Blue Ocean Strategy: Pengertian, Contoh dan Penerapannya
Harmony Blog
Marketing
Blue Ocean Strategy: Pengertian, Contoh dan Penerapannya
June 25, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Mendengar transportasi online mungkin Anda langsung terlintas dengan asal mula fenomena Go-Jek pada tahun 2010, yang mana saat ini transportasi online tersebut kian menjamur di negara Indonesia. Pendiri Go-jek Nadiem Makarim mencoba menerapkan blue ocean strategy untuk bisa menciptakan aturan pasar sendiri serta membuat kompetisi sendiri dan membuat blue ocean menjadi strategi bisnis paling ampuh diterapkan saat itu.

Keberhasilan penerapan blue ocean yang dicetus oleh Nadiem Makarim sangat memberikan dampak besar bagi perekonomian Indonesia. Selang dua tahun berikutnya barulah pada tahun 2012 munculnya pesaing baru Go-Jek yaitu Grab yang dicetus oleh Anthony Tan asal Malaysia.

Seperti dilansir dari media berita online cnbcindonesia.com tanggal 28 Desember 2019, kini persaingan keduanya menjadikan super aplikasi yang tersebar di asia tenggara dan mulai berekspansi ke lini bisnis yang baru seperti jasa pengiriman makanan (food delivery) dan pembayaran digital (digital payment). Kali ini akan dibahas mengenai pengertian, contoh dan penerapan dari blue ocean strategy. Simak terus artikel ini.

“Blue Ocean Strategy merupakan upaya pengembangan perusahaan dengan menciptakan pasar dan aturan main sendiri.”

Pengertian Blue Ocean Strategy

Menurut Wikipedia.org, menjelaskan strategi samudera biru, atau lebih populer dengan istilahnya dalam Bahasa Inggris, Blue Ocean Strategy, adalah strategi yang menantang perusahaan untuk keluar dari samudra merah persaingan berdarah dengan cara menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, sehingga kata kompetisi pun menjadi tidak relevan.

Menurut Kim dan Maugborgne (2005:26), dalam penelitiannya berjudul “value innovation: a leap into the blue ocean” menjelaskan blue ocean strategy adalah cara strategi perusahaan yang menciptakan pasar yang tidak terbantahkan ruang yang membuat kompetisi tidak relevan. Dengan mengandalkan studi pada 150 perusahaan dalam 30 industri lebih dari 100 tahun dan beralasan adanya dua jenis pasar yakni red ocean dan blue ocean.

Menurut Rostami dan Ehtehsami Akbari (2011:223), dalam penelitiannya berjudul “the blue ocean strategy” menerangkan dalam sebuah analogi untuk menggambarkan luas-dalamnya ruang pasar yang potensial yang belum dikaji lebih dalam.

Dari ketiga pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa blue ocean strategy adalah strategi perusahaan dengan menciptakan segmen pasar baru belum dilakukan oleh pesaing lain agar mampu membuat kompetisi baru dengan jenis pasar yakni red ocean dan blue ocean.

Dalam bisnis strategi ini menunjang konsep marketing communication dengan memodifikasi atau inovasi suatu produk baru sampai memberikan layanan kepada konsumen setelah penjualan (after sales) sehingga dapat meningkatkan konversi penjualan dan meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan.

Baca Juga : 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan

Prinsip Blue Ocean Strategy

Adapun beberapa kerangka pemikiran yang dijadikan prinsip dalam melakukan strategi ini diantaranya sebagai berikut:

Prinsip 1 : Menetapkan Segmen Pasar

Sebelum melakukan blue ocean strategy Anda harus dapat menetapkan batasan-batasan pasar sehingga Anda mengetahui target pasar yang sesuai dengan produk yang kita akan kembangkan nanti. Anda bisa mempelajari produk pesaing saat ini dan mencari kesulitan apa yang mereka alami sehingga kesulitan tersebut menjadi poin penting inovasi yang akan kita kembangkan nanti.

Prinsip 2 : Mulailah Membuat Kanvas Strategy

Membuat kanvas strategy bukan membuat besaran angka atau statistik dalam strategy melainkan Anda harus membuat gambaran secara besar atau luas sehingga akan mudah dalam membaca strategy yang akan dikembangkan. Anda bisa menggunakan beberapa jenis kanvas strategy seperti kanvas peta pioneer-migrator-settler (dikenal dengan peta P-M-S).

Prinsip 3 : Membuat Tingkatan Konsumen

Membuat tingkatan konsumen Anda bisa dilakukan dengan pembagian 3 tingkatan konsumen seperti tingkatan pertama itu untuk konsumen yang hanya sementara menggunakan produk yang ditawarkan pasar saat ini karena kebutuhan mendesak sambil mencari solusi yang lebih baik. Tingkatan kedua ditujukan untuk konsumen yang menolak tidak menggunakan produk. Dan tingkatan ketiga ditujukan konsumen yang tidak dianggap sebagai konsumen potensial.

Prinsip 4 : Mengatasi Rintangan Eksekusi Strategy

Dalam melakukan eksekusi strategy pastikan akan menghadapi banyak rintangan seperti sumber daya yang terbatas, rintangan dari kepentingan diluar perusahaan dan rintangan staf yang tidak kualifikasi yang cocok untuk melakukan eksekusi strategy tersebut.

Prinsip 5 : Sikap dan Perilaku Eksekusi Strategy

Diperlukan komitmen dan kepercayaan yang tinggi terhadap staff yang akan melakukan eksekusi strategy sehingga terciptanya suasana yang mendukung dalam pelaksanaan eksekusi strategy.

Kelebihan dan Kekurangan Blue Ocean Strategy

Adapun beberapa yang menjadi kelebihan dan kekurangan blue ocean strategy dengan memiliki kelebihan seperti penetapan harga jual tidak dipengaruhi oleh kompetitor dalam red ocean, dapat meningkatkan kualitas produksi perusahaan dan mempertahankan perusahaan bila terjadi krisis ekonomi.

Sedangkan kelemahan dari blue ocean strategy seperti adanya investasi besar untuk memulai bisnis blue ocean ini, belum memiliki konsumen yang baru, perlunya pendidikan atau edukasi kepada orang-orang penunjang bisnis blue ocean.

custom-form-newsletter


Contoh Blue Ocean Strategy Pada Perusahaan yang Menerapakannya

Adapun beberapa contoh beberapa perusahaan lainnya sebagai berikut:

Bank BCA

Mendengar bank BCA mungkin saat ini sudah menjadi bank customer banking no 1 di Indonesia. Hal tersebut disebabkan bank BCA merupakan contoh blue ocean strategy, dimana sudah banyak strategy yang dikeluarkan berawal dari BCA hingga saat ini semua bank mengikutinya seperti tabungan berhadiah, memperbanyak jaringan ATM membuat nasabah BCA menjadi lebih loyalitas dan itu merupakan konsep pemasaran yang efektif dalam dunia perbankan.

Selain itu BCA memberikan kemudahan dalam bertransaksi dengan mesin EDC dan bertransaksi diluar jam operasional bank. Dan beberapa tahun terakhir BCA mulai mengembangkan internet banking dan payment system kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti indomart, alfamart dan masih banyak lainnya.

Yamaha Mio

Contoh berikutnya adalah Yamaha Mio. Mungkin diawal tahun 2000 perusahaan honda dengan motor bebeknya masih mendominasi di pangsa pasar kendaraan roda dua di Indonesia selama bertahun-tahun. Hingga pada akhirnya perusahaan Yamaha mengeluarkan contoh blue ocean strategy dengan mengeluarkan motor jenis mio matik tahun 2003.

Pada saat itu jenis motor matik ini langsung booming menjadi primadona mampu menggeser pesaingnya. Hingga pesaingnya perusahaan honda mengeluarkan motor jenis vario matik tahun 2006 untuk menjaga persaingan dengan perusahaan yamaha dengan mio matiknya.

Wardah

Contoh yang terakhir adalah kosmetik wardah. Mungkin bagi wanita Indonesia kosmetik wardah menjadi pelopor produk kosmetik yang berhasil memberikan nilai keagamaan dalam kehalalan produknya. Wardah juga berhasil menempatkan demografi wanita Indonesia yang mayoritas muslim.

Selain itu juga dengan adanya kosmetik wardah bermunculan produk-produk kosmetik multinasional masuk ke pasar lokasl seperti Emina, Zoya cosmetic dan L’Oreal. Wardah memperbanyak cabang wardah store disini pelanggan tidak hanya membeli produk wardah saja melainkan mendapatkan layanan kecantikan lainnya seperti pijat tubuh, facial wajah dan lain-lain.

Dari beberapa contoh diatas merupakan contoh blue ocean strategy yang berhasil diterapkan dalam dunia nyata. Strategy ini diawali kejeliat melihat peluang potensi pasar agar perusahaan tetap dapat meningkatkan profit dan keuntungan perusahaan.

Untuk menghitung omset dan profit Anda membutuhkan alat bantu seperti software akuntansi. Dengan adanya software akuntansi Anda dapat bisa fokus pada pengembangan bisnis biar urusan pengelolaan keuangan dikerjakan oleh software akuntansi.

Software akuntansi ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis Anda dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama “Harmony Smart Accounting Solution” yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/