Harmony Blog

5 Tips Praktis Atur Tim Sales Saat Work From Home (WFH)

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

5 Tips Praktis Atur Tim Sales Saat Work From Home (WFH)Pin

Dalam menghadapi Work From Home (WFH) pada saat ini bukanlah hal yang mudah bagi masyarakat bahkan bagi para pekerja dalam melakukkanya. Banyak para pekerja salah satu-nya yaitu Tim Sales yang melakukan kegiatan sehari hari baik di ruang kerja ataupun di luar kerja dalam melakukan komunikasi secara langsung atau bertatap muka langsung kepada customer. Namun dengan adanya musibah seperti ini, bagaimana cara mengatur tim sales saat bekerja dirumah atau Work From Home (WFH)?

Atur sebaik mungkin tim kerja Anda dalam menghadapi Work From Home, ciptakan proses yang efesien dan bangun kepercayaan terhadap tim, agar mencapai tujuan kebersamaann kerja yang baik.

Setiap perusahaan pastinya mempunyai berbagai cara masing masing dalam menangani situasi seperti ini, Namun bagaiman cara atau tips untuk mengatur Team Sales saat menghadapi Work From Home?

1. Menerapkan Proses Yang Benar Kepada Tim Sales Saat WFH

Proses adalah hal terpenting dalam mengelola dan mengatur tim sales saat Work From Home (WFH). Proses yang baik memberikan struktur dan arah untuk menyelesaikan pekerjaan, terutama ketika tim penjualan jarak jauh tersebar di berbagai zona waktu.

Tetapi bagaimana Anda membuat tenaga penjualan Anda benar-benar mengikuti proses-proses itu? Jangan hanya menyimpan dokumen proses Anda di folder bersama dan berharap orang membaca dan mengimplementasikannya. Contoh agar tim sales benar-benar mengikuti setiap peroses yang Anda berikan adalah Membina Akuntabilitas (pertanggungjawaban). Salah satu proses yang diikuti oleh banyak tim terpencil yang sukses adalah membuat rutinitas akuntabilitas. 

Sekali seminggu, semua anggota tim memposting pembaruan tentang petunjuk apa yang akan mereka tindak lanjuti minggu depan dan target apa yang telah mereka temui. Ini membantu anggota tim berada di halaman yang sama pada target proyek yang sudah mereka capai. Dan akuntabilitas memastikan tim mencapai target tepat waktu. Akuntabilitas ini juga membuat setia tim Sales merasakan setiap apa yang harus meraka tanggungjawabi terhadap tugas tugas yang telah di berikan.

2. Bangun Kepercayaan Kepada Tim Sales saat WFH

Di dalam suatu tim bahkan dalam situasi Work From Home, membangun kepercayaan sangatlah penting dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Hampir di setiap tim penjual (sales), pencapaian individu pada transaksi mungkin diberikan lebih banyak pengakuan, daripada kerja tim yang masuk kedalamnya. Hal ini dapat menyebabkan konflik internal, kompetisi yang tidak sehat, dan ketidak percayaan. Ini adalah kondisi yang buruk untuk tim manapun, bahkan ketika tim sales Anda menghadapi work from home, ini dapat menyebabkan kemunduran yang sangat serius bagi perusahaan.

Sebuah tim yang tidak saling percaya tidak mungkin berkolaborasi atau saling membantu. Karena itu, Anda harus mengambil langkah aktif untuk mempromosikan kerja tim yang efektif di antara karyawan jarak jauh Anda seperti memberikan campuran yang tepat antara pengakuan individu vs tim, mengambil umpan balik secara teratur, memperjelas peran dalam proses penjualan, dan sebagainya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Agar Tim Anda Mau Berpartisipasi Dalam Meeting Online

3. Berikan Apresiasi dan Dukungan Kepada Tim Sales Anda

Ini salah satu yang merupakan cara agar tim sales Anda tidak merasa tertekan bahkan berat dalam menjalankan setiap tugas-tugas yang diberikan. Cara agar Anda bisa memberikan prestasi dan dukungan pada saat WFH, Anda bisa menggunakan Aplikasi media untuk membantu Anda dalam memberitahukan perestasi apa yang sudah di capai oleh tim Anda, seperti contoh Anda mengadakan Video call sekali seminggu ke seluruh tim Anda agar Anda bisa memberitahu apa saja pencapaian yang sudah diraih oleh setiap tim sales Anda pada saat Work From Home. Dan Anda juga bisa menanyakan apa saja kesulitan yang dilewati Tim pada saat WFH berlangsung. Jangan biarkan tim Anda menghadapi tantangan itu sendiri, ciptakan suasana dimana setiap tim Anda dapat menemukan bantuan dan dukungan kapan pun mereka butuhkan. Sehingga semua tim dapat lebih semangat dalam melakukan pekerjaan mereka.

4. Sesuaikan Dengan Tugas dan Kemampuan

Pada saat menjalankan WFH, tentunya Anda sudah memberikan tugas-tugas di setiap tim sales Anda. Namun apakah  Anda sudah memberikan setiap tugas kepada masing masing tim sesuai dengan kemampuannya ?
sebaiknya Anda memberikan setiap tugas di masing masing tim yang memungkinkan mereka dapat melakukanya, sebab apabila tim tidak melakukan tugas yang diberikan bahkan memerlukan waktu lama untuk memahaminya, itu semua dapat berpengaruh besar bagi kelangsungan perusahaan, dan Work From Home yang dijalankan tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan.

5. Berusaha Ekstra untuk Membangun Koneksi

Ketika para tim sales menghadapi Work From Home (WFH) salah satu kesulitan adalah tidak bisa bertatap muka secara langsung dalam berkomunikasi. Namun Anda tidak perlu khawatir dalam hal tersebut, dengan bertambah canggih nya alat teknologi di era zaman sekarang, Anda tidak perlu repot dalam melaukan komunikasi dalam melayani para customer, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti zoom, whatsapp, dan lainya. Anda juga dapat berkomunikasi bertatap muka, walapun tidak secara langsung. Namun itu dapat membantu Anda dalam menghadapi situasi WFH pada saat ini.

Metode Work From Home ini sangat bermanfaat sekali di era modern ini yang sudah serba digital, jika Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan Anda dapat memonitoring kinerja setiap karyawan tanpa mesti datang ke kantor.  Begitu pula bagi perusahaan yang masih mengelola pembukuan dan laporan keuangan dengan harus datang kekantor, pastinya akan sulit bagi Anda dengan kondisi tidak bisa kekantor, Anda dapat menggunakan software akuntansi online seperti Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda dalam mengelola pembukuan perusahaan Anda dimana saja dan kapan saja, dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun. Kegiatan mengelola Pembukuan tidak lagi menjadi hal yg repot, gunakan Harmony sekarang juga, Anda dapat mencoba GRATIS selama 30 Hari Software Harmony klik disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK