5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Bisnis Perikanan
Harmony Blog
Business
5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Bisnis Perikanan
August 31, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Bisnis perikanan memang merupakan bisnis yang cukup menantang. Karena selain dipengaruhi oleh faktor alam juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah dan sosial masyarakat. Tetapi walau sangat menantang, bisnis perikanan selalu eksis dari puluhan tahun silam.

Fakta bahwa kemajuan teknologi dan era informasi saat ini sangat mendukung bisnis perikanan adalah sesuatu yang tidak bisa dipungkiri.

Berdasarkan kegiatan usahanya jenis usaha perikanan dibagi menjadi 5 yaitu kegiatan penangkapan ikan, pembudidayaan ikan, pengangkutan ikan, pengolahan ikan dan pemasaran ikan.

Dengan mengetahui hal-hal dalam bisnis perikanan yang harus Anda perhatikan diharapkan usaha perikanan akan lebih mudah dijalankan.

Apakah Anda tertarik untuk menggeluti bisnis perikanan? Mari tonton video kisah pembudidaya ikan lele asal Cirebon yaitu Pak Suganda dibawah ini agar bisa menjadi inspirasi Anda sebagai contoh usaha perikanan yang sukses.

Bagi Anda yang mau menggeluti bisnis perikanan, maka harus tau semua tentang hal yang berhubungan dengan bisnis ini. Kegiataan itu termasuk operasional, peralatan sampai dengan konsep pemasarannya.

Sederhananya adalah Anda harus mempunyai blue ocean strategy sebelum memutuskan untuk menggeluti suatu bidang bisnis agar kemungkinan sukses di bisnis tersebut lebih tinggi.

Berikut adalah 5 hal yang harus Anda perhatikan dalam bisnis perikanan secara umum.

1. Pra-Produksi

Pra-Produksi dalam bisnis perikanan adalah proses atau kegiatan sebelum menghasilkan ikan yang berasal dari penangkapan maupun pembudidayaan ikan. Perhatikan hal-hal seperti  lokasi, peralatan, peraturan pemerintah, bahkan juga musim atau cuaca.

Ditahap ini juga sebaiknya Anda memikirkan tentang segmen pasar untuk penjualan ikan Anda. Penjualan ikan ternak (tambak) dan ikan laut segmennya berbeda begitu juga dengan jenis ikannya.

Baca juga : Langkah-langkah Dalam Menentukan Segmen Pasar Untuk Bisnis Anda

custom-form-newsletter


2. Produksi

Produksi dalam bisnis perikanan adalah proses atau kegiatan menghasilkan ikan yang berasal dari penangkapan ikan atau pembudidayaan ikan. Dalam tahap produksi ini adalah proses pemeliharan ikan ditambak dari bibit sampai panen atau penangkapan ikan dilaut.

3. Pasca-Produksi

Sedangkan Pasca-Produksi dalam bisnis perikanan maksudnya adalah proses atau kegiatan penangganan ikan setelah produksi yang meliputi :

• Kegiatan penangganan ikan diatas kapal sebelum diolah atau dipasarkan (penangkapan ikan).

• Kegiatan penangkapan ikan hidup, ikan segar, atau pengemasan telur, benih, dan induk setelah panen sebelum diolah atau dipasarkan (pembudidayan ikan).

Pada periode ini sudah berbicara tentang standar operasional prosedur (SOP) yang harus dijalani. Harus ada SOP dari hulu ke hilir dalam proses ini agar pekerjaan yang dihasilkan seusai dengan harapan pemilik bisnis.

4. Pengolahan

Pengolahan disini adalah rangkaian kegiatan perlakuan dari bahan baku ikan sampai menjadi produk akhir atau produk jadi. Disini sudah berbicara tentang manfaat perikanan seperti untuk dijual ke restoran, pengepul atau pedagang pasar, atau juga diolah sendiri menjadi produk seperti makanan ringan dan lain sebagainya.

Pada tahap ini, Anda juga sudah harus membuat tentang strategi marketing communication bagaimana produk jadi ini bisa diterima masyarakat dan laris terjual.

5. Pemasaran

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam bisnis perikanan adalah tentang pemasarannya. Pemasarannya mencakup memasarkan ikan dan produk olahannya mulai dari merencanakan, menentukan harga, melakukan promosi dan mendistribusikannya sampai kepada pedagang atau konsumen.

Pada tahap ini strategi marketing mix harus Anda kuasai dan terapkan. Sesekali terjunlah langsung ke lapangan seperti tambak, pasar ikan atau pengepulan ikan agar Anda semakin mendapat insight tentang strategi atau kebijakan apa yang harus Anda ambil untuk memasarkan produk perikanan Anda. Gunakan teknologi  untuk membantu Anda mendapatkan data serta menganalisa strategi tersebut.

Selain pemasaran, gunakan juga teknologi dalam merapikan pembukuan usaha perikanan Anda. Dengan menggunakan teknologi maka keuangan usaha Anda terkelolah dengan cepat dan usaha perikanan Anda bisa berkembang lebih cepat. Gunakan aplikasi pembukuan online agar keuangan usaha Anda bisa dikerjakan dengan cepat dan mudah. Untuk aplikasi pembukuan online gunakan Harmony.

Harmony adalah aplikasi pembukuan online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi..yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/