Harmony Blog

10 Tips Product Launch Strategy Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Diposting Jul 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

product launchPin

Ide dalam menciptakan sebuah produk bisa saja hadir setiap saat. Namun, untuk memulai mengeluarkan produk atau melakukan product launch Anda tentu tidak boleh terkesan buru-buru.

Product launch merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh pebisnis dalam meluncurkan dan memperkenalkan produk maupun layanan barunya di pasar.Click to Tweet

Oleh karena itu, Anda juga harus memiliki rencana strategi yang matang sebelum launching produk tersebut. Apabila Anda sudah memiliki perencanaan, maka Anda perlu memikirkan bagaimana produk tersebut dapat diterima di pasar dengan baik.

Mungkin hal tersebut terdengar sederhana, namun tanpa strategi promosi yang baik, tentu dapat membuat marketing Anda tidak akan berjalan dengan baik.

Maka dari itu, sebelum melakukan product launch, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui apa saja tips yang harus dilakukan sebelum memulainya. Untuk mengetahuinya, yuk simak artikel berikut ini.

Inilah 10 Tips Product Launch Strategy

  1. Miliki Rencana Strategis

    Dalam memasarkan product launch tentu selalu memberikan tantangan tersendiri, sebab perusahaan harus kembali lagi ke tahap awal. Di mana perusahaan harus merencanakan produk baru hingga pada sampai pada tahap strategi promosi produk tersebut.

    Membangun tim marketing yang solidPin

    Namun agar rangkaian kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan baik, maka Anda juga harus memiliki tim marketing yang handal dan juga profesional.

    Tim marketing mungkin tidak bertanggung jawab pada pembuatan produk. Namun tim marketing juga menjadi sebuah tolak ukur sukses atau tidaknya produk tersebut dipasarkan. Maka penting untuk mengatur rencana yang strategis di setiap elemen.

  2. Perkirakan Jangkauan Pasar Anda

    Sebelum memulai product launch, terlebih dahulu Anda harus melakukan riset pasar dan juga memperkirakan seberapa besar jangkauan pasar bisnis Anda.

    Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, buatlah daftar pertanyaan seperti, seberapa jauh produk Anda akan mendapatkan perhatian pelanggan?. Atau seberapa sering produk tersebut akan laku di pasaran?

    Bukan hanya itu, Anda juga bisa mencari tahu apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari produk milik kompetitor. Karena semakin banyak poin plus yang Anda miliki, maka semakin mudah bagi Anda untuk mengambil tindakan marketing selanjutnya.

  3. Fokus Pada Pelanggan, Bukan Produk Anda

    Apabila Anda ingin strategi promosi product launch sukses, maka Anda harus lebih memperhatikan kepada kemauan konsumen. Apa yang sedang diperlukan oleh pelanggan? Lalu bagaimana caranya agar kebutuhan tersebut bisa terpenuhi dengan produk atau jasa Anda?

    Mulailah untuk mencari pelanggan tersebut dan berikan mereka kesempatan untuk mencoba produk Anda. Dengan begitu konsumen akan lebih terpuaskan atau bisa dikatakan masalah mereka dapat dijawab oleh perusahaan Anda.

    Jika ingin melakukan product launch pada bisnis Anda, maka janganlah terus membicarakan soal fitur dan juga spesifikasi yang ada di dalam produk Anda. Tetapi sampaikan juga kepada konsumen Anda bagaimana produk tersebut bisa menjadi sebuah solusi dari permasalahan yang ada di sekitar masyarakat.

    Kuncinya adalah penting bagi Anda untuk mendengarkan dan memberikan manfaat atas produk maupun jasa yang diberikan agar Anda memiliki pelanggan potensial dan juga sesuai dengan harapan. Tentu dengan adanya product launch strategy ini maka Anda dapat memastikan penjualan Anda harus berjalan baik ke depannya.

    Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet

  4. Optimalkan Sosial Media

    Kita semua pasti setuju, bahwa media sosial merupakan alat pemasaran yang paling ampuh dalam melakukan marketing campaign. Sebab hampir setiap pebisnis melakukan product launchnya dengan menggunakan sosial media dalam memperkenalkan setiap produk barunya.

    Optimalkan product launch dengan menggunakan sosial mediaPin

    Salah satu contoh marketing campaign yang digunakan pada media sosial Instagram, Facebook dan lainnya adalah salah satu cara dalam memperkenalkan dan melakukan strategi promosi produk lewat internet.

    Dengan media sosial, perusahaan juga dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan dan dengan biaya yang murah juga.

  5. Buatlah Sistem Pre-Order

    Ada satu sistem yang bisa Anda gunakan sebelum melakukan launching product. Apa itu? Sistem tersebut adalah pre order atau PO. Ini merupakan langkah yang tepat bagi perusahaan Anda. Karena dengan begitu, Anda bisa mengetahui seberapa minat masyarakat atau calon konsumen untuk menikmati produk atau jasa Anda.

    Cara ini juga sudah dilakukan oleh brand ternama. Anda bisa menggunakannya dengan beberapa variasi seperti diskon atau promo khusus saat pre order atau pre launch. Maka calon pelanggan akan antusias kepada produk Anda dan akan semakin penasaran sampai mengetahui harga normal saat launching terjadi.

  6. Gunakan Video Pre Launch Agar Konsumen Penasaran

    Sesuatu yang membuat penasaran kerap menjadi hal yang menarik bagi banyak orang. Salah satu untuk menciptakan rasa penasaran tersebut adalah dengan melakukan teaser campaign / video pre launch.

    Hal ini merupakan salah satu cara terbaik agar calon konsumen semakin mencari tahu produk baru yang membuat mereka penasaran dan menumbuhkan rasa minat dalam membeli produk tersebut.

    Secara tidak langsung hal tersebut juga akan membuat para konsumen menyadari bahwa akan ada sesuatu yang menarik akan segera datang, hal tersebut tentu bisa menjadi langkah awal untuk membuat produk baru Anda diperbincangkan.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  7. Buatlah Konsep Event Yang Menarik

    Cara menarik berikutnya selain media sosial, Anda juga dapat mempromosikan produk baru Anda di tengah sebuah event tertentu yang juga berkaitan dengan produk Anda.

    Atau bisa lakukan sebuah event yang menarik di sebelah store atau toko Anda untuk mendatangkan minat pengunjung. Pastikan Anda memiliki anggaran yang cukup untuk itu.

    Penting, jika Anda ingin mendapatkan yang terbaik untuk penjualan Anda, maka perlu dilakukan dengan serius baik itu media yang digunakan atau konsep acara. Itu akan berdampak langsung bagi peningkatan penjualan produk dan bisnis Anda.

  8. Kerjasama Dengan Influencer Yang Tepat

    Seorang Influencer adalah salah satu sumber informasi yang banyak didengar oleh banyak orang. Maka sudah tidak heran jika banyak pebisnis yang melakukan product launch strategynya dengan mengundang influencer untuk memberikan testimoni dan mempromosikan produk Anda kepada pengikutnya.

    Influencer sudah terbukti memberikan pengaruh nyata pada setiap audiens blog dan media sosial mereka. Meskipun demikian, Anda juga harus cermat dalam memiliki influencer. Sebab nyatanya tidak semua pengikut influencer tersebut sesuai dengan target pasar Anda. Jika sudah tepat, jadikan salah satu dari mereka sebagai brand ambassador produk Anda.

    Menetapkan influencer yang tepatPin

  9. Testing Produk Anda Sebelum Launching

    Sebelum produk benar-benar diluncurkan ke pasar bersama dengan strateginya, pastikan dulu produk Anda sudah lolos testing oleh tim pengawasan produk.

    Selanjutnya, Anda harus melakukan uji coba dahulu di pasar yang sesungguhnya, tetapi dalam skala kecil. Sebab dengan testing ini, perusahaan dan pemasar akan mendapatkan sebuah gambaran dan pengalaman dari calon konsumen.

    Tentunya sebelum produk tersebut dikeluarkan terdapat biaya yang berkaitan dengan testing produk ini. Uji pemasaran ini juga bertujuan untuk menguji produk dan seluruh program pemasaran.

    Termasuk ketepatan target market, penetapan pemasaran STP, iklan dan lainnya. Sebelum perusahaan melakukan investasi secara maksimal ata produk baru tersebut.

  10. Persiapkan FAQ Dengan Baik

    Ketika Anda baru meluncurkan produk atau layanan, pelanggan akan sering kali memiliki pertanyaan mengenai penggunaan atau cara kerja produk tersebut yang bisa dilakukan. Karena apabila produk Anda semakin inovatif, maka Anda semakin perlu memberikan penjelasan atas produk Anda.

    Sebaiknya Anda harus mempersiapkan bagian “FAQ” terlebih dahulu agar konsumen lebih mudah memahami, secara lengkap dan mudah ditemukan. Agar lebih maksimal, beritahukan kepada pengguna untuk mengaksesnya sebelum menghubungi Anda apabila ketika ada masalah.

Itulah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk product launch Anda. Dengan memahami strategi di atas, diharapkan bisa membantu dan mempermudah Anda dalam melakukan product launch pada usaha Anda.

Satu hal lainnya yang perlu Anda ketahui bahwa menyelenggarakan kegiatan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga Anda memerlukan anggaran khusus dan Anda harus mencatatnya pada laporan arus kas perusahaan.

Namun, bila Anda kesulitan mencatatnya dan membuat laporan keuangan. Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Harmony.

Apa itu? Harmony merupakan sistem akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat membantu membereskan pembukuan Anda. Praktis digunakan kapan saja dan di mana saja, fiturnya yang mudah digunakan walau Anda tidak memiliki background accounting sekalipun.

Apabila Anda ingin membuktikan sendiri kemudahan fitur-fitur akunting Aplikasi Harmony, segera daftar melalui tautan ini dan dapatkan GRATIS 30 Hari. Info lebih lanjut mengenai Aplikasi Harmony silahkan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony