anda lakukan dalam bisnis maupun keuangan yang harus Anda bereskan setiap bulannya.

Untuk memudahkan hal tersebut, Anda dapat menggunakan Software Akuntansi Harmony. Software ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai macam jenis keuangan bisnis yang Anda miliki.

Harmony merupakan software akuntansi online yang telah membantu ribuan UMKM untuk mendapatkan laporan keuangan yang teratur setiap harinya. Dengan fitur sistem integrasi dengan pihak bank secara lengkap dan mudah dipahami Anda dapat melakukan pembukuan walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun. Ingin mengetahui fitur Harmony secara lengkap? Daftar Gratis 30 Hari sekarang juga disini.

Dan bagi Anda para pebisnis, jangan lupa untuk mengunjungi sosial media Harmony agar tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui  Faceboook, Instagram, dan Linkedin Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony