Harmony Blog

Syarat-Syarat Laporan Keuangan Menurut Standar Akuntansi

Diupdate Feb 27th, 2021
4

SHARES

PEMBACA

syarat laporan keuanganPin

Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses akuntansi suatu perusahaan. Fungsi laporan keuangan sangat vital, sehingga  harus disusun dengan baik untuk kepentingan intern maupun ekstern. Maka dari itu, dalam menyusunnya harus memperhatikan setiap syarat laporan keuangan.

Kriteria laporan keuangan yang baik tentunya harus disajikan secara lengkap, baik untuk komponen laporan keuangan maupun untuk setiap akun pada jenis laporan keuangan yang dibuat. Hanya dengan cara demikian, maka perusahaan akan memiliki laporan keuangan yang komprehensif dan memenuhi syarat laporan keuangan.

Syarat laporan keuangan harus diterapkan dengan baik supaya bisa menghasilkan keputusan yang baik pula bagi pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Secara khusus, syarat laporan keuangan yang harus benar-benar diperhatikan adalah syarat laporan keuangan menurut PSAK. Syarat-syarat laporan keuangan yang dimaksud yaitu dapat dipahami, relevan, keandalan, dan dapat dibandingkan. Namun, syarat laporan keuangan bisa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu syarat laporan keuangan kuantitatif dan syarat laporan keuangan kualitatif. Berikut ini, penjelasan mengenai dua macam syarat atas laporan keuangan tersebut.

Syarat Laporan Keuangan

1. Syarat Umum (Kuantitatif)

Syarat umum atau syarat kuantitatif laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi adalah informasi keuangan harus bisa dipercaya dan lengkap yang mencakup harta, utang, modal, kewajiban, pendapatan, dan beban perusahaan.

Untuk mendapatkan manfaat laporan keuangan secara optimal, perlu diketahui pula keterbatasan laporan keuangan. Misalnya, keterbatasan laporan keuangan yang  menunjukkan transaksi dan peristiwa yang telah lampau, maupun hanya melaporkan informasi yang materiil

Kriteria laporan keuangan ini lebih menekankan pada informasi yang disajikan tentang kebijakan akuntansi, harta, dan laba perusahaan. Data-data yang diperoleh merupakan catatan atas segala aktivitas pada siklus keuangan yang menjelaskan nilai yang bisa dihitung atau memiliki kuantitas.  Syarat kuantitatif laporan keuangan memuat informasi yang lengkap dan sangat berguna bagi perusahaan, terutama untuk mengambil suatu kebijakan.

Baca Juga : Cara dan Metode Membuat Cash Flow Yang Benar

2. Syarat Khusus (Kualitatif)

Syarat khusus atau syarat kualitatif laporan keuangan merupakan syarat-syarat yang terdiri dari beberapa poin yang harus disajikan secara terperinci. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, syarat ini meliputi dapat dipahami, relevan, keandalan, dan dapat dibandingkan.

a. Dapat Dipahami

Syarat kualitatif laporan keuangan adalah dapat dipahami atau Understandability. Laporan keuangan yang disusun harus jelas dan mudah dipahami oleh setiap pihak. Maka dari itu, dalam penyusunannya harus sesuai dengan siklus akuntansi yang jelas supaya pihak yang membutuhkan informasi keuangan dari laporan tersebut bisa memahami isinya dengan jelas.

b. Relevan

Syarat kualitatif laporan keuangan selanjutnya adalah relevan dengan tujuan perusahaan. Relevan yang dimaksud yaitu laporan keuangan harus bisa menggambarkan beberapa informasi penting yang sesuai dengan fakta kegiatan perusahaan. Informasi juga harus akurat tentang kondisi perusahaan secara menyeluruh untuk semua aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan memperoleh laba.

c. Memiliki Keandalan

Laporan keuangan yang disusun harus memiliki keandalan, yaitu sesuai komponen laporan keuangan dengan ukuran dan daya uji kebenaran. Supaya bisa memiliki keandalan, maka diperlukan dasar penetapan aturan tertentu untuk mengukur kebenaran laporan keuangan. Selanjutnya, kendala hanya mungkin jika laporan keuangan disusun bersifat netral atau tidak memihak. Keandalan juga bisa diukur dengan ketepatan waktu dalam menyajikannya, karena akan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi perusahaan.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Neraca Saldo

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

d. Dapat Dibandingkan

Laporan keuangan yang dibuat harus mempunyai daya banding atau dapat dibandingkan. Artinya, laporan keuangan harus bisa memberikan informasi sebagai perbandingan dengan laporan periode sebelumnya. Agar bisa dibandingkan dengan benar, maka laporan keuangan harus bersaldo normal sesuai dengan akun atau rekening perkiraan. Semua harus dipastikan telah memenuhi proses yang tepat sesuai dengan ketetapan yang pasti dalam ilmu akuntansi.

Harmony, Software Akuntansi Online yang Memudahkan Bisnis Anda

Laporan keuangan yang Anda buat harus memenuhi syarat-syarat di atas. Cara membuat laporan keuangan bisa dilakukan dengan membuat pembukuan sederhana maupun dengan teknologi. Tapi, untuk bisnis saat ini, pemanfaatan teknologi jauh lebih efektif untuk membuat laporan keuangan.

Software Akuntansi Harmony merupakan teknologi yang paling bisa diandalkan untuk membuat laporan keuangan perusahaan Anda. Dengan fitur-fitur yang sangat lengkap, Anda akan membuat laporan keuangan yang memenuhi syarat dan kriteria dengan cepat dan mudah.

Laporan keuangan yang terjadi adalah laporan keuangan yang dapat dipahami, relevan, memiliki keandalan, dan dapat dibandingkan. Yuk, beralih menggunakan Software Akuntansi Harmony GRATIS 30 Hari klik disini.

Untuk membantu Anda dalam melakukan pembuatan laporan keuangan bahkan ingin terima beres, tidak perlu khawatir Anda bisa menggunakan layanan jasa pembukuan Harmony Accounting Service yang dapat membantu Anda. Dibantu oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi. Ikuti dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony agar Anda tak ketinggalan info terbaru kami.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony