Harmony Blog

5 Keuntungan Bagi Perusahaan Menggunakan Sistem ERP

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

sistem erpPin

Sebagian besar pemilik bisnis mungkin pernah mendengar istilah sistem ERP. Tetapi mungkin juga banyak yang belum tahu mengenai keuntungan dari menjalankan sistem ERP tersebut. Dengan boomingnya teknologi cloud computing saat ini membuat penggunaan sistem ERP juga semakin meningkat. Karena hanya membutuhkan jaringan internet untuk mengakses aplikasi atau program yang menggunakan teknologi cloud.

Banyaknya keuntungan dalam sistem ERP membuat sistem ini sangat diminati oleh perusahaan dalam rangka menciptakan manajemen kerja yang terintegrasi dan hasil yang optimal.

Saat ini sistem ERP banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk membantu mengembangkan usaha mereka. Sistem ini digunakan untuk banyak hal seperti menjalankan proses produksi, membantu mengontrol penjualan, mengelola keuangan sampai dengan melakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan.

Lalu apa saja keuntungan yang didapat oleh perusahaan jika menggunakan sistem ERP? Sebelum membahas hal ini maka Anda harus tahu dulu apa pengertian dan tujuannya. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian ERP

Sistem ERP adalah suatu konsep merencanakan dan juga mengelola sumber daya dari perusahaan berupa paket aplikasi program yang saling terintegrasi dan multi modul. Dimana modul tersebut dirancang untuk mampu melayani dan mendukung berbagai macam fungsi di dalam perusahaan sehingga lebih efisien dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen .

Secara harafiah ERP sendiri terdiri dari 3 kata yaitu enterprise (perusahaan atau organisasi), resource (sumber daya) dan planning (perencanaan). Dari definisi itu bisa disimpulkan bahwa sistem ERP menitikberatkan pada aspek perencanaan dalam suatu perusahaan atau organisasi menggunakan sumber daya dari dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Sistem ini memfokuskan agar semua divisi saling terintegrasi agar kolabroasi dalam bekerja bisa berjalan dengan baik.

Tujuan Sistem ERP

Tujuan penggunaan sistem ERP adalah agar dapat menghasilkan nilai tambah (value added) dan memberikan keuntungan maksimal bagi semua pihak yang berkepentingan atas perusahaan atau organisasi. Tentunya dengan penerapan ERP akan memudahkan pekerjaan yang ada dan meringankan beban manajemen perusahaan dalam menetapkan kebijakan strategis. Terlebih disaat pandemi Covid-19 seperti saat ini banyak pemilik bisnis yang harus berjuang lebih keras dalam menjalankan usaha mereka. Terkadang bukan untuk meraih keuntungan tetapi bagaimana mereka bisa bertahan dimasa sulit ini.

Baca juga : 8 Pertanyaan Penting Pemilik Bisnis di Tengah Wabah Covid-19

Keuntungan Menggunakan ERP

Seperti pada kebanyakan sistem lainnya, kelebihan dan kekurangan sistem ERP merupakan satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Kekurangan sistem ERP adalah harga yang mahal dan adaptasinya membutuhkan waktu lama. Sedangkan kelebihan atau keuntungannya bagi perusahaan yang menggunakan sistem ini cukup banyak yaitu :

1. Mempunyai Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi yang Lebih Baik

Dengan menggunakan sistem ERP maka perusahaan akan mempunyai perencanaan dan manajemen sistem informasi yang lebih baik. ERP bisa membantu dalam mengatur agar sumber daya seperti manusia, material dan mesin lebih tepat dan maksimal dalam bekerja. Selain itu ERP bisa memberikan laporan yang akurat kepada manajemen sebagai dasar untuk mengambil keputusan.

2. Bisa Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Selain menyediakan perencanaan dan manajemen sistem informasi yang lebih baik, sistem ERP juga dapat meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin operasional perusahaan. Aktivitas itu meliputi pemesanan, pengiriman, kinerja supplier, manajemen gudang, manajemen kualitas, manajemen kas, dan realisasi penjualan.

Penggunaan ERP akan membuat siklus waktu penjualan ke kas dan pembayaran ke supplier pun dapat dipersingkat. Dengan begitu maka secara otomatis produktivitas perusahaan akan meningkat. Dalam dunia industri, efisiensi dan produktivitas merupakan hal yang penting oleh karena itu sistem ini merupakan bagian dari revolusi industri 4.0 yang wajib diterapkan oleh perusahaan-perusahaan manufaktur dan sejenisnya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Integrasi Bisnis dan Akurasi Data yang Lebih Baik

Keuntungan lain dalam penggunaan sistem ERP adalah perusahaan bisa mengetahui perubahan pada setiap modul dan submodul karena pembaharuan dalam program bersifat real time. Selain itu, program juga bisa meminimalisasi duplikat atau pencurian data yang biasanya disebabkan oleh kesalahan pengguna. Dengan ERP, maka integrasi bisnis akan berjalan lebih baik dan keakuratan data dalam laporan perusahaan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Menyempurnakan Kolaborasi

Dalam menjalankan sistem biasanya tidak terlepas dari human error dan perbedaan karakter karyawan yang bisa menyebabkan konflik dalam bekerja. Tetapi dengan menggunakan sistem ERP maka kolaborasi akan lebih sempurna sehingga perselisihan yang mungkin terjadi antar divisi bisa diminimalisir. Dengan laporan detail dan real time, kesalahan-kesalahan dalam penginputan data bisa terlihat dengan jelas sehingga bisa segera mencari solusi untuk permasalahan yang timbul.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan perusahaan karena tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari kesalahan serta menyelesaikan konflik yang terjadi. Manajemen bisa lebih memfokuskan diri untuk melakukan pengembangan bisnis.

5. Membentuk SOP yang Lebih Baik

Dengan menggunakan sistem ERP maka pekerjaan yang ada akan menjadi lebih terstruktur sehingga Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berhubungan dengan pekerjaan itu bisa dibuat menjadi lebih baik. SOP yang baik akan membuat karyawan bekerja lebih optimal karena mereka jadi tahu persis langkah dan detail dalam pekerjaan mereka.

Jika memiliki SOP yang baik maka manajemen bisa mengukur nilai Key Performance Indikator (KPI) para karyawan. Sehingga manajemen bisa mengevaluasi kinerja karyawan apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan. Dari KPI dan hasil evaluasi disarankan manajemen menyediakan reward bagi karyawan yang berprestasi.

Itulah 5 keuntungan yang bisa didapatkan dalam menggunakan sistem ERP dalam perusahaan. Dilihat dari tujuan dan keuntungannya maka bisa disimpulkan bahwa sistem ERP sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan produk atau jasa dan bisnis offline maupun online. Jadi bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis sarankan untuk menerapkan sistem ERP pada usaha Anda.

Walau sistem ERP identik digunakan oleh perusahaan besar tetapi ada beberapa aplikasi yang merupakan bagian dari ERP dengan harga sangat terjangkau. Salah satu aplikasi tersebut adalah aplikasi akuntansi online Harmony yang menggunakan teknologi cloud sehingga data Anda aman tersimpan serta pembukuan usaha bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

Harmony sangat praktis dan mudah digunakan walaupun untuk orang yang tidak memiliki background akuntansi. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan usaha mereka sehingga para pebisnis tersebut bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnisnya. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa mempermudah mengelola keuangan usaha Anda.

Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar disini.  Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk, maka Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Harmony dengan harga terjangkau. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK