Harmony Blog

5 Keuntungan dan Kekurangan Strategi Pasar Monopoli

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Persaingan di dalam dunia bisnis memang tidak bisa dihindari, sama seperti halnya persaingan pasar monopoli bukan? Di mana pebisnis ini dapat mempengaruhi pebisnis lain untuk meraih omzetnya sehingga mengalami kerugian.

Pada kenyataannya pasar monopoli adalah wadah atau tempat yang dapat menentukan segmen pasar bagi para penjual, di mana pasar tersebut hanya memiliki satu produsen yang akan menguasai pasarnya. Maka dari itu tujuan dari pasar monopoli ini yaitu dapat menguasai segala jenis penawaran yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Di sisi lain persaingan pasar monopoli ini konsumen tidak hanya mencari segi harga yang rendah saja, namun juga layanan produk yang berkualitas. Tetapi apabila konsumen tidak mendapatkan produk yang di inginkan dari salah satu penjual, maka akibatnya penjual di pasar monopoli ini akan mengalami kerugian serta dapat melakukan kecurangan.

Adanya pasar monopoli ini memberikan sebuah wadah pasar yang hanya dimiliki satu perusahaan saja, serta penjual lainnya tidak dapat memiliki barang pengganti yang mirip.

Mengenal Lebih Dalam Pasar Monopoli

Istilah pasar monopoli adalah sebuah pasar yang memberikan gambaran bahwa pasar tersebut memiliki satu penjual saja, yang bertujuan untuk memberikan seluruh penawaran produk kepada pembeli.

Maka dari itu kesimpulannya, bahwa di dalam karakteristik pasar monopoli ini memiliki kekuatan serta kekuasaan dalam menjual dan menguasai pasarnya. Sehingga dapat mendominasi terjadinya transaksi ekonomi kepada pembeli, dan pembeli akan merasa bahwa barang tersebut memang tidak dapat tergantikan atau menyerupai barang tersebut.

Oleh karena itu, dalam kondisi pasar tersebut penjual akan terus menguasai dan melakukan transaksi jual beli kepada konsumennya serta meraih omzet yang banyak.

Bagaimana Ciri-Ciri Pasar Monopoli?

Seperti pembahasan di atas mengenai pasar monopoli tersebut, untuk memudahkan dalam mengenal karakteristik pasar monopoli. Ada beberapa ciri-ciri pasar monopoli tersebut.

Pada ciri yang pertama ini merupakan sebuah perusahaan yang memiliki satu produsen di mana penjual tersebut menambah daya beli dari banyaknya konsumen. Hal ini terjadi karena pembeli terpaksa untuk membeli barang tersebut agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, walaupun harganya sangat tidak terjangkau.

Di sisi lain ciri pasar ini merupakan sebuah perusahaan baru yang akan menimbulkan sebuah hambatan. Di mana perusahaan ini menciptakan sebuah produk, atau layanan agar produsen tersebut dapat menentukan harga jualnya dan tidak ada barang dari pesaing lainnya.

Baca Juga : Mengenal Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

5 Keuntungan Dan Kekurangan Strategi Pasar Monopoli

Pasar merupakan salah satu tempat dalam bertransaksi jual-beli yang merupakan tempat para penjual. Maka dari itu ada 5 keuntungan dan kekurangan dari pasar monopoli tersebut :

Keuntungan Pasar Monopoli

1. Hanya Memiliki Satu Produsen

Keuntungan pasar ini yaitu tidak memiliki kompetitor dalam menjual barangnya, sehingga persaingan pasar juga dapat berkurang. Dilihat sisi positifnya bagi konsumen yaitu ketika monopoli ini juga dipegang oleh badan usaha milik negara, maka pemenuhan kebutuhan masyarakat juga adil dan merata.

2. Penjual Bebas Menentukan Harga Produknya

Keuntungan di dalam pasar ini sebagai produsen akan mempunyai peran dalam menentukan harga barangnya kepada pembeli, sehingga penjual tetap meraih keuntungannya. Namun produsen tidak dapat mempengaruhi harga dari produk lain, karena jenis produk tersebut berbeda dari yang dijual di pasaran bebas.

3. Adanya Kreativitas Dan Inovasi

Pada suatu pasar yang dikuasai oleh satu produsen atau beberapa penjual dari beberapa produk tersebut, maka penjual akan memperbarui kreativitas serta inovasi untuk menciptakan produknya yang baru.

Hal ini dikarenakan sebagai produsen khawatir jika nantinya perusahaan lain muncul, atau kompetitor dapat mempengaruhi produknya sehingga akan menimbulkan kerugian.

Untuk itu supaya konsumen tetap berlangganan kepada satu penjual tersebut, maka sebaiknya penjual tetap selalui memperbarui inovasi serta kreativitasnya untuk membuat suatu produk. Sehingga pembeli dapat tertarik dalam membeli barang dan tidak akan berpindah kepada penjual lainnya.

4. Pemberian Hak Cipta Atau Hak Paten

Munculnya pasar monopoli memberikan hak cipta atau hak paten atas ekuitas merek produk (branding equity) yang akan dijual, supaya dapat mengakui kepemilikan produk tersebut di dalam perusahaannya. Dengan demikian penjual juga akan bebas dan berkuasa untuk menentukan harga, serta menjual produknya di dalam pasar monopoli kepada konsumen.

5. Biaya Promosi Yang Dikeluarkan Tidak Banyak

Dikarenakan produsen tidak memiliki persaingan, maka penjual tidak perlu menambah biaya dalam melakukan promosi atau pemasaran serta melakukan inovasi secara teratur. Hal ini menambah keuntungan bagi penjual karena konsumen tetap memilih produk tersebut, dan pembeli tidak memiliki pilihan lain.

Selain itu ketika produsen atau penjual memiliki tanggung jawab kepada negara, maka keuntungannya tidak hanya masuk ke dalam perusahaan tetapi juga masuk ke kas negara seperti pembayaran pajak.

Baca Juga : Blue Ocean Strategy: Pengertian, Contoh dan Penerapannya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kekurangan Pasar Monopoli

1. Mendapatkan Rasa Ketidakadilan

Kekurangan dari pasar ini yaitu adanya rasa ketidakadilan dari penjual kepada pembeli, hal ini dikarenakan kekuatan produsen atau produk tersebut bersifat tetap dan tidak adanya saingan.

Terlebih lagi ketika di dalam pasar juga menimbulkan ketidakadilan terhadap sesama para penjual, yang hanya ingin mementingkan keuntungannya saja.

2. Menimbulkan Kecurangan Di Dalam Pasar Gelap

Ketika timbulnya rasa ketidakadilan, maka sebagai penjual mencari cara untuk menciptakan produknya di pasar gelap atau transaksi secara ilegal.

Transaksi seperti ini akan memberikan kebutuhan para pembeli untuk memenuhi gaya hidupnya, dengan harga yang terjangkau dari pada produk di pasar monopoli yang mahal dan sulit didapatkan.

3. Memanipulasi Kelangkaan Produk

Suatu ketika barang yang dijual sangat dibutuhkan oleh masyarakat, maka biasanya perusahaan akan memanfaatkan momen dimana dapat memanipulasi kelangkaan produknya sehingga harganya otomatis menjadi lebih mahal.

4. Memanfaatkan Karyawan Dan Konsumen Secara Berlebihan

Adanya pemanfaatan kepada konsumen dan karyawan terjadi karena perusahaan ingin memonopoli pasarnya untuk meraih keuntungan yang besar.

Sehingga perusahaan menaikkan harga yang lebih mahal dari harga pasarnya, akibatnya pembeli terpaksa untuk membayar produk yang lebih tinggi dikarenakan tidak adanya produk yang mirip.

Selain itu perusahaan juga dapat memanfaatkan karyawannya untuk tetap bekerja di jam kerja yang tinggi, dengan upah yang rendah.

5. Produsen Tidak Bekerja Secara Maksimal

Dikarenakan perusahan tidak takut kehilangan pelanggannya, maka perusahaan menjual produk atau jasa seadanya. Perlu diperhatikan konsumen membutuhkan produk yang berkualitas dan membayar harga yang layak untuk produk tersebut.

Ini yang menyebabkan produsen tidak bekerja secara maksimal. Tentu Anda boleh mengikuti pasar monopoli untuk mengembangkan usaha Anda. Namun sebaiknya tetap mengutamakan pelayanan yang terbaik.

Setelah menciptakan produk serta pasa monopoli bagi bisnis Anda, maka sebaiknya Anda juga melakukan pembukuan yang baik dan terencana. Sehingga Anda dapat mengetahui pencatatan di dalam laporan keuangan atas arus kas keuangan dan laba rugi bisnis Anda.

Namun bagaimana jika Anda mengalami kendala dalam melakukan pencatatan laporan stok barang secara manual, serta melakukan pembukuan yang rapi yang dapat merepotkan kondisi Anda dalam perhitungan barang.

Sebaiknya gunakanlah Harmony software sebagai bantuan Anda yaitu software pembukuan akuntansi dimana Anda hanya perlu memilih metode persediaan yang cocok lalu segala perhitungannya akan otomatis dilakukan oleh sistem.

Software Akuntansi Harmony juga memiliki fitur pengelolaan stok yang lengkap seperti pencatatan bahan baku, fitur simple manufacturing, bantuan untuk stock opname dan fitur lainnya. Anda bisa mencobanya secara Gratis selama 30 hari disini.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service.

Dalam mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony