Harmony Blog

Tingkatkan Brand Loyalty Pada Konsumen Anda, Simak Tipsnya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

brand loyaltyPin

Setujukah Anda kalau brand loyalty adalah komponen penting dalam keberhasilan marketing brand? Kalau pelanggan tetap setia melakukan pembelian berulang, tentunya bisa semakin mendukung perkembangan dan kemajuan pesat perusahaan, kan.

Brand loyalty yang sukses akan membuat pelanggan tetap memilih suatu brand tertentu, dan mengabaikan brand pesaing lainnya.

Tak cuma brand loyalty, brand equity serta brand experience juga patut diperhatikan seksama penerapannya dengan baik oleh pemilik usaha. Bahkan, komponen lainnya seperti brand identity juga wajib menjadi prioritas pebisnis dan marketer agar suatu brand tetap unggul dari kompetitor.

Pengertian Brand Loyalty

Sebenarnya apa itu brand loyalty? Secara umum, brand loyalty adalah kondisi di mana konsumen tetap setia melakukan pembelian berulang pada suatu brand tertentu dari waktu ke waktu.

Bisa dikatakan bahwa brand loyalty adalah impian semua brand produk maupun jasa. Tanpa perlu repot melakukan banyak promo atau marketing besar-besaran, brand loyalty yang sukses akan membuat pelanggan tetap memilih suatu brand tertentu, dan mengabaikan brand pesaing lainnya.

Baca juga: Pengertian Pre Order dan Cara Memaksimalkannya Pada Bisnis Anda

Tips Menciptakan Brand Loyalty yang Sukses untuk Bisnis Anda

Meningkatkan brand loyalty adalah tanggung jawab bersama setiap departemen di dalam perusahaan. Berikut adalah tips-tips yang bisa diikuti untuk menciptakan brand loyalty:

1. Memiliki brand identity

Agar bisa tampil beda dan mudah diingat pelanggan, pertama-tama, produk atau jasa harus memiliki brand identity. Jadi, brand identity adalah identitas unik atau karakteristik khas suatu brand yang membuatnya lebih mudah dikenal oleh pelanggan.
Misalnya, suatu brand terkenal dengan warna seperti merah, biru, hijau, atau terdapat gambar logo yang jelas. Sehingga, meski dilihat dari kejauhan, produk akan bisa dikenali oleh pelanggan di antara jutaan produk lainnya yang terpajang di rak-rak toko.

2. Menciptakan brand equity

Selanjutnya, jika direnungkan kembali, sebenarnya brand loyalty adalah tentang bagaimana agar suatu brand bisa merangkul pelanggan baru, dan tetap mempertahankan pelanggan lama.

Inilah saatnya, perusahaan perlu menciptakan brand equity atau ekuitas merek. Jadi, setelah pelanggan mengenal brand identity produk atau jasa Anda, maka sekarang giliran brand equity untuk dilancarkan.

Misalnya, dengan memperbanyak varian produk atau jasa Anda, mengembangkan channel pemasaran, menggelar event menarik, hingga secara rutin mengadakan promo-promo yang menggerakkan hati pelanggan untuk melakukan pembelian berulang. Dibutuhkan proses waktu yang panjang agar bisa membentuk brand equity, namun hasilnya sangat sepadan dengan usaha yang dilakukan.

3. Menghadirkan brand experience

Pelanggan di era milenial sangat cerdas dalam memilih suatu brand produk atau jasa. Sedikit saja ada kelebihan yang ditemukan di brand kompetitor, mereka bisa berpaling. Tetapi, pemilik bisnis juga tak boleh kehilangan kreativitas. Salah satunya dengan menghadirkan brand experience yang berbeda dan tak terlupakan kepada pelanggan.

Misalnya dari segi packaging yang menarik, produk bisa dikemas dengan kardus yang bisa dibentuk menjadi mainan, puzzle, atau bahkan ada brand fashion yang membuat inovasi kemasannya bisa dibentuk menjadi hanger/ gantungan baju. Kreatif, kan!

Dengan begitu, pelanggan merasakan brand experience yang berkesan dan menganggap brand Anda peduli terhadap kelestarian lingkungan. Sebab, membuat kemasan yang bisa didaur ulang atau ramah lingkungan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Brand Loyalty

Agar lebih mudah memahami tentang contoh brand loyalty, dapat dilihat pada beberapa contoh brand loyalty dari perusahaan raksasa teknologi yang terkenal di seluruh dunia, Apple. Pelanggan setia Apple, selalu menantikan produk-produk varian terbaru dari Apple yang dirilis setiap pergantian tahun.

Bahkan, hanya dalam hitungan jam, produk terbaru yang diluncurkan Apple, akan ludes tak bersisa. Apple sukses menerapkan brand loyalty karena memiliki kualitas produk yang tinggi, desain menawan, dan prestise yang mumpuni. Tak peduli berapapun harganya, banyak pelanggan loyal Apple yang rela membayar. Maka itu, bisa dibilang brand loyalty adalah keinginan setiap pemilik bisnis dan marketer.

Pada intinya, bisa dibuat kesimpulan kalau brand loyalty adalah komponen yang sangat penting untuk menciptakan popularitas suatu brand agar dikenal masyarakat secara luas dan dipakai oleh pelanggan dari waktu ke waktu. Selain berkomitmen pada meningkatkan kualitas, brand juga harus berinovasi agar tidak ketinggalan dari para pesaing.

Software Akuntansi Harmony mendukung tugas keuangan dan akuntansi perusahaan agar berjalan praktis, otomatis dan akurat. Coba GRATIS 30 hari Software Harmony di sini. Dan jangan lupa, follow serta like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info terupdate lainnya. Terus update insight Anda seputar bisnis dan finansial melalui blog Harmony.

Nah, jika Anda ingin terima beres laporan keuangan setiap bulannya kini ada solusi untuk Anda. Manfaatkan layanan jasa pembukuan Harmony yang bisa membantu membereskan pembukuan, pelaporan pajak serta payroll dengan profesional dan harga yang terjangkau.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony