Apa yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Evaluasi Kinerja Karyawan?
Harmony Blog
Business
Apa yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Evaluasi Kinerja Karyawan?
September 1, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Salah satu evaluasi kinerja karyawan menjadi cara yang tepat untuk memberikan penilaian atas hasil kinerja dan etika bisnis dalam masing-masing karyawan selama bekerja. Sebab hal inilah yang membuat cara penilaian ini semakin sering dilakukan di berbagai macam perusahaan.

Dalam perusahaan yang menjalankan aktivitas bisnisnya sehari-hari pastinya diisi oleh belasan, puluhan, ratusan, bahkan ribuan karyawan yang saling bahu membahu untuk bekerja dan berkontribusi dengan baik bagi tempat mereka bekerja.

Evaluasi kinerja karyawan yang baik tentunya memiliki sebuah hasil kinerja yang optimal setiap bulannya dan mampu mencapai target yang telah ditentukan.

Sebuah perusahaan, pastinya pihak manajemen juga perlu melakukan penilaian terhadap evaluasi kinerja para pegawainya. Dilakukannya evaluasi kinerja ini agar bisa melihat sisi positif dan juga sisi negatif atau stagnansi dalam bisnis.

Dan apabila kinerja karyawan memiliki banyak sisi positif terhadap perusahaan, maka sisi positif tersebut akan selalu di pertahankan dan semakin lebih dikembangkan lagi. Sedangkan apabila terdapat sisi negatif dari kinerja karyawan, maka sisi negatif tersebut harus di buang, dan harus bisa memperbaiki sisi negatif tersebut.

Evaluasi kinerja karyawan sangat penting bagi perusahaan untuk dapat menjadikan perusahaan lebih berkembang. Selain kinerja karyawan ada hal yang tak kalah penting dan harus di perhatikan adalah kinerja laporan keuangan. Apa yang terjadi jika laporan keuangan yang perusahaan miliki tidak sesuai dengan apa yang sudah ada hasilkan?

Penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan keuangan perusahaan dengan teliti dan benar. Kami akan memberikan solusi bagi Anda. Untuk membereskan segala laporan keuangan dengan cepat dan dengan hasil yang memuaskan, Anda dapat memulainya dengan menggunakan Harmony Accounting Service.

Harmony Accounting Service merupakan sebuah jasa akuntansi pembukuan online untuk membantu para pengusaha atupun karyawan yang sibuk setiap harinya dan memerlukan waktu yang cepat dalam menyelesaikannya.

Gunakan layanan terbaik Harmony untuk mendapatkan pembukuan yang mudah dan cepat setiap bulan nya dengan menggunakan harmony accounting services.

Yang Harus Diperhatikan Saat melakukan Evaluasi Kinerja Karyawan

Dalam melakukan evaluasi kinerja karyawan, adapun yang harus Anda perhatikan dalam melakukan nya. Berikut hal yang harus Anda perhatikan :

1. Melakukan Sebuah Perencanaan

Dalam melakukan sebuah evaluasi kinerja karyawan,  terlebih dahulu harus dimulai dengan suatu perencanaan. Perencanaan, biasanya disusun pada awal tahun untuk rencana satu tahun kedepan nya. Dalam tahap ini diambil dalam upaya penyusunan sasaran kinerja karyawan dan kompetensi apa yang diharapkan oleh perusahaan untuk setiap karyawan.

Dan selain itu harus dipertimbangkan hal-hal apa saja yang harus menjadi standar dalam penilaian kinerja agar penilaian menjadi ideal. Maka untuk mencapai penilaian yang ideal tersebut maka penilaian haruslah objektif. Sebuah penilaian yang objektif ini merupakan penilaian berdasarkan standar-standar acuan yang sudah disetujui dan nilainya sesuai dengan tingkat pencapaian.

Dalam tahap ini juga sudah harus ditentukan sistem atau metode evaluasi kinerja apa yang akan dipakai. Namun secara umum, ada empat metode yang digunakan dalam penilaian kinerja karyawan yaitu Behavior Appraisal System (tingkah laku), Personal / Performer Appraisal System (ciri dan sifat individu), Result Oriented Appraisal System (hasil kerja), dan Contingency Appraisal System (kombinasi ketiganya).

2. Melakukan penyusunan Data dan Bahan

Ketika pemimpin melakukan sebuah evaluasi kinerja karyawan, tentunya pemimpin terlebih dahulu harus memiliki karakter pemimpin yang dapat di jadikan teladan bagi tiap karyawan nya.

Lalu ketika Anda sudah memiliki karakter yang baik dan patut sebagai contoh bagi karyawan Anda, maka Anda dapat melakukan sebuah perencanaan, langkah berikutnya adalah Anda dapat melakukan sebuah penyusunan data seperti laporan kerja, catatan perusahaan, dan data-data lain yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan.

Dan setelah itu data-data yang sudah dikumpulkan dijadikan sebagai bahan penilaian,baik itu manajer, pimpinan, kepala devisi, dan yang lain nya untuk berdiskusi dalam melakukan penyusunan bahan yang diperlukan dalam melakukan evaluasi kinerja.

Bahan penilaian yang sudah disiapkan merupakan bahan yang terstruktur, terukur, realistis, tidak rumit, dan memiliki sebuah kekuatan nilai di dalam nya. Sebuah standar kinerja yang ditetapkan juga berdasarkan posisi dan jabatan karyawan agar para karyawan lebih mudah menjabarkan penilaian nya berdasarkan tanggung jawab yang dimiliki oleh masing-masing karyawan.

Baca Juga : 12 Tips Sukses Menjalankan Meeting Online Secara Efektif

custom-form-newsletter


3. Melakukan Sebuah Pelaksanaan

Dalam tahap pelaksanaan ini lah merupakan sebuah tahap untuk memantau segala evaluasi kinerja yang telah diberikan. Dan biasanya, dalam pelaksanaanya akan ada proses review baik tiap bulan atau pun pada tengah tahun. Dan contoh evaluasi kinerja dalam pelaksanaan tersebut bisa berupa pemberian coaching ( pembinaan ) dari atasan kepada karyawan.

Maka dari itu, dalam tahap pelaksanaan ini perlu komunikasi bisnis yang baik dan jelas antara atasan dan bawahan agar tidak terjadinya kesalahpahaman dalam melaksanakan evalusi kinerja karyawan. Dan atasan sangat berperan dalam memberikan arahan dan teguran terhadap karyawan, agar pada langkah pelaksanaan tersebut dapat sesuai dengan tujuan yang telah dibuat dan segala perencanaan dapat tercapai.

4. Memberikan Penilaian dan Review

Setelah pelaksanaan tersebut sudah dilakukan, maka saat nya melakukan sebuah penilaian di tiap akhir tahun pelaksanaan. Dalam tahap penilaian ini membutuhkan komunikasi yang intens mengenai review dari seluruh proses pelaksanaan kinerja yang sudah dilakukan. Dan peran pemimpin lah yang dapat memberikan penilaian dan berdiskusi dengan melihat dari berbagai sudut pandang dan kondisi.

Dalam tahap penilaian ini dilakukan dengan melihat hasil dari kinerja karyawan dari standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Seperti contoh Anda bekerja di departemen produksi dari suatu perusahaan. Selama satu tahun terakhir, perusahaan sering menerima complain dari para pelanggan.

Banyak pelanggan mengalami keterlambatan dalam penerimaan order barang pesanan. Anda diminta oleh atasan untuk mengadakan case analysis atas complain yang sering dilontarkan oleh para pelanggan tersebut. Sasaran dari analisis kasus ini adalah berusaha menyingkap, mengapa keterlambatan pesanan bisa sering terjadi sehingga upaya-upaya perbaikan bisa segera dilakukan.

Dan hasil dari evaluasi kinerja karyawan tersebut di jadikan sebagai perbandingan sebagai alat untuk mengidentifikasikan evaluasi kinerja karyawan apakah sudah sesuai dengan target yang di inginkan atau belum sesuai dengan target yang di inginkan oleh perusahaan.

5. Membuat Laporan Hasil

Setelah Anda sudah melakukan langkah-lankah yang sudah di jelaskan di atas. Maka langkah selanjuntnya adalah membuat laporan yang berisikan hasil dari evaluasi kinerja karyawan tersebut. Dan setelah hasil yang sudah di sepakati oleh pemimpin keluar, maka Anda dapat memberikan hasil dari laporan tersebut ke tiap masing-masing karyawan yang sudah Anda evaluasi kinerjanya, agar mereka dapat mengetahui penilaian yang di berikan atasan terhadap aktivitas yang dilakukan selama melakukan pekerjaan.

Dan hasil evaluasi kinerja tersebut dapat menjadi bahan bagi mereka untuk meningkatkan lebih lagi sebuah kinerjanya terhadap perusahaan dimana mereka bekerja.

Sudah di jelaskan di atas mengenai kriteria dan tahapan dalam penilaian kinerja karyawan yang efektif, dibutuhkan sebuah metode yang sistematis untuk dapat menilai prestasi kerja setiap karyawan dalam perusahaan.

Didalam suatu perusahaan, mengetahui penilaian kinerja karyawan yang efektif sangat penting untuk meningkatkan produktivitas karyawan maupun perusahaan, sehingga penilaian kinerja tidak lagi menjadi kegiatan sia-sia.

 Namun selain memperhatikan evaluasi kinerja karyawan, tentunya Anda juga perlu memperhatikan kondisi keuangan Anda. Apakah karyawan Anda mengerjakan laporan keuangan dengan baik dan benar, atau karyawan Anda jarang untuk memperhatikan laporan keuangan perusahaan tersebut.

Jika karyawan Anda selalu mengalami kesalahan dan teguran dengan kinerja nya dalam membuat sebuah Laporan keuangan. Anda perlu mempertanyakan, apakah kendala dan kekurangan dari mengerjakan laporan keuangan tersebut. Jika selalu terjadi kesalahan dalam membuat laporan keuangan, Anda dapat beralih dengan menggunakan Software Akuntansi Harmony.

Harmony merupakan software akuntansi online yang memudahkan bisnis Anda dalam mengelola sistem informasi akuntansi dan kebutuhan akuntansi lainnya, sehingga waktu yang Anda tidak terbuang sia-sia. Harmony menyediakan software akuntansi dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan walau Anda tidak memiliki background sebagai akuntan sekalipun.

Dan Harmony sudah membantu banyak perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam membereskan pembukuan secara akurat dan realtime. Ingin mencoba Harmony? Silahkan daftar Gratis 30 Hari disini.

Dan bagi Anda yang ingin mengetahui mengenai seputaran keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjugi melalui Facebook, Instagram, dan Linkedin Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/