Harmony Blog

Hindari 3 Hal Ini Agar Bisnis Sukses Ditengah Krisis Covid-19

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Hindari 3 Hal Ini Agar Bisnis Sukses Ditengah Krisis Covid-19Pin

Virus Corona atau biasa disebut covid-19 hadir dengan menggemparkan seluruh dunia pada awal tahun 2020 ini tepatnya dibulan Januari hingga sekarang bulan April tahun 2020 yang berasal dari daerah Wuhan, Cina dan sudah menyebar diseluruh pelosok negara belahan dunia yang dimana COVID-19 sampai saat ini pun masih berhasil menjadi trending topic karena korban yang berjatuhan semakin bertambah dan melumpuhkan sebagian kehidupan didalamnya. Dalam hal ini, beberapa sektor hampir mengalami kelumpuhan yang berujung pada dampak terhadap perekonomian negara dan menyebabkan perlambatan aktivitas ekonomi secara global. Bagaimana bisnis dapat bertahan ditengah krisis Covid-19? Simak terus artikel ini.

Dampak Virus Corona Bagi Pebisnis

Setiap negara melakukan berbagai kebijakan untuk menyelamatkan warganya dari dampak-dampak yang di timbulkan, termasuk dari segi ekonomi. Karena kenyataannya pandemi ini berdampak bagi ekonomi global, termasuk bagi pelaku para pengusaha di Indonesia yang mayoritas adalah pemilik UKM. Hal ini berdampak pada beberapa perusahaan di Indonesia mengizinkan seluruh karyawannya untuk bekerja dari rumah atau work from home (remote). Dan untuk bisa melaksanakan Work From Home tersebut membutuhkan panduan praktis untuk mengontrol karyawan yang bekerja dari rumah agar setiap pekerjaan dapat dilaksanakan oleh karyawan meskipun terpisahkan oleh jarak. 

Lupakan sejenak ekspansi, fokus pada penjualan online, maka bisnis Anda menjadi sukses bertahan ditengah krisis COVID-19.

Setelah kejadian yang sedang dialami Indonesia khususnya saat ini, Anda tidak perlu khawatir dan cemas pada bisnis yang sedang Anda jalani. Asalkan anda mengetahui kiat dan trik khusus untuk melewati badai ini, maka bisnis Anda dapat melewatinya dan tetap stabil.

Berikut 3 Hal yang Harus Dihindari Agar Bisnis tetap Sukses Ditengah Krisis COVID-19.

1. Menambah Cabang Bisnis Ditengah Krisis Covid-19

Dengan kondisi negara Indonesia yang melemah ditengah COVID-19 ini berdampak pada perekonomian yang ikut melemah. Apabila bisnis atau perusahaan Anda yang memiliki kategori bisnis yang mengharuskan konsumen anda berkontak fisik dengan para karyawan di bisnis Anda. Seperti contoh, bisnis Rumah Makan, Kafe, atau bisnis Fashion seperti took baju dan lain-lain. Sangat tidak disarankan Anda menambah cabang atau membuka toko baru atau Bahasa ekonominya adalah melakukan ekspansi. Namun anda bisa memilih solusi lain yaitu dengan membuka toko online, seperti membuka toko online food delivery untuk bisnis kuliner atau jika bisnis fashion dan baju, Anda bisa membuka toko online (Online Shop) di platform ecommerce yang tersedia di Indonesia.

Baca juga : Strategi Pemasaran Online Shop Yang Mudah Di Terapkan

2. Bertumpu Pada Satu Pendapatan

Dengan melemahnya perekenomian menyebabkan pendapatan dalam sebuah bisnis ikut merosot drastis. Pastikan Anda tidak bergantung pada satu pendapatan saja, yaitu hanya dari bisnis yang sedang Anda jalani tersebut. Hal ini menyebabkan Anda akan mengalami kesulitan keuangan dan bisa berdampak pada pemasukan bagi keluarga Anda nanti. Anda bisa mencari pendapatan lain, seperti berinvestasi online yang dapat menambah keuntungan yang lebih besar.

3. Anggap Remeh Cashflow Keuangan Bisnis

Terlalu nyaman dengan pendapatan dan keluar masuknya dana pada bisnis Anda dapat mengakibatkan pertumbuhan bisnis Anda mengalami penyusutan, apalagi terjadinya peristiwa yang menyebabkan kondisi perekonomian saat ini melemah. Saatnya Anda memantau alur kas dan dan modal yang cukup untuk biaya operasional selanjutnya. Karena tidak satu orang pun yang mengetahui wabah ini akan berakhir. Disarankan untuk merencanakan keuangan secara tepat guna dengan mengalokasikannya ke hal yang bersifat krusial untuk sementara waktu.

Dengan ketiga hal yang disarankan untuk dihindari tersebut, dipastikan bisnis Anda dapat melewati peristiwa dan kasus yang sedang terjadi saat ini. Setidaknya kondisi bisnis Anda tetap kuat dan bertahan dalam menghadapi virus Corona atau COVID-19 ini. Setelah wabah ini berlalu, Anda bisa memikirkan selanjutnya langkah apa saja untuk mengembangkan bisnis Anda agar dapat menambah pemasukan pada keuangan Anda tersebut.

Pastikan selalu memantau kondisi keuangan bisnis Anda dengan sistem pencatatan keuangan yang kredibel dan bisa digunakan secara real time. Anda bisa menggunakan Harmony Smart Accounting Solution sebagai solusi dalam menemani Anda melakukan pembukuan serta pembuatan laporan keuangan Anda dengan biaya yang terjangkau. Daftar sekarang disini, dan dapatkan GRATIS selama 30 Hari penggunaannya, dan nikmati semua kemudahannya hanya dalam genggaman Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony