12 Tips Untuk Memimpin Bisnis Anda Melewati Krisis Wabah Corona
Harmony Blog
Business
12 Tips Untuk Memimpin Bisnis Anda Melewati Krisis Wabah Corona
April 13, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Pada krisis wabah virus corona atau yang disebut Covid-19, hingga sekarang sudah mencapai tahap kritis. Dimana demi kesehatan masyarakat, peraturan yang ada harus lebih ditindak tegas seperti orang-orang yang masih berkumpul harus dipulangkan. Dengan penindakan tegas ini dapat membantu mengurangi virus corona. Adanya wabah ini menjadi dampak bagi suatu perekonomian. Sehingga, banyak suatu perusahaan harus memahami suatu peristiwa yang dialami, belajar untuk beradaptasi dalam mencari cara untuk menjalankan bisnisnya sehingga, perusahaan harus menerapkan manajemen resiko didalam bisnisnya juga memutar otak untuk dapat bertahan melewati krisis wabah corona.

Beberapa perusahaan belum mempunyai persiapan dalam kondisi wabah virus corona dimana bisnis tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk mencari cara supaya perusahaan dinilai siap dalam menjalankan bisnisnya untuk dimasa yang akan datang, pebisnis sudah harus mencoba mencari cara supaya bisa menjalankan dan melewati kondisi wabah virus corona. Berikut ini ada 12 tips yang akan dijelaskan untuk memimpin bisnis Anda dalam melewati krisis wabah corona.

Pemimpin yang siap mengembangkan bisnisnya melewati krisis wabah corona dengan cara mewaspadai, menanggapi, belajar memahami dalam suatu peristiwa, mencari strategi baru dan selalu memberikan komunikasi kepada karyawannya.

Dikutip dari Harvard Business Review yang ditulis oleh Martin Reeves, Nikolaus Lang, dan Philipp Carlsson-Szlezak tentang 12 Tips Untuk Memimpin Bisnis Anda Melewati Krisis Wabah Corona buku panduan bagi para pemimpin pengusaha dalam menghadapi berbagai cara untuk menjalankan bisnisnya untuk menerima informasi, melalui krisis wabah, dan mencari strategi bisnis dimasa depan.

Berikut Ini 12 Tips Untuk Memimpin Bisnis Anda Melewati Krisis Wabah Corona

1. Mencari Berita Terbaru Setiap Hari

Peristiwa yang bermunculan secara cepat membuat masyarakat dan pengusaha sangat kebingungan, berita menjadi suatu pemahaman setiap negara untuk memahami kondisi kegiatan yang dilakukan. Sama hal dengan suatu perusahaan sebagai pemimpin sudah seharusnya untuk mencari tahu sistem informasi untuk mencari berita terbaru yang dilakukan dalam menjalankan bisnisnya pada saat menemukan strategi baru, supaya bisnis tetap berjalan walaupun dalam kondisi krisis wabah corona.

2. Lebih Waspada Dalam Menerima Informasi atau Berita

Biasanya masyarakat atau bahkan dalam suatu tim organisasi menerima informasi tanpa menemukan suatu fakta, pada akhirnya informasi yang diterima menjadi suatu reaksi berlebihan yang dilakukan pada setiap masyarakat maupun tim organisasi. Dengan hal tersebut pemimpin sebaiknya mengolah kembali suatu informasi yang diterima, dan mengarahkan tim tersebut harus berpikir kritis dan lebih mewaspadai informasi yang diterima sebelum bertindak.

3. Jangan Berasumsi Bahwa Informasi Menghasilkan Informasi

Dalam hal ini bisa saja kita menerima informasi sangat banyak dimana-mana, tetapi belum tentu untuk kebenarannya. Akan tetapi, banyak para pemimpin menyimpulkan ada begitu banyak informasi dan berbagai komentar dari berbagai pihak luar dan tidak perlu melakukan sesuatu. Bagaimanapun dalam memahami kondisi tersebut pemimpin perlu melakukan kesimpulan dalam berbagai informasi yang diterima dan melihat tindakan yang dilakukan untuk menjalankan bisnisnya, sehingga waktu tidak terbuang hanyak untuk menemukan informasi yang fakta.

4. Percaya Pendapat Ahli dan Bertindak Secara Hati-Hati Melewati Krisis Wabah Corona

Para ahli dalam ilmu kesehatan, ilmu virus, dan ilmu kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan dalam menghasilkan informasi. Akan tetapi, pendapat setiap para ahli berbeda-beda dalam setiap berita seperti kebijakan ataupun dampak ekonomi. Lebih baik pemimpin dalam menerima informasi langsung dari berbagai sumber, perlu memahami keadaan yang sedang terjadi dan dampak apa yang membuat berhasil walaupun pendapat para ahli sebagai petunjuk ataupun panduan untuk pengusaha bisa menjalankan bisnisnya.

5. Memahami Kembali Tentang Keadaan yang Sedang Terjadi

Sebagai situasi ini, perusahaan perlu mencari berbagai rencana dalam menghadapi suatu keadaan dalam menjalankan bisnisnya. Akan tetapi dalam suatu organisasi ataupun tim tidak akan bebas dalam mengambil suatu rencana dalam melakukan pekerjaannya, sehingga manajer atau pemimpin sering menolak untuk melakukan berbagai rencana dikarenakan takut terlihat bimbang, salah menerima informasi ataupun bingung dalam mengarahkan organisasi. Meskipun situasi seperti ini pemimpin seharusnya melakukan yang terbaik untuk beradaptasi dan belajar dengan situasi yang dilalui saat ini dengan cepat supaya bisnis yang dijalankan berjalan dengan baik.

Baca Juga Artikel : Standar Operasional Prosedur (SOP): Cara Membuat dan Manfaatnya

6. Mewaspadai Adanya Kekuasaan

Masalah akan menimbulkan perdebatan atau masalah yang sangat senisitif, akan menarik simpati dari setiap manajemen perusahaan. Setiap masing-masing manajemen akan mempunyai saran terbaik dalam berkomunikasi dan mengarah kepada suatu permasalahan dalam mengikuti proses keberhasilan bisnis akan menghasilkan proses informasi yang rumit dan lama. Membuat tim yang terpercaya akan memberikan kelonggaran untuk membuat keputusan informasi yang sangat penting, terlalu banyak informasi yang diterima akan berdampak merusak informasi tentang hal yang baru. Dengan adanya dokumen digital akan meningkatkan informasi yang diterima, mengurangi resiko, mudah diperbaiki, dan dapat disetujui. Adanya pemimpin yaitu untuk melakukan perbedaan antara fakta, sebab atau akibat atau saran hasil informasi yang diterima untuk menjadi suatu gambaran dalam menjalankan bisnis.

7. Pastikan Pemimpin Sesuai Memenuhi Tujuh Peninjauan Bisnisnya

1. Berkomunikasi dengan karyawan

2. Memenuhi kebutuhan karyawan

3. Memberikan perjalanan bisnis dengan alasan yang jelas

4. Memenuhi pekerjaan jarak jauh

5. Berusaha menyesuaikan berbagai informasi yang diterima

6. Mengetahui masalah bisnis dan memperkirakan rencana bisnis

7. Sebagai solusi atas semua tujuan suatu bisnis

Baca Juga Artikel : Panduan Praktis Untuk Mengontrol Karyawan Yang Bekerja Dari Rumah (Work From Home)

8. Menggunakan Strategi Dalam Bertahan Adanya Suatu Kebijakan

Pemerintah memberikan efesiensi kepada perusahaan besar dalam melalui berbagai kesulitan supaya mengetahui ketahanan dan kemampuan suatu bisnis untuk mengembangkan bisnisnya dengan peristiwa yang dilalui perusahaan harus mencari cara strategi bisnis yang mendatangkan penjualan. Berikut ini 6 karakteristik pemimpin perlu mempelajari ketahanan dan kemampuan dalam suatu krisis wabah sebagai berikut :

a. Kelebihan sumber kapasitas produksi tambahan

b. Keanekaragaman suatu ide atau saran

c. Mengatur suatu tim dalam memasok ataupun memproduksi

d. Membangun kemampuan strategi dan peluang

e. Kebijaksaan dalam berhati-hati mengalami suatu keadaan peristiwa

f. Memberikan suatu kepercayaan kepada pelanggan, mitra, ataupun layanan kesehatan.

9. Mempersiapkan Tantangan Krisis yang Akan Datang Melewati Krisis Wabah Corona

Wabah virus corona bukan hanya menjadi tantangan sekali bagi suatu pebisnis, sebagai pemimpin kita harus menjalankan suatu persiapan tambahan dimasa depan. Mempersiapkan suatu strategi untuk melewati krisis yang akan datang jauh lebih efektif dari pada tidak mempersiapkan sama sekali.

10. Tidak Cukup Mempersiapkan Ilmu Pengetahuan Dalam Melewati Krisis Wabah Corona

Banyak perusahaan memiliki persiapaan ilmu pengetahuan untuk situasi yang tidak terduga, dalam menjalankan suatu bisnis perlu adanya ilmu pengetahuan yang harus diperbarui dan disesuaikan. Mengingat resiko suatu bisnis dalam waktu tertentu, dalam hal ini suatu pemimpin mempunya ilmu pengetahuan saja tidak cukup tetapi juga harus melakukan suatu tindakan dan mempunyai kemampuan dalam mengatur, memberdayakan suatu tim, dan memutuskan sebuah pilihan.

11. Pahami Apa yang Telah Dipelajari

Upaya yang harus dilakukan pemimpin supaya tidak menyia-nyiakan kesempatan belajar yang berharga dalam menjalankan bisnisnya, bahkan ketika suatu krisis sedang berlangsung dampak tersebut harus dilalui tindakan dan dipelajari untuk mengambil suatu kesimpulan dan menciptakan suatu peluang. Situasi bisnis yang pernah berkembang pesat, pernah mengalami ketidakmampuan dalam membuat keputusan yang sangat sulit untuk menghasilkan suatu peluang dengan memperbaiki suatu bisnis.

12. Mempersiapkan Bisnis dalam Perubahan di Dunia

Krisis Covid-19 sudah pasti mengubah suatu bisnis dan masyarakat dalam menjalankan kegiatannya, adanya wabah ini kemungkinan akan menyebabkan kegiatan belanja online, pendidikan online, dan asuransi masyarakat bertambah banyak. Kemungkinan besar pemimpin akan mengubah cara perusahaan memenuhi kebutuhan karyawan, memperkuat tren atau kondisi bisnis secara online. Ketika keadaan perusahaan sedang mendesak biasanya perusahaan harus mempertimbangkan apa yang berubah dalam kejadian krisis yang dialami untuk mempelajari suatu kondisi yang pernah dialami dan merencanakan suatu peluang bagi suatu bisnis.

Dengan adanya tantangan, pemimpin perusahaan tentu tidak memiliki pilihan selain memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin untuk mempertahankan kinerja bisnis mereka. Beberapa pelaku bisnis di Indonesia dalam menjalankan bisnis mereka sembari mendukung gerakan pemerintah untuk menjaga jarak yaitu menjadikan keselamatan karyawan, pelanggan dan partner bisnis Anda. Pemimpin dan manajer untuk membantu mempersiapkan karyawan menerapkan WFH adalah memastikan para karyawan tersebut memiliki akses ke teknologi yang diperlukan.

Perusahaan harus memastikan bahwa setiap karyawan memiliki beberapa \opsi teknologi untuk berkomunikasi, tidak hanya melalui ​email.​ Memanfaatkan semua saluran komunikasi, mulai dari email, group chat​, konferensi video, meeting, dan berbagai ​software yang dapat membantu karyawan dan pelanggan menghadapi krisis wabah. Kemajuan teknologi saat ini, Anda tidak perlu khawatir untuk mengontrol pembukuan bisnis Anda. Kini hadir melalui software akuntansi seperti Harmony. Anda dengan mudah menggunakan dan melalukan pencatatan transaksi dimana saja dan kapan saja.

Dapatkan laporan keuangan Anda secara real time. Daftarkan Harmony Accounting Software sekarang juga, dengan berbasis cloud Harmony telah membantu Anda untuk memiliki pembukuan yang rapih dan teratur setiap bulannya, dan berkonsultasi dengan kami di live chat tanpa memiliki background akuntansi. Yuk, kita saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis dalam rangka acara di Fintax Fair. Tidak perlu khawatir, gunakan Harmony untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda dan merapihkan pembukuan bisnis Anda. Daftarkan diri Anda disini dan dapatkan Akun Anda Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/