10 Pinjaman Modal Usaha yang Tepat Digunakan Oleh Business Owner
Harmony Blog
Business
10 Pinjaman Modal Usaha yang Tepat Digunakan Oleh Business Owner
July 13, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pinjaman modal usaha merupakan suatu solusi para pebisnis untuk merintis atau mengembangkan bisnis yang dimilikinya. Semua pengusaha pastinya memimpikan kesuksesan dalam mengembangkan usahanya. Selain dari pinjaman modal usaha yang terpenting dalam bisnis adapula model bisnis yang dapat diterapkan dalam bisnis Anda salah satunya adalah bisnis model kanvas.

Disayangkan, mengingat pinjaman modal usaha tidak semua orang mempunyai modal awal yang mencukupi. untuk itu tidak sedikit pun pebisnis yang mencari investor sebagai pinjaman modal usaha. Tapi untuk mencari modal usaha atau investor pun tidak semudah yang dipikirkan karena diharuskan mempunyai presentasi bisnis yang bagus demi mendapatkan pinajaman modal usaha.

Memilih pinjaman modal usaha untuk bisnis haruslah dengan teliti agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pinjaman modal usaha menjadi salah satu pilihan alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan dana segar. Perkembangan teknologi informasi telah sangat mendukung tumbuhnya banyak perusahaan fintech baru yang siap memberikan bantuan kepada pencari pinjaman modal usaha.

Disamping itu adanya ketersedianya pilihan pinjaman modal usaha yang lebih konvensional dari bank.

Adapun pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang dapat dijadikan solusi yang tepat untuk kamu yang ingin berbisnis sendiri. Namun Anda harus berhati-hati, Anda harus lebih sangat teliti dalam memperhatikan perjanjian pinjaman modal usaha agar tidak terjebak dalam cengkraman hutang yang semakin membelengunya.

Dalam manajemen keuangan, selain pinjaman modal usaha yang sangat penting ternyata stuktur modal pun dapat berpengaruh terhadap bisnis.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kredibilitas pihak pemberi pinjaman. Jangan ragu untuk mencari informasi-informasi di internet atau dengan rekan Anda yang sudah dimanfaatkan jasanya oleh mereka. Positioning dalam bisnis itu berpengaruh juga pada perusahaan.

Semua ini harus dilakukan berguna untuk menghindari kemungkinan modal usaha yang Anda dapat menjadi objek yang mengancam eksistensi usaha yang Anda miliki.

Berikut 10 jenis pinjaman modal usaha yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman.

10 Pinjaman Modal Usaha Yang Tepat Digunakan Oleh Business Owner

Bermimpi dapat untung malah berujung buntung jika tidak disertai dengan ketelitian dalam mancari pinjaman modal usaha. Maka dari itu disarankan Anda harus melakukan persiapan dan memahami dengan matang persyaratan yang diberikan sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman modal usaha.

Berikut 10 jenis pinjaman modal usaha yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman.

 1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jenis pinjaman yang pertama ini adalah kredit usaha rakyat disingkat dengan KUR. KUR ini dibuatkan oleh pemerintah untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah milik rakyat.  Dalam arti KUR ini adalah sebuah pinjaman modal usaha dari pemerintah.

KUR ini memberikan pinjaman modal diutamakan untuk usaha yang bergerak di sektor pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam.

Untuk membuat sukses program ini, pemerintah bekerja sama dengan beberapa bank BUMN seperti Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank Bukopin, Bank Syariah Mandiri dan Bank BNI Syariah.

Seperti pada pinjaman modal usaha mandiri, Jenis kredit serbaguna mikro  ini disediakan Bank Mandiri untuk para pengusaha mikro dengan limit pinjaman hingga Rp1 miliar dengan tenor pinjaman hingga 15 tahun dengan suku bunga 12% per tahun. Pinjaman serbaguna mikro ini dapat disebut dengan pinjaman modal usaha kecil.

Pinjaman yang dapat diberikan program KUR kepada customer mencapai angka IDR 500 juta dengan bunga yang juga cukup rendah, yaitu 7% pertahunnya atau hanya sekitar 0,58% perbulan. dan juga dengan jangka waktu peminjaman yang diberikan selama 6 tahun atau 72 bulan.

Untuk dokumen yang dibutuhkan dalam mendapatkan KUR yaitu berupa kartu identitas (KTP), akte pendirian usaha, SIUP/TDP, laporan keuangan, proposal usaha dan persyaratan lain yang mungkin diminta oleh pihak bank.

Persyaratan untuk KUR ini memang lebih banyak dibanding KTA. Karena, pemerintah hanya memberikan pinjaman bagi usaha yang memiliki kelayakan, potensi, prospek bisnis yang baik, dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan pinjaman tersebut.

 2. Kredit Tanpa Aggunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu pinjaman modal usaha yang memberikan kredit tanpa membebankan jaminan berupa aset seperti kendaraan, rumah, tanah, surat berharga dan sebagainya.

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan ini membuat KTA menjadi jenis pinjaman modal usaha yang cukup menjadi buah bibir di kalangan pemilik bisnis.

selain itu dengan bunga yang diberikan KTA ini sangat kecil yaitu kurang dari satu persen, dengan hal ini membuat para pebisnis lebih memprioritaskan KTA.

Untuk KTA, umumnya kreditur akan memberikan pinjaman dana maksimal sebesar IDR 200 – 300 juta sesuai dengan ketentuan dan persyaratan masing-masing bank tersebut. tentunya dengan jangka waktu pinjaman yang diberikan hingga 60 bulan atau 5 tahun.

KTA dapat diajukan dengan membawa dokumen persyaratan seperti KTP, NPWP, SIUP, rekening koran, dan kartu kredit. KTA ini mempunyai persyaratan dan prosesnya cukup mudah, tapi peluang untuk mendapatkan KTA tidak mudah.

Peminjam KTA ini masih harus memenuhi syarat BI checking terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada riwayat tunggakan dari kredit sebelumnya.

 3. Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja (KMK) bertujuan untuk pengembangan usaha menjadi lebih besar. Oleh karena itu dalam pinjaman ini ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu usaha telah memiliki izin dan berjalan selama kurang lebih 1 tahun. Kredit Modal Kerja  adalah pinjaman jangka pendek yang hanya dengan durasi satu tahun saja.

Adapun dokumen yang harus disiapkan ketika melakukan pinjaman jenis ini berupa KTP, Kartu Keluarga, buku tabungan, keterangan penghasilan dan bukti memiliki tanggungan dan cicilan.

 4. Kredit Investasi

Kredit investasi adalah pinjaman yang difokuskan untuk berbagai keperluan usaha.

Pinjaman ini umumnya dipakai untuk perluasan atau penambahan usaha seperti membeli dan membuka pabrik baru, membangun proyek baru, pengadaan mesin dan bahan baku, membeli tanah dan juga bangunan untuk usaha baru, dan lainnya.

Pelunasan kredit investasi ini dengan memakai uang hasil usaha yang baru saja dibiayai dengan modal tersebut.

Jumlah dana tunai pinjaman modal usaha dari bank yang didapat diberikan tidak sama karena setiap bank memilki kebijakannya sendiri. Dan untuk angka maksimal yang dapat diberikan oleh pihak bank adalah IDR 40 milyar dengan jangka waktu sampai 15 tahun.

Rata-rata bunga yang akan dikenakan adalah adi bawah 10% pertahunnya. Berikut ini adalah document sebagai syarat supaya dapat disetujui berupa kartu identitas, NPWP, SIUP, akta pendirian usaha, dan rekening tabungan.

custom-form-newsletter


 5. Modal Multiguna (KMG)

Kredit Multiguna atau KMG merupakan salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman yang di mana peminjam diharuskan untuk memberikan agunan atau jaminan.

Tidaklah sama dengan jenis pinjaman sebelumnya, kredit multiguna mengharuskan peminjamnya memberikan jaminan yaitu berupa sejumlah aset kepada kreditur.

Dengan adanya jaminan inilah yang dapat menentukan seberapa besar dana tunai yang akan dipinjamkan. Semakin besar jaminan yang diberikan maka semakin besar pula pinjaman yang bisa diterima.

Bank berani mengeluarkan dana hingga sebesar IDR 5 Milyar dengan jangka waktu yang juga lama hingga lebih dari 10 tahun. tapi suku bunga yang ditawarkan masih terbilang tinggi dan menyesuaikan kondisi pasar.

menyesuaikan kondisi pasar ini dengan maksud jika kondisi pasar baik maka bunga bisa dibawah 10%, namun bila kondisi pasar sedang tidak stabil maka dapat melebihi 15%.

Selain jaminan aset, ternyata adapula diharuskan menyiapkan beberapa dokumen sebagai syarat seperti  formulir aplikasi pinjaman, KTP, KK, NPWP, rekening tabungan, rekap penghasilan, SIUP, foto usaha dan rekening listrik atau PBB.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Stagnansi Dalam Bisnis?

 6. Modal Ventura

Modal ventura merupakan pinjaman yang dalam bentuk investasi yang dimana kreditur memberikan pembiayaan berupa penyertaan modal dengan adanya perjanjian kerja sama dalam jangka waktu tertentu.

Konsep dasar yang dipegang teguh oleh modal ventura sama halnya dengan saham. Hanya saja, modal yang diberikan ini berasal dari perusahaan ventura.

Modal ventura termasuk investasi dengan risiko tinggi, tapi dengan imbalan yang tinggi pula. diKarenakan investor di sini memberikan pinjaman pada bisnis dengan risiko tinggi dan tidak memenuhi syarat standar perusahaan terbuka untuk mendapatkan modal pinjaman dari perbankan.

Ada beberapa jenis modal ventura yang bisa dipilih, yakni,

1. Equality financing yang memberikan pembiayaan langsung,

2. Semi equality financing yang memberikan pinjaman sebagian dalam bentuk saham dan obligasi,

3. Mendirikan usaha baru dan tipe bagi hasil yang pembagiannya telah disepakati sejak awal.

Untuk pengajuan modal ventura perlu menyiapkan persyaratan dokumentasi seperti akte pendirian usaha, SIUP, NPWP, profil usaha, laporan keuangan, rekening koran dan dokumen pendukung lainnya.

 7. Pinjaman dari kerabat

Lalu pinjaman modal usaha yang lainnya adalah pinjaman yang berasal dari kerabat atau orang terdekat.

Untuk terhindar dari hal-hal yang negative disarankan peminjam sebaiknya tetap membuat proposal yang rinci mengenai usaha yang dijalankan.

Ini untuk kenyamanan bersama dan mencegah adanya permasalahan kedepannya karena tidak adanya batasan dan aturan yang jelas.

 8. Kompetisi Bisnis Plan

Jenis pinjaman modal usaha yang terakir ini dapat berasal dari kompetisi business plan.

Tidak banyak pihak yang membuat kompetisi business plan dengan hadiah yang menarik.

Dalam kompetisi ini Anda hanya menyiapkan ide sematang mungkin, kemudian susunlah dalam proposal yang menarik. Dalam berbisnis tidak ada salahnya Anda gunakan software akuntansi untuk membantu Anda dalam pembuatan software akuntansi.

Dengan adanya software akuntansi Anda dapat merasakan kemudahan berbisnis dengan software akuntasi.

9. Kredit online

Jenis kredit satu ini dibilang sangat unik yaitu kredit online. kredit online ini Salah satu pinjaman yang sedang terkenal di dunia perkreditan saat ini.

Pinjaman jenis ini adalah fasilitas pinjaman uang yang diberikan oleh penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara online. Pinjaman online ini dapat berbentuk pinjaman modal usaha Syariah juga. Penyedia pinjaman online ini terkenal dengan sebutan fintech.

Peluang untuk mendapatkan pencairan dana pinjaman dari kredit online cukup besar, fleksibel dan syaratnya pun sangat mudah.

Syaratnya cukup menyiapkan KTP, NPWP, slip gaji dan KK. untuk tipe produk pinjamannya sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

 10. Angel Investor

Selanjutnya ada Angel Investor sebagai alternatif jenis pinjaman modal usaha yang dapat sebagai bahan perbandingan.

Angel investor ini. Angel investor adalah investor ini yang bersedia mendanai bisnis yang masih dalam tahap awal, umumnya terdiri dari para individu ternama.

Dan setelah mendapatkan pinjaman modal usaha, sebaiknya Anda tidak lupa juga harus membuat laporan keuangan yang rapih dan dengan seiring perkembangan teknologi anda dapat dibantu dengan sebuah software akuntansi yang dapat mempermudah Anda untuk mencatat setiap keuangan pada bisnis Anda tersebut.

Jangan sampai bisnis Anda memiliki profit namun Anda tidak bisa menggunakan profit itu sendiri dan keuangan bisnis Anda menjadi acak-acakan.

Untuk mencatat keuangan dengan baik dan rapi perlu suatu sistem pencatatan keuangan yang tidak hanya sekedar mencatat saja, namun sistem tersebut mampu secara fleksibel bisa digunakan dan cocok pada bisnis yang Anda jalankan saat ini. Sistem pencatatan keuangan tersebut Harmony Smart Accounting Solution.

Berawal dari rumitnya membuat sebuah pencatatan keuangan yang dibutuhkan masyarakat, Harmony Smart Accounting Solution kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi pebisnis dinamis dalam membantu mereka melakukan pencatatan keuangan bisnis yang sedang dijalankan.

Dengan teknologi tinggi dan user friendly, Harmony menjadi salah satu pilihan para ribuan pebisnis yang telah terbantu dalam hal laporan keuangan, seperti yang diinformasikan melalui konferensi tahunan kami di  FinTax Fair 2019 .

Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda. Dan nikmati perkembangan dunia akuntansi dan laporan keuangan berbasis teknologi dalam genggaman Anda hanya di Harmony Smart Accounting Solution.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/