Harmony Blog

10 Cara Mengatasi Produk Tidak Laku Menjadi Laris Manis

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

mengatasi produk tidak larisPin

Dalam menjalankan bisnis pastinya Anda akan mengalami stagnansi dalam bisnis, terdapat adanya pengaruh strategi pemasaran produk guna untuk mengatasi produk tidak laku. Selain itu juga pentingnya strategi segmenting, targeting dan positioning produk terhadap upaya dalam mengatasi produk tidak laku.

Seperti dilansir dari media bisnis online edisi 06 September 2018 menerangkan ada beberapa perusahaan besar seperti contohnya PT Dirgantara Indonesia (DI) mengalami dampak krisis ekonomi pada tahun 1998 dikarenakan banyak produk yang dihasilkan tidak laku dipasaran.

Dan akhirnya setelah masa krisis berlaku berkat bantuan dari pemerintah guna untuk mengatasi produk tidak laku. PT Dirgantara Indonesia melakukan restrukturisasi dan mengubah nama menjadi PT. Dirgantara Indonesia pada tahun 2000 dimana pada awalnya namanya adalah PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio. PT Dirgantara Indonesia mulai banyak memproduksi berbagai jenis pesawat terbang dan helikopter, walaupun struktur modal kepemilikan menjadi milik pemerintah.

Kali ini akan dibahas mengenai 10 cara mengatasi produk tidak laku menjadi laris manis. Simak terus artikel ini

Dengan penerapan prinsip pemenuhan kebutuhan konsumen dapat mengakibatkan perusahaan akan mengembangkan atau berinovasi produknya guna untuk mempertahankan keberlangsungan hidup perusahaan tersebut.

Faktor Penyebab Produk Tidak Laku

Adapun beberapa faktor-faktor penyebab produk tidak laku, diantaranya sebagai berikut:

1. Positioning Produk

Faktor pertama yang dapat dijadikan sebagai faktor penyebab produk tidak laku adalah strategi positioning produk harus mampu menempatkan atau memposisikan produk menjadi tampak berbeda sehingga mampu menarik perhatian para konsumen. Akan terlihat keunikan dan ciri khas produk ini memberikan rasa puas atas kebutuhan konsumen daripada mesti menggunakan produk pesaing.

2. Harga Terlalu Mahal

Faktor penyebab produk tidak laku selanjutnya adalah penetapan harga produk yang terlalu mahal sehingga tidak sesuai dengan daya beli masyarakat. Penetapan harga produk terlalu mahal dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kenaikan bahan pokok, kenaikan biaya produksi dan target profit perusahaan yang terlalu besar.

3. Konsep Bisnis yang Kurang Terstruktur

Dalam menjalankan bisnis haruslah Anda memiliki bisnis model canvas terlebih dahulu, karena dengan bisnis model canvas merupakan sebuah model dalam strategi manajemen yang berfungsi untuk menterjemahkan konsep, infrastruktur, konsumen, dan keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual.

Cara Mengatasi Produk Tidak Laku

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan sehingga menjadi solusi produk tidak laku, diantaranya sebagai berikut:

1. Mengubah Strategi Pemasaran

Dengan Anda dapat mengubah strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien agar mengatasi produk tidak laku. Perubahan strategi pemasaran mungkin Anda dapat meneliti kembali strategi pemasaran apakah sudah sesuai dengan segmen pasar, target dan positioning produk yang tepat.

2. Mengubah Display Toko

Toko merupakan salah satu modal usaha yang dapat dijadikan sarana pemasaran Anda dimata konsumen, konsumen akan tertarik untuk membeli atau membatalkan rencana pembelian berpengaruh pada kesan pertama khususnya display toko anda. Anda dapat merubah display toko Anda dengan tema kekinian saat ini sehingga konsumen dapat menilai bahwa toko Anda menyediakan barang kualitas terbaik. Hal tersebut merupakan salah satu cara mengatasi produk tidak laku.

3. Custom Produk

Dalam pemasaran selain kesan pertama pada display toko anda, kemasan atas produk sangat berpengaruh pada daya tarik konsumen. Anda dapat mempercantik kemasan produk Anda dengan perpaduan kualitas warna pada produk sehingga dapat menghilangkan efek membosankan dalam kemasan produk anda. Custom produk merupakan salah satu cara mengatasi produk tidak laku.

4. Berikan Diskon

Mungkin Anda dapat melihat contoh di supermarket atau pasar swalayan begitu banyaknya pihak manajemen supermarket tersebut memberikan diskon hingga 90 % dalam pembelian produk. Hal tersebut merupakan cara efektif dalam meningkatkan konversi penjualan dikarenakan potongan harga bagian sesuatu hal yang menyenangkan sehingga konsumen dapat terpengaruh secara psikologi untuk membelinya dan menangulangi atau mengatasi produk tidak laku.

5. Gabungkan Produk Tidak Laku Pada Produk Laku

Cara selanjutnya adalah Anda dapat membuat beberapa paket hemat dari setiap pembelian konsumen dengan cara menggabungkan beberapa produk yang tidak laku dengan produk yang laku sehingga terbentuk paket hemat dengan harga yang bisa Anda sesuai sendiri keuntungannya. Metode penggabungan tersebut dapat dilakukan oleh perusahaan guna untuk mengatasi produk tidak laku.

6. Pemasaran Media Sosial

Anda dapat meniru konsep brand advocacy marketing yang dilakukan oleh perusahaan besar Starbucks dimana dengan menggunakan media sosial twiter dengan memberikan hadiah kepada para konsumen yang melakukan mention @tweetacoffee. Dengan begitu penggunaan media sosial tersebut sangat efektif guna mengatasi produk tidak laku.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

7. Penggunaan Media E-Commerce

Selain penggunaan media sosial Anda juga dapat menggunakan media e-commerce, dengan menampilkan produk tidak laku Anda kedalam produk limited edision sehingga dapat memancing daya tarik konsumen untuk membelinya. Cara seperti sudah banyak dilakukan oleh perusahaan besar seperti Matahari Departement Store sering melakukan cara tersebut. Itu juga dapat dikatakan cara untuk mengatasi produk tidak laku.

8. Posting Hal yang Bermanfaaat

Penggunaan internet marketing sangat bermanfaat, Anda harus bisa memilah untuk dapat memberikan edukasi kepada konsumen baik edukasi yang berkaitan dengan produk maupun edukasi yang tidak berkaitan dengan produk anda. Edukasi yang dimaksud adalah Anda bisa membuat sejenis artikel marketing.

Artikel Marketing bisa sangat efektif dalam memberikan edukasi yang bermanfaat bagi pembaca atau konsumen. Dengan penerapan metode SEO atau search engine optimation di google Anda bisa memberikan edukasi yang positive disamping itu dalam artikel Anda bisa disisipkan link mengenai website perusahaan guna untuk mengatasi produk tidak laku.

9. Kelola Persediaan Secara Berkala

Cara selanjutnya adalah melakukan stok opname secara berkala pada persedian produk Anda sehingga Anda dapat mengetahui kondisi produk mana yang laku dan produk mana yang tidak laku. Dengan mengelola tersebut dapat mengambil keputusan selanjutnya untuk mengatasi produk tidak laku tersebut.

10. Gunakan Teknologi

Dalam perkembangan era digital seperti sekarang ini sudah banyak teknologi yang dapat membantu proses pengelolaan inventory dengan benar. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti software akuntansi.

Teknologi software akuntansi ini sangat membantu dengan pengelolaan inventory dengan benar Anda bisa mengetahui produk yang tidak laku sehingga pengambilan keputusan untuk mengatasi produk tidak laku.

Begitulah penjelasan mengenai 10 cara mengatasi produk tidak laku menjadi laris manis. Dengan begitu Anda tetap mendapatkan profit dan keuntungan perusahaan. Dalam menghitung profit dan keuntungan perusahaan, Anda bisa menggunakan software akuntansi.

Selain itu juga software akuntnasi dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama “Harmony Smart Accounting Solution” yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony