Analisis SWOT: Pengertian, Fungsi dan Penerapannya
Harmony Blog
Business
Analisis SWOT: Pengertian, Fungsi dan Penerapannya
June 22, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Mengingat setiap perusahaan selalu berkaitan dengan perusahaan lainnya dalam suatu wilayah bisnis memerlukan strategi posisi bisnisnya diantara para pesaingnya. Kali ini akan dibahas mengenai apa itu analisis SWOT pengertian fungsi dan penerapannya. simak terus artikel ini.

Untuk mengetahui posisi perusahaan, sehingga dapat digunakan sebagai dasar perumusan strategi yang tepat bagi perusahaan, dapat dilakukan pengkajian dengan menggunakan alat atau model analisis SWOT.

Strategi lain yang berhubungan dengan analisis SWOT adalah positioning yaitu merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran STP (segmenting, targeting dan positioning). Strategi tersebut sangat membantu untuk menentukan peta kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan tersebut terhadap perusahaan pesaing lainnya.

Analisis SWOT adalah salah satu metode yang dapat Anda gunakan untuk sejauh mana perusahaan Anda dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.

Semakin baik posisi bisnis sebuah perusahaan diantara perusahaan sejenis atau dengan kata lain sebagai leader maka keuntungan yang mungkin diperoleh akan semakin besar, mengingat menerapkan branding image perusahaan telah lebih tertanam dibenak konsumen dibanding perusahaan lainnya.

Oleh karena itu menentukan strategi yang tepat di dalam perusahaan akan sangat berarti bagi maju mundurnya perusahaan tersebut.

Pengertian Analisis SWOT

Dalam pengertiannya analisis SWOT memiliki 2 ruang lingkup yaitu analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal. Dari 2 analisis tersebut dikategorikan menjadi 4 bagian yakni:

1. Analisis Lingkungan Internal

Merupakan proses identifikasi yang mengurai menjadi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan, mencakup sumber daya manusia, keuangan, operasional, SDM dan budaya perusahaan.

a. Strength (Kekuatan)

Hal-hal yang dapat menjadikan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan. Termasuk didalamnya seperti tenaga kerja, goodwill, modal, mesin dan sebagainya.

b. Weakness (Kelemahan)

Merupakan segala sesuatu yang menjadi kelemahan atau kendala-kendala yang menyebabkan perusahaan sulit untuk berkembang atau meningkatkan kinerja perusahaannya. Seperti tenaga kerja tidak terampil, tidak cukupnya modal usaha dan kapasitas mesin yang tidak memadai.

2. Analisis Lingkungan Eksternal

upaya untuk melakukan identifikasi dan analisis terhadap berbagai faktor lingkungan luar perusahaan, seperti pengaruh perkembangan ekonomi, politik, hukum, ekologi, teknologi, kependudukan. Dan memiliki dua cakupan yakni:

a. Opportunity (Peluang)

Merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk berkembang seperti contohnya: adanya pelaksanaan otonomi daerah, adanya perkembangan teknologi dan sebagainya. Peluang merupakan faktor lingkungan yang menjadi pendorong bagi suatu perusahaan untuk berkembang.

b. Threat (Ancaman)

Suatu situasi yang dapat mengurangi kemampuan bisnis atau perusahaan untuk melindungi dan memperbaiki kedudukan kompetitipnya dalam pasar.

Baca Juga: Penggunaan Metode Forecasting yang Dapat Anda Terapkan Dalam Bisnis

Fungsi Analisis SWOT

Menurut Rangkuti (2002), Analisis SWOT merupakan salah satu tolak ukur dari keberhasilan sebuah perusahaan atau dengan kata lain salah satu pendekatan dalam menentukan atau mengukur keberhasilan sebuah perusahaan dapat dilihat dari seberapa tinggi positioning perusahaan tersebut dibandingkan dengan perusahaan pesaingnya. Adapun yang menjadi fungsi analisis SWOT, sebagai berikut:

• Dapat menempatkan perusahaan pada posisi strategis, sehingga di dalam perkembangannya akan selalu berada pada posisi yang menguntungkan.

• Dapat menentukan faktor-faktor strategi perusahaan, dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang secara sistematis digunakan untuk merumuskan strategi perusahaan.

