Harmony Blog

Value Proposition : Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Diupdate Apr 8th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Value PropositionPin

Pengertian value proposition adalah suatu elemen penting jika perusahaan ingin produk atau layanannya yang dipasarkan dipilih oleh konsumen.

Value proposition adalah suatu pesan singkat yang memiliki isi tentang penjelasan mengapa pelanggan harus menggunakan produk ataupun layanan Anda.Click to Tweet

Pengertian value proposition adalah salah satu elemen dari proses pemasaran. Sebab lewat value proposition, maka akan lebih mudah menunjukkan pada calon pelanggan soal kelebihan dari produk Anda.

Hal tersebut merupakan suatu rencana strategi yang dilakukan oleh pebisnis dalam meningkatkan setiap penjualan produk maupun layanannya.

Bagi Anda yang belum memahami apa itu value proposition ini, berikut dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai value proposition agar membuat loyalitas pelanggan menjadi meninggkat.

Apa itu Value Proposition?

Perlu diketahui bahwa value proposition merupakan salah satu dari bagian value proposition canvas. Dimana value proposition canvas adalah suatu penjabaran untuk melihat, bagaimana Anda bisa menciptakan value bagi para konsumen.

Apa itu value propositionPin

Contoh value proposition canvas ini adalah suatu alat yang dijadikan pebisnis untuk mengukur aoakah suatu produk atau jasa sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sedangkan pengertian value proposition itu sendiri merupakan suatu acuan pada pernyataan bisnis atau pemasaran yang digunakan oleh pebisnis untuk memberikan penjelasan mengapa konsumen harus membeli produk atau menggunakan pelayanan jasanya.

Namun nilai yang Anda tawarkan kepada calon pelanggan harus relevan untuk menjelaskan mengapa merek, produk ataupun layanan yang Anda tawarkan dapat menjadi solusi untuk permasalahan dari calon pelanggan tersebut.

Hal tersebut dapat dinyatakan dengan mengajak calon konsumen untuk turut menggunakan produk ataupun layanan bisnis Anda. Maka dengan hal tersebut Anda juga harus mampu meyakinkan calon pelanggan Anda agar yakin untuk menggunakan produk bisnis Anda.

Untuk meningkatkan penjualan Anda, bisnis juga perlu melakukan strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Metode ini tentu sangat bermanfaat dalam bisnis Anda karena dengan metode STP tersebut membuat strategi pemasaran lebih efektif dan lebih terkontrol.

Baca Juga: Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis

Bagaimana Cara Membuat Value Proposition?

Untuk mengetahui cara membuat value proposition ini, berikut di bawah ini akan dijelaskan cara yang dapat Anda lakukan dalam membuat value proposition yaitu:

Cara membuat value propositionPin

  1. Perjelas Visi dan Misi Perusahaan

    Agar value proposition Anda menjadi lebih efektif, maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa saja visi dan misi perusahaan atau bisnis Anda.

    Caranya Anda harus lebih memahami dengan pasti apa saja alasan diberdirikannya perusahaan Anda, dan apa tujuan bisnis Anda untuk saat ini dan juga untuk di masa depan. Setelah Anda sudah menganalisis visi dan misi tersebut, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk membuat value proposition yang baik dan sesuai dengan perusahaan Anda.

  2. Riset Calon Konsumen

    Seperti yang sudah dibahas bahwa contoh value proposition adalah salah satu strategi yang baik untuk menarik para konsumen dan membuat mereka lebih percaya akan produk Anda.

    Namun agar Anda mengetahui lebih jelas mengenai apa saja kemauan konsumen, maka Anda harus melakukan riset yang mendalam. Anda dapat melakukannya dengan cara mewawancarai atau memberikan survei secara online dan juga memberikan link survei tersebut kepada pelanggan Anda.

  3. Lakukan Analisis Pada Kompetitor

    Selain melakukan riset pada calon konsumen, Anda juga harus melakukan analisis kepada kompetitor Anda. Tentu dalam sebuah bisnis pasti akan ada kompetitor atau pesaing.

    Namun dengan adanya kehadiran kompetitor tersebut tentu jangan membuat Anda menjadi takut dan merasa bahwa produk Anda kalah dalam persaingan pasar.

    Maka untuk itu, Anda harus melakukan riset yang jelas dan mendalam mengenai produk atau layanan yang sudah disediakan oleh pihak kompetitor, apabila Anda sudah memahami apa saja kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda. Maka Anda bisa melakukan strategi pemasaran dalam menentukan USP atau unique selling proposition.

  4. Memberitahukan Kemudahan dan Manfaat Untuk Pelanggan

    Contoh value proposition yang efektif adalah suatu value proposition yang dapat membuat setiap pelanggan ataupun calon pelanggan menjadi termotivasi dalam mencoba produk yang Anda tawarkan.

    Maka untuk dapat meningkatkan pelanggan agar selalu membeli produk Anda, maka Anda harus mencantumkan dan memberitahu pelanggan atas setiap manfaat dan juga kemudahan yang dapat diperoleh pelanggan ketika mereka membeli produk Anda.

Baca Juga: Pengertian Pre Order Dan Cara Memaksimalkannya Pada Bisnis Anda

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Komponen Penting Dalam Value Proposition

Dalam menerapkannya, Anda juga perlu memperhatikan beberapa komponen penting ini.

  1. Performa

    Komponen ini merupakan suatu hal yang penting dalam meningkatkan kinerja value proposition pada produk bisnis Anda. Namun biasanya adalah produk yang berhubungan dengan teknologi, seperti website, komputer ataupun software.

  2. Desain

    Tentu suatu komponen yang sangat penting dan tidak sulit untuk diukur. Desain dalam hal ini tentu berhubungan dengan visualiasi atau pandangan pelanggan ketika mereka melihat suatu bentuk produk Anda.

  3. Menyelesaikan Masalah

    Komponen ini dimaknai sebagai suatu nilai pada setap produk yang benar-benar mampu memberikan ekspektasi yang sesuai dengan kepentingan dan keperluan pelanggan.

    Jadi, produk ataupun jasa yang Anda tawarkan mampu menyelesaikan masalah yang selama ini dialamai oleh pelanggan.

  4. Harga Produk

    Komponen selanjutnya adalah berdasarkan pada harga produk yang akan Anda tawarkan. Apabila semakin murah harga produk yang Anda berikan maka semakin besar peluang Anda dalam menarik konsumen. Namun menetapkan harga yang mahal pada produk juga mampu menarik banyak pelanggan, karena produk dengan harga mahal biasanya memiliki kualitas yang tinggi.

  5. Aksesibilitas

    Aksesibilitas merupakan value proposition yang mampu menawarkan kemudahan akses untuk banyak orang, tidak terbatas pada wilayah, jenis kelamin maupun umur. Pelanggan merupakan suatu kunci terpenting yang harus didapatkan untuk memperoleh keuntungan. Sebagai pebisnis Anda harus memahami cara agar pelanggan Anda bisa merasa puas akan produk yang Anda tawarkan.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa value proposition yang baik saja tidak cukup untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis. karena, Anda harus mampu mengelola keuangan bisnis Anda secara tepat dan rapi, sehingga setiap anggaran perusahaan bisa dilakukan dengan tepat, termasuk anggaran promosi produk.

Maka dari itu, Anda juga harus memerlukan sebuah pembukuan yang memiliki keamanan yang terjamin dengan mengunakanlah aplikasi yang berbasis cloud. Tujuannya adalah agar bisa diakses di manapun dan kapanpun tanpa batasan waktu, serta datanya tersimpan aman dan tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Seperti halnya dengan menggunakan sebuah aplikasi software akuntansi Harmony. Gunakan Harmony dalam mengelola keuangan bisnis Anda.  Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa Anda gunakan untuk memonitor keuangan perusahaan Anda. Dengan menggunakan Harmony, pengelolaan keuangan jadi lebih mudah sehingga Anda bisa lebih fokus dalam pemasaran, produksi dan pengembangan usaha. Mau menggunakan Harmony? Anda dapat mendaftar GRATIS 30 hari di sini.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan tips dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya. Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony