Harmony Blog

5 Top Aplikasi Video Conference Yang Dapat Bantu WFH Anda

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

5 Top Aplikasi Video Conference Yang Dapat Bantu WFH AndaPin

Pandemi virus corona saat ini membuat banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat dunia, salah satu yang terjadi adalah jumlah pengguna aplikasi video conference naik pesat khususnya pengunaan dalam dunia kerja. Kebijakan Work From Home (WFH) melalui video conference dilakukan oleh banyak perusahaan baik untuk meeting , presentasi juga untuk mengontrol karyawan yang bekerja dari rumah. Jadi sepertinya saat ini dunia kerja dipaksa untuk beradaptasi dengan menggunakan tekhnologi  termasuk menggunakan aplikasi video conference agar bisnisnya tetap bisa berjalan dan bertahan. Lalu, aplikasi video conference apa saja yang bisa membantu WFH Anda agar berjalan dengan baik?

Kebutuhan terhadap aplikasi video conference untuk dunia kerja pasti akan meningkat karena sebagian pola bisnis berubah walaupun wabah virus corona berakhir

Berikut 5 Top Aplikasi Video Conference yang Dapat Anda Gunakan

1. Skype

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan tekhnologi P2P (peer to peer) yang dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang diberbagai belahan dunia. Dalam versi Skype gratis, aplikasi video terbaik yang kami ulas pertama ini bisa digunakan untuk video conference WFH Anda dengan jumlah hingga 25 peserta.

Untuk Anda yang lebih menginginkan jumlah peserta yang lebih banyak Anda dapat menggunakan versi Skype bisnis yang jumlah pesertanya bisa sampai 250 orang (dengan berlanganan Microsoft Ofice 365). Fitur unggulan Skype antara lain dapat merekam panggilan hingga 30 hari, bisa mengaburkan background hanya bisa diaplikasi dan membagikan presentasi untuk dibahas bersama rekan kerja.

 Baca juga : 12 Tips Sukses Menjalankan Meeting Online Secara Efektif

2. Zoom Cloud Meeting

Zoom Cloud Meeting atau disebut juga Zoom  merupakan salah satu aplikasi vide terbaik yang paling tinggi traffic pengunaannya dalam beberapa waktu belakangan ini akibat pandemic virus corona, bahkan CEO Zoom, Eric Yuan menyebutkan bahwa pengguna Zoom mencapai 200 juta orang perhari dibulan Maret 2020. Zoom bisa menampung hingga 100 peserta dalam satu meeting dengan beberapa fitur yang ada didalamnya yaitu pangilan telepon, fitur webinar, presentasi dll.

Zoom bisa digunakan gratis untuk paketnya yang paling basic tetapi dibatasi hanya bisa digunakan maksimal 40 menit untuk meeting, sedangkan untuk paket diatasnya dengan fasilitas dan fitur yang lebih baik pengguna harus membayar sejumlah biaya tertentu. Akan tetapi walau sedang naik daun Zoom juga sedang disoroti akibat adanya isu tentang keamanan data penggunanya.

3. Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet atau lebih dikenal dengan sebutan Hangouts adalah produk video conference dari Google yang dikembangkan sejak tahun 2013. Didalam aplikasi Hangouts ada fitur-fitur seperti pesan instan, percakapan video, SMS dan VOIP.  Aplikasi ini bisa digunakan untuk meeting virtual sampai dengan jumlah peserta 250 orang tapi untuk bisa memanfaatkan fitur-fiturnya dengan maksimal, penguna harus berlanganan layanan G Suite. Hangouts cukup efektif untuk perusahaan yang memiliki team dalam jumlah kecil tapi sering melakukan meeting agar komunikasi tetap efektif ditengah krisis wabah corona.

4. Aplikasi Video Conference Cisco Webex

Cisco Webex merupakan aplikasi video conference dari perusahaan Amerika yang bermarkas di Milpitas, California sedangkan di Indonesia operasional Cisco Webex ada dibawah bendera Cisco System Indonesia. Aplikasi ini didesain untuk perusahaan atau organisasi bisnis yang memiliki jumlah karyawan yang banyak. Beberapa fitur yang ada di aplikasi ini antara lain bisa menampilkan 25 peserta sekaligus dalam satu layar dengan menawarkan kualitas video high definition, pesan singkat, penggilan telepon orang yang dituju, screen sharing dan papan tulis digital. Pengguna harus mengeluarkan sejumlah uang tertentu untuk mengunakan aplikasi ini sesuai dengan paket yang dipilih yaitu paket starter (kapasitas 50 peserta), paket pro (kapasitas 100 peserta) dan paket business (kapasitas 200 peserta).

5. GoToMeeting

GoToMeeting merupakan aplikasi yang sudah dikembangkan sejak tahun 2004 dan terus berinovasi sampai sekarang. Aplikasi ini bisa menampung 15 perserta ditingkat lowest subcription dan 25 – 125 peserta dalam level yang lebih tinggi. Beberapa fitur yang disediakan gotomeeting untuk penggunanya yaitu dapat mengatur ruang pertemuan pribadi dengan URL Anda sendiri, berbagi desktop secara realtime, merekam pertemuan dan menyimpannya. Demikian ulasan 5 top aplikasi video conference yang bisa digunakan untuk WFH. Selain aplikasi video conference Anda juga membutuhkan aplikasi lain yang bisa membantu Anda untuk kerja dari rumah, salah satu aplikasi yang penting untuk Anda gunakan adalah aplikasi akuntansi online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi online Anda bisa mengontrol keuangan perusahaan dari rumah dan laporan keuangan tersebut bisa membantu Anda mengambil kebijakan yang tepat untuk kondisi krisis seperti sekarang ini. Untuk aplikasi akuntansi online, Harmony merupakan pilihan terbaik karena mudah dan praktis digunakan serta memiliki fitur lengkap untuk membantu Anda membuat laporan keuangan dengan 20 lebih laporan real time. Saksikan konferensi kami yaitu Fintax Fair yang diadakan dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang keuangan dan pajak. Bagi Anda yang berminat mencoba Harmony GRATIS selama 30 hari, bisa mendaftar di Free Trial Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony