Harmony » Blog » 

10 Teknik Pemasaran Yang Efektif Meningkatkan Penjualan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 19, 2021

Dalam mengembangkan bisnis, salah satu hal yang tidak boleh untuk dilewatkan adalah teknik pemasaran. Sebab untuk mengenalkan setiap produk atau layanan secara optimal, pebisnis harus dapat menguasai setiap teknik pemasaran.

Dengan teknik pemasaran, bisnis akan lebih terarah dalam memperoleh sebuah keuntungan.Click to Tweet

Melakukan teknik pemasaran adalah suatu hal yang akan menunjang bisnis untuk berkembang pesat. Tujuan dari strategi pemasaran adalah untuk membuat produk yang Anda hasilkan dapat dikenal oleh masyarakat luas dan meningkatkan potensi penjualan bisnis Anda.

Namun melakukan teknik pemasaran adalah suatu tindakan yang tidak mudah, apabila Anda tidak mengetahui tekniknya maka pemasaran yang dilakukan akan tidak terarah dan menyebabkan kerugian pada bisnis Anda.

Baca Juga: Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi Dan Prosesnya

Untuk mengetahui apa saja teknik pemasaran tersebut, berikut dalam artikel ini akan dijelaskan 10 teknik pemasaran efektif untuk meningkatkan penjualan Anda.

Ketahui Target Pasar Anda

Sebelum melakukan teknik pemasaran, hal yang harus Anda lakukan adalah mengenal dan menguasai target pasar Anda terlebih dahulu, lakukan juga riset siapa yang akan menjadi target pasar Anda.

Apabila semakin spesifik target pasar yang Anda lakukan, maka semakin besar peluang Anda untuk sukses. Contoh teknik pemasaran untuk bisnis yang bergerak di bagian pakaian remaja perempuan.

Maka yang harus Anda lakukan dalam teknik pemasaran adalah menargetkan pasar Anda dengan penyesuaian remaja masih sekolah dan ukuran pakaian yang berumur 12-18 tahun.

Menetapkan Harga Produk

Salah satu contoh teknik pemasaran produk yang cukup krusial adalah dengan menetapkan harga produk dan disesuaikan dengan kualitas produk dan pasaran kompetitor.

Menetapkan suatu harga yang murah tentu hal yang sangat banyak diminati, namun konsumen juga akan mempertimbangkan kualitasnya. Maka dari itu jangan ragu untuk menetapkan harga yang mahal selama kualitas produk terjamin.

Gunakan Teknik Promosi

Sebagai pebisnis, tentu teknik ini sudah tidak asing lagi bukan untuk Anda lakukan. Dalam konsep penjualan dan konsep pemasaran yang tepat akan mendapatkan calon konsumen baru. Semakin banyak melakukan promosi maka potensi untuk meningkatkan penjualan akan semakin tinggi.

Promosi juga bisa dilakukan melalu online seperti media sosial atau konvensional guna mendapatkan peluang konsumen dalam jumlah yang lebih banyak lagi sehingga keuntungan pun mengikuti.

Melakukan Teknik Promosi

Pilihlah Tempat yang Strategis

Memilih tempat yang strategis merupakan teknik pemasaran yang harus Anda pertimbangkan dengan baik. Sebab kemungkinan produk yang Anda miliki akan akan terlihat dengan jelas dan tentunya akan memicu penjualan yang lebih tinggi juga.

Dalam memilih tempat yang strategis ini juga harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan konsumen dalam menjangkaunya. Seperti contoh, membuka sebuah usaha yang menjual setiap kebutuhan dan perlengkapan anak kos, maka pilihlah tempat yang berada dekat area kampus atau sekolah sehingga kemungkinan produk Anda cepat laku dan terlihat.

Lakukan Teknik Pemasaran Mulut ke Mulut

Teknik pemasaran langsung ini dapat dilakukan dengan menggunakan mulut ke mulut. Cara ini dilakukan dengan berkomunikasi langsung dengan konsumen.

Apabila Anda telah mempromosikan produk tersebut dan konsumen tertarik untuk membeli dan mencoba produk tersebut, maka konsumen akan memberitahu kepada konsumen lainnya yang berpotensi untuk membeli produk tersebut.

Tentu teknik ini sangat dibutuhkan oleh setiap pebisnis, yang bertujuan agar produk dapat dikenal oleh masyarakat luas dan tentu saja mendapatkan banyak konsumen.

Menggunakan Sosial Media

Dengan menggunakan teknik pemasaran produk melalui media soaial , perusahaan dapat menjalin transaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dan juga dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi.

Menggunakan Sosial Media

Maka dari itu keberadaan sosial media saat ini sangatlah penting untuk dilakukan sebagai alat promosi produk bisnis Anda. Contoh teknik pemasaran pada sebuah media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan lainnya.

Selain dapat menghubungkan banyak orang di dunia, media sosial juga dapat memberikan Anda kesempatan mendapatkan keuntungan yang lebih besar melalui memperbesar peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

Pemberian Insentif

Dalam melakukan strategi pemasaran tentu Anda membutuhkan jasa pihak ketiga, seperti reseller, distributor, promotor dan lainnya. Pihak tersebut harus diberikan insentif karena sudah berhasil memperluas jaringan penjualan bisnis Anda.

Selain itu insentif juga dapat Anda berikan kepada konsumen yang membeli produk dalam jumlah yang banyak. Tentunya hal tersebut akan membuat konsumen Anda merasa senang dan dihargai.

Dengan hal tersebut akan terjalin ikatan emosional antara konsumen dengan penjual. Apabila ikatan emosional tersebut sudah terjalin baik maka akan sulit bagi konsumen untuk berpindah ke produk kompetitor lain.

Diskon Untuk Konsumen

Teknik dalam memberikan diskon atau potongan harga juga dapat membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli. Sehingga konsumen dapat menjadi pelanggan tetap bisnis Anda. Hal ini tentu akan membuat konsumen melakukan pembelian berulang (repeat order).

Dengan memiliki pelanggan yang loyal tentu akan memberikan sebuah keuntungan yang banyak. Maka memberikan dikon pada pelanggan yang loyal juga merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap pelanggan tersebut

[elementor-template id="26379"]

Tawarkan Produk Secara Gratis

Teknik pemasaran ini merupakan suatu tindakan yang dianggap sangat ampuh untuk mendapatkan konsumen.

Mengapa teknik ini juga sangat penting untuk dilakukan? Seringkali seorang customer belum membeli produk tersebut karena mereka masih ragu dan belum pernah mencoba barang tersebut.

Apabila produk berupa jasa atau digital maka Anda dapat menawarkannya dengan melakukan free trial atau mencoba gratis agar menarik minat calon konsumen dalam mengetahui sebuah produk Anda tersebut.

Ciptakan Hubungan Baik dengan Pelanggan

Dengan adanya konsumen yang loyal merupakan suatu aset yang penting bagi sebuah perusahaan.

Jika Anda tidak ingin kehilangan pembelian, maka Anda dapat memberikan penghargaan kepada para konsumen yang loyal terhadap perusahaan Anda. Anda dapat menanggapi masukan konsumen atau memberikan hadiah secara langsung atas pembelian yang sudah mereka lakukan.

Itulah 10 teknik pemasaran yang harus Anda ketahui. Agar sukses dalam bisnis, Anda bukan hanya fokus kepada teknik pemasaran saja tapi juga harus mengelola keuangannya dengan baik. Gunakan Harmony dalam mengelola keuangan bisnis Anda.

Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan realtime yang bisa Anda gunakan untuk memonitor keuangan perusahaan. Bagi Anda yang mau menggunakan Harmony dapat mencobanya GRATIS selama 30 hari di sini.

Selain itu cari tau lebih lanjut tentang Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram