Harmony Blog

5 Tips Praktis Agar Work From Home (WFH) Anda Asik dan Produktif!

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

work from homePin

Akhir-akhir ini sedang booming dengan istilah WFH atau Work From Home. Sebenarnya istilah ini sudah lama adanya, sesuai dengan namanya istilah ini digunakan untuk para pekerja yang melakukan pekerjaannya tanpa perlu kekantor melainkan bekerja dari rumah. Tantangan bagi pebisnis untuk mengontrol karyawan terlebih team sales agar lebih produktif lagi walau sedang WFH.

Apa yang membuat Work From Home menjadi Booming?

Karena adanya kasus Pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang menggemparkan dunia, pemerintah di beberapa negara mengeluarkan beberapa peraturan sementara untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakatnya. Salah satunya adalah himbauan Work From Home. Peraturan tersebut turut diterapkan di banyak perusahaan di Indonesia. Menyikapi hal tersebut, para pebisnis perlu berbagai cara untuk mempertahankan bisnisnya agar tidak terlalu berdampak fatal akibat wabah ini.

Work From Home diharapkan dapat memperkecil penyebaran Virus Covid-19 dan tetap membuat masyarakat bisa tetap produktif tanpa harus datang ke kantor.

Berikut cara-cara agar tetap bisa produktif untuk Work From Home Anda:

1. Ubah Mindset, Work From Home bukan Liburan

Ingat, anda masih bekerja hanya saja pindah kantor menjadi di rumah. Sehingga bukan berarti anda tidak masuk kerja, tidak datang ke kantor dan waktunya digunakan untuk liburan pergi ke suatu tempat objek wisata atau bahkan mudik kekampung halaman ya. Dalam Work From Home Anda tetap diharapkan melakukan pekerjaan Anda semaksimal mungkin dirumah dan tetap mengikuti peraturan dari pemerintah untuk memperkecil dampak penyebaran Virus Covid-19 yang terjadi.

2. Bangun Mood Kerja saat Work From Home

Didalam kegiatan Work From Home, tips berikutnya adalah diharapkan Anda tetap bangun pagi seperti layaknya Anda ingin bekerja. Namun, Anda tidak perlu melakukan rutinitas biasanya seperti harus memilih pakaian kerja atau menggunakan riasan bagi perempuan yang membutuhkan waktu lama. Anda dapat menggantikan kegiatan tersebut dengan olahraga atau melakukan aktifitas bersama keluarga, seperti sarapan bersama, bermain dengan anak bagi yang berkeluarga, dan banyak hal lain yang dapat membangkitkan mood kerja Anda, dengan begitu Anda akan lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan Work From Home.

3. Pastikan Komunikasi Lancar

Ketika bekerja dari rumah, Anda sebagai pegawai yang baik harus mengerti pentingnya berkomunikasi secara jelas dengan rekan kerja maupun atasan melalui media apa pun itu. Saat bekerja di kantor, komunikasi dapat berjalan lebih efektif karena Anda dapat mengobrol langsung dengan orang yang dituju. Namun saat bekerja dari rumah, Anda dapat memanfaatkan komunikasi melalui video call, telepon, e-mail atau aplikasi yang ditetapkan oleh kantor Anda dalam menunjang komunikasi yang baik.

Baca Juga : 5 Top Video Conference Yang Dapat Bantu WFH Anda

Para spesialis karier mengatakan, ketika bekerja di luar kantor, artinya Anda akan sulit membaca bahasa tubuh saat berkomunikasi dengan seseorang atau rekan kerja Anda. Namun jangan khawatir, dan terapkan selalu berpikiran positif dan menganggap yang terbaik dari rekan kerjamu. Jangan sampai sedikit kesalahan dapat membuatmu menjadi emosional dan marah pada rekan kerja.

Fokus pada apa yang ingin Anda kerjaan dan menerapkan pikiran bahwa rekan kerja Anda, akan melakukan pekerjaannya dengan maksimal juga, kesalahan memang bisa saja terjadi. Namun, dengan cara berpikir seperti ini, dan komunikasi dengan baik, ini dapat membantu Anda meminimalisir kesalahan dalam miss communication dengan tim Anda.

4. Maksimalkan Kemampuan Anda & Tingkatkan Produktivitas

Salah satu kualitas dari pegawai yang sukses bekerja dari rumah adalah, kemampuan mengelola atau organisasi yang baik. Dengan fleksibilitas yang meningkat, penting untuk tetap teratur dalam menjaga produktifitas Anda, lakukan perencanaan To Do List sebelum Anda bekerja.

Atur jadwal kerja kerja Anda setiap harinya, termasuk waktu istirahat juga. Penting untuk meluangkan waktu istirahat, meskipun kamu bekerja dari rumah. Sebab, bisa saja kamu terjebak dalam conference call meeting yang tidak berujung. Selain itu, kamu dapat menjaga kesehatan agar tetap produktif.

5. Minimalisir Gangguan Sekitar Anda Saat Bekerja Dirumah

Distraksi adalah penghalang produktivitas terbesar saat bekerja di luar kantor. Jadi, sebisa mungkin untuk menghindarkan diri sendiri dari berbagai gangguan yang ada. Mulai dari menahan diri dari game di smartphone-mu, melihat media sosial berlebihan, hingga anggota keluarga.

Para spesialis karier berpendapat penting untuk mengingatkan keluarga kalau kamu berada di rumah bukan berarti memiliki banyak waktu luang untuk mengobrol santai. Jika merasa kehilangan konsentrasi, cari tahu hal yang mengganggumu dan temukan solusi terbaik sehingga kamu dapat bekerja kembali. Dengan begitu, kamu dapat memaksimalkan waktu kerja seperti saat berada di kantor dan dapat mematikan laptop tepat sesuai jam pulang kerja biasanya.

Ketika bekerja di luar kantor, sangat penting untuk menjadi proaktif agar pekerjaan atau proyek cepat selesai . Metode Work From Home ini sangat bermanfaat sekali di era modern ini yang sudah serba digital, jika Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan Anda dapat memonitoring kinerja setiap karyawan tanpa mesti datang ke kantor.  Begitu pula bagi perusahaan yang masih mengelola pembukuan dan laporan keuangan dengan harus datang kekantor, pastinya akan sulit bagi Anda dengan kondisi tidak bisa kekantor, Anda dapat menggunakan software akuntansi online seperti Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda dalam mengelola pembukuan perusahaan Anda dimana saja dan kapan saja, dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun. Kegiatan mengelola Pembukuan tidak lagi menjadi hal yg repot, gunakan Harmony sekarang juga, Anda dapat mencoba GRATIS selama 30 Hari Software Harmony klik disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony