Work From Home? Ini 15 Pertanyaan Yang Sudah Terjawabkan
Harmony Blog
Business
Work From Home? Ini 15 Pertanyaan Yang Sudah Terjawabkan
May 20, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Di masa pandemi virus corona banyak yang mengharapkan secara fundamental mengubah cara organisasi atau perusahaan dapat beroperasi seperti biasanya. Ketika pemerintah dan bisnis di seluruh dunia memberi tahu mereka untuk memberlakukan isolasi mandiri, menerapkan social distancing, dan melakukan work from home menjadi sebuah realita baru yang terjadi dan istilah yang sedang booming adalah “NEW NORMAL“. Banyak pertanyaan saat work from home dan dalam artikel kali ini akan membahas 15 pertanyaan menarik serta jawabannya yang dapat menginspirasi Anda.

Begitu banyak pertanyaan yang terjadi selama krisis Pandemi ini berlangsung, terutama bagi Anda yang sedang menjalani Work From Home, dan semoga Anda dapat menyiasatinya.

Bagaimana para pemimpin perusahaan, manajer, dan pekerja individu melakukan perubahan mendadak ini? Menurut Tsedal Neelay, seorang professor di Harvard Business School, yang telah menghabiskan dua dekade membantu perusahaan belajar bagaimana mengelola tim yang tersebar, melakukan survey yang dilakukan melalui pelanggan video call sebuah website Harvard Business Review, mendapatkan 15 pertanyaan work from home tentang bagaimana bekerja secara produktif di rumah, mengelola pertemuan secara virtual, maupun bagaimana cara memimpin tim melalui krisis yang dihadapi saat ini.

15 Pertanyaan dan Jawaban tentang Work from Home

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh professor tersebut, beliau menemukan 15 pertanyaan work from home seperti :

1. Apakah Organisasi telah menyiapkan diri di masa transisi kondisi saat ini?

Dari Skala dan lingkup yang terlihat, terdapat 5.000 organisasi atau 10.000 karyawan, memintanya untuk bekerja dari rumah dengan sangat cepat yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang mengakibatkan beberapa organisasi tersebut belum pernah mengatur sebelumnya.

2. Apa hal pertama yang pemimpin dan manajer individu dapat lakukan untuk membantu karyawan mereka agar dapat mempersiapkan diri?

Untuk menunjang agar work from home dapat berjalan dengan tepat dan produktif, para manajer dan pemimpin perusahaan harus memikirkan apakah para karyawannya sudah memiliki laptop pribadi, apakah mereka memiliki akses teknologi dan internet untuk menunjang pekerjaannya, apakah para karyawan tersebut memiliki perangkat lunak yang biasa mereka gunakan di kantor sekarang harus digunakan di rumah?

3. Apakah orang-orang telah menyiapkan secara psikologis untuk melakukan Work Frome Home yang selama ini belum mereka lakukan?

Bagi Anda yang extrovert dan terbiasa bersosialisasi dengan masyarakat, kini Anda disarankan untuk tetap berada dirumah dan melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan di kantor sekarang semuanya harus dikerjakan di rumah.

4. Apakah mereka terbiasa melakukan video conference dan telepon virtual secara tim maupun pribadi ?

Ketika Anda sebagai pemimpin atau manajer, Anda bisa menyapa karyawan Anda dengan menggunakan aplikasi video conference yang dapat membantu Anda saat Work From Home dan mengatakan ini adalah dunia baru bagi semua, dan ini belum dapat diketahui akan berlangsung sampai kapan, jadi pastikan untuk tetap berkomunikasi dan memastikan apa yang menjadi kebutuhan karyawan terpenuhi untuk menunjang produktifitas dalam bekerja meskipun tidak di kantor.

5. Bagaimana Work From Home mempengaruhi kesehatan psikologis ? Apa yang dapat pemimpin lakukan untuk memastikan bahwa orang-orang tetap fokus, berkomitmen dan bahagia?

Biasanya para karyawan yang bekerja di kantor menyeduh kopi kegemarannya dengan ditemani oleh AC atau pendingin udara ruangan di kantor dan bebas berinteraksi dengan orang lain atau teman kantornya. Namun dengan Work From Home ini, mereka sulit melakukannya, karena bekerja dari rumah.

6. Tiga hal apa yang para pemimpin dapat lakukan untuk menciptakan budaya kerja jarak jauh?

Yang pertama, pastikan bahwa karyawan Anda selalu merasakan mengetahui segalanya yang sedang terjadi. Komunikasi di sekitar mereka sangat penting dan menjadi kebutuhan.

custom-form-newsletter

7. Bagaimana perubahan ini dapat mempengaruhi produktifitas?

Dengan tidak adanya aktifitas Anda untuk pergi ke kantor seperti sebelum adanya wabah covid-19 ini belum tentu produktifitas pada pekerjaan Anda menurun , ada kemungkinan sebaliknya produktifitas tersebut dapat ditingkatkan atau dipertahankan. Dan disarankan Anda harus memiliki trik khusus agar bisnis sukses dan produktif di tengah krisis COVID-19.

8. Kebijakan jaga jarak untuk sementara , bagaimana Anda mengukur Anda mengukur produktifitas karyawan Anda dan akhirnya dapat memantau mereka pada pekerjaan tersebut?

Anda sebaiknya lebih percaya kepada karyawan Anda , seperti nasehat Ernest Hemingway “ cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda dapat mempercayai seseorang dengan mempercayai mereka.

9. Jika Kebijakan Social Distancing berjalan untuk sementara waktu, bagaimana Anda mengukur produktivitas karyawan Anda dan akhirnya meninjau mereka pada pekerjaan itu ?

Yang harus Anda lakukan adalah biarkan Anda tetap mempercayai karyawan Anda untuk bisa melakukannya. Namun Anda bisa melengkapi karyawan Anda dengan kegiatan-kegiatan yang produktif.

10. Mari bicara tentang rapat virtual. Apa saja praktik terbaik, di luar saran umum untuk memperjelas tujuan Anda, mengedarkan sebuah agenda, mempersiapkan orang untuk dipanggil, dan sebagainya?

Pertama, Anda harus memiliki beberapa aturan dasar yang eksplisit.

Kedua, jangan langsung membicarakan agenda kerja yang harus dilakukan, mulailah menanyakan kabar karyawan Anda.

11.Dan bagaimana Anda memfasilitasi percakapan yang sangat rumit atau emosional ketika orang tidak bertatap muka?

Mulalilah berbiacara dan mengungkapkan informasi seperlunya, jangan memancing perdebatan di dalam virtual meeting.

12. Terkait pembahasan tentang penitipan anak dan sekolah yang tutup, Bagaimana Anda membahasnya?

Biasanya para karyawan Anda melakukan penitipan anak atau mengantarkan ke sekolahnya lalu berangkat bekerja, namun karena adanya instruksi bekerja dari rumah, Anda bisa memperbolehkan karyawan Anda sambal menjaga anak-anak mereka sembari melakukan pekerjaan kantornya dari rumah. Yang Anda lakukan sebagai pemimpin mereka, Anda cukup memastikan agar pekerjaan kantor mereka tetap dikerjakan dan berjalan sambal batas waktu yang ditentukan.

13. Pembahasan sebelumnya tentang komunikasi internal, saran apa yang dimiliki untuk orang-orang Ketika menghadapi fungsi tatap muka klien disaat bekerja dari rumah?

Seperti sebelumnya telah dibahas tentang virtual sales call dan kedekatan klien. Anda bisa melakukan hal yang sama namun dilakukan dengan media tatap muka secara virtual.

14. Jika Anda melihat dan merasakan terdapat karyawan yang berjuang melawan ketidakfokusan dan kesepian, apa yang harus Anda lakukan?

Jika Anda melihat tanda-tanda seperti lebih sedikit mengirim email, jarang menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, memiliki hambatan dalam grup percakapan, berbicaralah pada karyawan Anda tersebut.

15. Apakah Anda melihat krisis ini dapat mengubah cara semua tim dan organisasi dalam menjalankannya kedepan?

Dengan krisis ini banyak orang-orang akan terbiasa dengan keadaan dan pekerjaan seperti ini. Orang-orang akan semakin berkreasi dalam pekerjaan mereka meskipun dilakukan dari rumah. Dari 15 Pertanyaan diatas tersebut dapat anda jadikan referensi bagi Anda, apabila terdapat kendala-kendala yang berarti dalam menjalankan work from home, khususnya dalam pembuatan laporan keuangan.

Pastikan Anda tetap menggunakan sistem akuntansi berbasis cloud technology untuk dapat membantu dalam pembukuan keuangan bisnis yang sedang dijalani secara real time. Gunakan Harmony Smart Accounting Solution sebagai solusi praktis dalam menangani masalah tersebut. Dan Anda bisa menyaksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pemilik bisnis dan profesi akuntansi lainnya untuk memiliki pembukuan yang rapih melalui konferensi tahunan kami di FinTax Fair. Daftarkan diri Anda disini, dan dapatkan GRATIS 30 Hari penggunaannya sekarang, dan jadilah salah satu pebisnis yang revolusioner dalam kemajuan teknologi pembukuan keuangan masa kini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/