• Dapat meminimalisir ancaman ataupun menghilangkan dampak yang diakibatkan oleh ancaman lingkungan sehingga perusahaan dapat dikontrol dan diawasi untuk kepentingan perkembangan perusahaan.

• Dapat ditujukan untuk mengetahui kondisi internal yang umumnya masih dalam kendali manajemen dan lingkungan eksternal suatu perusahaan yang umumnya sulit dikendalikan manajemen.

Tahapan Analisis SWOT

Menurut Rangkuti (2002) menyebutkan bahwa dalam melakukan analisis SWOT terdapat tiga tahap yang harus dilakukan yaitu, tahap pengumpulan data, tahap analisis, dan tahap pengambilan keputusan, yang terinci sebagai berikut:

• Tahap pengumpulan data meliputi: kegiatan pengumpulan data, pengklasifikasian dan pra-analisis. Data dibedakan menjadi data eksternal seperti; analisis pasar, analisis kompetitor, komunitas, pemasok, pemerintah, dan kelompok kepentingan tertentu) dan data internal seperti; laporan keuangan, laporan kegiatan SDM, laporan kegiatan operasional, dan laporan kegiatan pemasaran.

• Tahap Analisis merupakan tahap analisa dengan menggunakan model-model kuantitatif perumusan strategi, yang dibuat berdasarkan semua data dan informasi yang telah diperoleh. Sehingga analisis ini dapat dilakukan seobjektif mungkin.

• Tahap Pengambilan keputusan, merupakan tindakan menentukan hasil kajian dan keputusan strategi yang diambil berdasarkan kepada hasil analisis yang telah diakukan.

custom-form-newsletter


Penerapan Analisis SWOT

Berikut beberapa penerapan analisis SWOT pada usaha makanan bakso, diantaranya sebagai berikut:

1. Analisis Internal Produk, menganalisa faktor strength (kekuatan atau keunggulan) dan weakness (kelemahan atau kelemahan) dari internal usaha makanan bakso itu sendiri.

a. Strength (Kekuatan)

• Bakso merupakan salah satu makanan yang merakyat, disamping harganya murah bakso juga biasanya bebas akan bahan pengawet karena pembuatan dilakukan satu hari sekali langsung dijual.

• Sudah banyak tempat penjualan bakso dengan menggunakan konsep tempat nongkrong anak muda, disamping bakso bisa berjualan seperti nasi goreng, kopi bean, dan makanan-minuman yang lagi hits saat ini.

• Bisa menggunakan fasilitas seperti wifi, pembayaran dengan cashless sehingga menjadikan daya tarik orang untuk membelinya.

• Untuk memeriahkan penjualan bisa menggunakan konsep menarik seperti buy 1 get 1, voucher gratis dan lain-lainnya.

b.Weakness (Kelemahan)

• Banyak Pesaing usaha makanan bakso.

• Kurangnya kemampuan membuat bakso yang disukai banyak orang

• Modal untuk memulai usaha masih kurang

2. Analisis Faktor Eksternal Produk,upaya untuk melakukan identifikasi dan analisis terhadap berbagai faktor lingkungan luar perusahaan. Terbagi dalam faktor opportunity (peluang) dan threat (ancaman).

a. Opportunity (Peluang)

• Dengan daya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar.

• Belum banyak tempat makan Sederhana yang memasang Wifi.

• Jarangnya tempat nongkrong untuk anak muda yang biasanya mencari tempat yang memiliki akses Wifi.

• Jarang tempat nongkrong yang dapat menyediakan pembayaran secara cashless.

• Memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

b. Threat (Ancaman),

• Wifi terkadang memiliki gangguan jaringan.

• Harga bahan baku yang meningkat, otomatis harga bakso juga semakin mahal.

• Banyak pesaing yang mengikuti konsep yang telah kita buat.

Seperti itulah penjelasan mengenai analisis swot. Anda akan dipermudah dalam pembuatan laporan keuangan secara real-time sehingga Anda masih bisa fokus pada pengembangan bisnis biar urusan pengelolaan keuangan dikerjakan oleh software akuntansi.

Software akuntansi ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis Anda dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama Harmony Smart Accounting Solution yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/