Harmony Blog

Cloud Computing : Apa Itu, Cara Kerja dan Kelebihannya Bagi Bisnis

Diupdate Feb 24th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

cloud computingPin

Sebagian dari kita pasti pernah mendengar istilah cloud computing. Beberapa tahun belakangan istilah ini sering digunakan dalam dunia teknologi bahkan positioningnya sangat bagus, ini terbukti dengan banyaknya aplikasi yang menggunakan teknologi ini. Tidak hanya perusahaan besar, UKM pun banyak yang memanfaatkan teknologi ini dalam menjalankan bisnisnya.

Teknologi cloud computing membawa dampak positif yang besar dalam kehidupan manusia dan dunia bisnis.

Teknologi cloud computing membuat banyak pekerjaan menjadi mudah dan hemat karena tidak perlu menggunakan infrastruktur yang besar. Dengan menggunakan teknologi ini perusahaan dapat meminimalisir biaya pengeluaran karena dalam penerapannya hanya membutuhkan jaringan internet. Contoh cloud computing dalam dunia bisnis adalah E-Commerce, Aplikasi Kasir, Aplikasi Penjualan, Aplikasi Akuntansi dan lain sebagainya.

Pengertian Cloud Computing

Istilah cloud computing diambil dari kata cloud yang dalam bahasa Inggris berarti awan dan kata computing yang menunjuk kepada komputer. Awan menggambarkan bahwa proses yang terjadi ada dalam server di suatu tempat, dimana lokasi server tersebut tidak menjadi batasan untuk mengakses data atau aplikasi yang dipakai. Pengguna bisa mengakses data atau aplikasi dimanapun dan kapanpun.

Cloud computing adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet dan fungsi dari pengolahan itu untuk menjalankan program melalui perangkat komputer yang ada seperti PC, Laptop atau Smartphone. Secara praktis penjelasannya adalah cloud computing merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan menjalankan aplikasi para penggunanya.

Berikut diagram untuk menjelaskan proses cloud computing.

Image 56Pin

Cara Kerja Cloud Computing

Teknologi cloud computing sangat praktis karena tidak memerlukan instalasi untuk menggunakan suatu aplikasi. Proses yang terjadi pada aplikasi ada di dalam server dimana aplikasi itu disimpan, pengguna hanya perlu mempunyai koneksi internet dalam mengakses aplikasi tersebut.

Dalam pengunaannya, jika pengguna mengakses program dan memberikan instruksi pada program maka data tersebut akan langsung diproses. Setelah itu pengguna akan menerima halaman atau fungsi yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diberikan sebelumnya.

Apabila ada update aplikasi dari perusahaan penyedia program maka update juga dilakuan di server tersebut. Hasil dari update tersebut akan langsung terlihat oleh pengguna aplikasi itu tanpa memerlukan waktu yang lama atau sering disebut juga real time. Hasil instan ini sangat disukai oleh pengguna yang merupakan bagian dari perilaku konsumen zaman sekarang yang selalu menginginkan kecepatan dalam pelayanan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kelebihan Cloud Computing

Cloud computing memiliki beberapa kelebihan , antara lain :

1. Keamanan Data Sangat Terjamin

Teknologi ini sudah didesain dengan tingkat keamanan yang tinggi, khususnya yang dibuat oleh perusahaan besar. Data tersimpan aman di server pada suatu lokasi dan bisa dibackup (disimpan sebagai cadangan) setiap hari. Jadi kemungkinan kehilangan data sangat kecil dan apabila hal itu terjadi, perusahaan penyedia program bisa menggunakan data yang dibackup sebelumnya.

2. Server Menjadi Pusat Media Penyimpanan

Data pada cloud computing terpusat di satu server sehingga memudahkan penggunaan aplikasi yang akan dipakai. Pengguna tidak perlu repot menyiapkan media penyimpanan atau kabel jaringan dalam melakukan menggunakan aplikasi tersebut. Layanan ini juga memudahkan perusahaan penyedia program dalam mengupdate atau memperbaiki aplikasinya karena hanya membutuhkan komputer (PC atau Laptop) dan jaringan internet.

3. Tahan Lama dan Lebih Murah

Karena tidak memerlukan media penyimpanan seperti hardisk atau flashdisk maka data yang ada di dalam cloud bisa disimpan sangat lama. Pengguna teknologi clud ini juga tidak perlu repot membawa media penyimpanan tersebut dalam bekerja. Selain itu harga aplikasi yang menggunakan teknologi pada cloud computing cenderung lebih murah dari sistem instalasi.

Harga murah pada teknologi ini juga menjadi salah satu penyebab banyak pebisnis yang mengubah konsep bisnisnya dari offline menjadi online. Hal ini seiring dengan pertumbuhan pengguna atau customer yang mencari produk dan berbelanja menggunakan internet. Hal ini sering disebut dengan istilah Go Online dan Go Digital.

Bisa disimpulkan bahwa cloud computing membawa dampak positif yang besar dalam teknologi komputer. Penggunaannya menjadi terobosan baru dalam kehidupan manusia dan dunia bisnis. Banyak jenis bisnis baru yang bermunculan karena teknologi ini. Salah satu produk yang menggunakan teknologi ini adalah Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang praktis dan mudah digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Dengan menggunakan Harmony maka laporan keuangan usaha Anda bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun. Coba Harmony GRATIS 30 hari dengan mendaftar disini.

Harmony juga menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan dan analisanya. Bagi pebisnis yang memerlukan jasa tersebut bisa melihatnya di Harmony Accounting Service. Ikuti update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony