Harmony Blog

Strategi Pemasaran Jasa Yang Dapat Anda Terapkan

Diupdate Mar 11th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Strategi-Pemasaran-JasaPin

Strategi pemasaran jasa bertujuan untuk mempertemukan hasil produknya dengan pelanggan, sehingga kebutuhan dan keinginan pelanggan nantinya akan terpenuhi.

Secara umum diketahui bahwa karakteristik strategi pemasaran jasa bersifat tidak berwujud dan tidak dapat menjadi sebuah kepemilikan. Namun dalam perusahaan jasa strategi promosi ini menawarkan pelayanan seperti rumah sakit, tempat hiburan, sekolah, bank, dan sebagainya.

Dengan demikian strategi pemasaran jasa ini juga mencakup kegiatan yang bisa dirasakan oleh konsumen. Sehingga kegiatan pemasaran ini juga mempengaruhi biaya pengeluaran ataupun pemasukan, dan menambah manfaat suatu usaha jasa karena dapat menimbulkan keuntungan dimasa mendatang.

Strategi pemasaran jasa bertujuan untuk memberikan pelayanan secara efisien, meningkatkan kinerja karyawan, dan memanfaatkan teknologi.

Apa Itu Strategi Pemasaran Jasa?

Dalam pendapat KBBI bahwa jasa adalah kemudahan, aktivitas, manfaat dan lainnya. Di mana pelayanan ini dapat diberikan dan dijual kepada orang lain ataupun konsumen yang menikmati dan menggunakan produk tersebut.

Di sisi lain strategi pemasaran jasa adalah sebuah rencana yang secara keseluruhan, akan berkaitan dengan usaha jasa untuk mengubah minat calon konsumen potensial menjadi konsumen yang menikmati produk tersebut.

Tentunya dalam strategi pemasaran jasa ini memiliki anggaran biaya khusus yang juga ikut dipertimbangkan. Seperti biaya promosi, biaya sumber daya, biaya pemasaran lokasi, dan sebagainya.

Maka agar lebih tepat dalam mencatat semua biaya tersebut, Anda perlu memperhatikan siklus akuntansi perusahaan jasa sebagai acuan pembukuan Anda. Sehingga semua data keuangan yang dilaporkan sesuai dan bersifat relevan serta valid.

Baca Juga : Cara Praktis Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Mengapa Strategi Pemasaran Jasa Itu Penting?

Dengan menciptakan strategi pemasaran jasa pada suatu perusahaan, bertujuan supaya produk yang ditawarkan kepada konsumen dapat tersampaikan dengan baik.

Maka dari itu alasan mengapa strategi pemasaran usaha jasa itu penting karena pebisnis dapat mengetahui target konsumen yang dituju, produk yang digunakan, serta kisaran anggaran yang dikeluarkan konsumen. Adapun beberapa contoh pemasaran jasa dalam penilaian konsumen meliputi:

1. Membangun Kepercayaan

Anda perlu menjadikan diri konsumen itu penting. Karena dengan begitu, jasa pelayanan Anda akan digunakan dalam waktu yang lama. Jika konsumen sudah menunjukkan kepuasannya maka di situlah Anda mendapatkan kepercayaan konumen. Bantulah dengan tulus dan berikanlah manfaat yang konsumen harapkan. Itu sebuah kunci dalam membangun kepercayaan.

2. Menciptakan Pengalaman Bagi Konsumen

Setelah meningkatkan penilaian konsumen, selanjutnya kegiatan pemasaran usaha jasa ini akan efektif apabila dapat menciptakan pengalaman yang baik bagi konsumen.

Sehingga adanya pengalaman inilah dapat membantu Anda untuk meraih nilai pelayanan terbaik dan menimalisir resiko yang tidak di inginkan. Berikut klasifikasi penilaian pelanggan:

a. Value as A Low Price

Pada penilaian ini merupakan pengorbanan sedikit demi sedikit yang dilakukan konsumen, untuk mencapai kepuasan sebesar mungkin.

b. Value as Wether Consumer Wants In a Product

Penilaian konsumen ini terfokus pada apa yang diterima dalam pelayanan yang diberikan perusahaan.

c. Value as The Quality Consumer Gets For The Price They Pay

Lain hal dengan penilaian konsumen yang membandingkan kualitas yang didapatkan dengan apa yang dibayarkan.

d. Value as What The Consumer Get For What They Give

Penilaian ini juga dapat mempertimbangkan konsumen dalam menilai kualitas produk atau pelayanan yang dikeluarkan.

Strategi pemasaran jasaPin

Apa Saja Pendukung Keberhasilan Strategi Pemasaran Jasa?

Melakukan pemasaran dalam usaha jasa, maka Anda perlu mengingat apa saja ide yang pendukung srategi pemasaran jasa. Seperti harga, produk, tempat, dan strategi promosi. Selain itu ada tiga ide tambahan yang pendukung lainnya yaitu:

a. Prosedur Yang Tertib Diikuti

Salah satu yang menjadi pendukung adalah prosedur. Cara ini dilakukan agar promosi dapat berjalan secara lancar dan tidak terjadi kendala. Hal ini dilakukan supaya menjaga kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

b. Tenaga Profesional

Kegiatan pemasaran ini tentu akan membutuhkan tenaga yang terlibat langsung kepada konsumen sebagai customer service atau penawaran jasa. Sehingga adanya tenaga ini berfungsi menjual jasa atau atau produk pemasaran yang menjadi branding pada usaha jasa Anda. Tentunya sifta kompeten menjadi sebuah syarat utama dalam memiliki tenaga profesional.

Baca Juga: 5 Cara Mengembangkan Bisnis Salon Kecantikan Anda

C. Feedback Konsumen

Ketika Anda menawarkan jasa yang ditawarkan secara baik dan benar, akan menciptakan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Sehingga Anda dapat menerima penilaian positif yang membangun citra perusahaan, berupa feedback konsumen melalui komunikasi atau dokumentasi secara fisik

Apa Saja Karakteristik Strategi Pemasaran Jasa?

Menjalankan promosi yang perlu Anda ketahui apa saja karakteristik dalam contoh pemasaran jasa yaitu:

1. Segmentasi Market

Melakukan kegiatan ini harus berfokus pada konsumen yang potensial, agar pelayanan ini dilakukan secara baik dan menarik minat konsumen dikarenakan citra perusahaan dan kinerja karyawan yang baik. Sehingga harga yang ditawarkan juga harus disesuaikan dengan manfaat yang konsumen terima.

2. Positioning Market

Menentukan positioning secara spesifik akan membuat Anda semakin tepat untuk mendapatkan konsumen, cara ini ditujukan supaya Anda mendapatkan posisi pemasaran yang kuat dalam lingkup pasar.

3. Market Entry Strategy

Strategi ini dilakukan seperti membeli perusahaan lain, bekerjasama dengan perusahaan lain atau internal development. Hal ini dilakukan supaya usaha jasa Anda bisa masuk pada segmen pasar yang tertentu.

4. Marketing Mix Strategy

Dengan mempengaruhi tanggapan konsumen, sebaikanya memiliki banyak variabel pemsaran yang digunakan. Seperti contoh pemasaran jasa mix yaitu Price, Product, Place, Participant, Promotion, Process, serta People Physical Eviden

5. Timing strategy

Melakukan strategi pemasaran sebaiknya memilih waktu yang tepat sehingga produk yang ditawarkan kepada konsumen juga meningkat.

Karakteristik strategi pemasaran jasaPin

Cara Menjalankan Strategi Pemasaran Jasa

Adapun berbagai cara untuk menjalankan strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan penjualan yaitu:

1. Menjalin Hubungan Baik Kepada Pelanggan

Melakukan promosi dan mengenalkan produk Anda secara langsung kepada pelanggan juga dapat menghemat biaya iklan yang mempengaruhi laporan perubahan modal usaha Anda.

Selain itu untuk memiliki loyalitas konsumen sebaiknya Anda menjalin hubungan secara baik kepada pelanggan, agar nantinya di masa mendatang konsumen Anda tetap memakai jasa Anda.

2. Mengetahui Target Market Konsumen

Jika Anda sudah tahu target market konsumen dengan pelayanan yang diberikan secara cepat dan tepat, maka akan membuat konsumen untuk berlangganan kembali. Karena pada dasarnya konsumen tidak suka menunggu lama dan pastinya akan membutuhkan pelayanan yang ditawarkan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Melakukan Promosi Internet Marketing

Pada dasarnya teknologi sekarang yang digunakan semakin canggih, maka dari itu promosi yang dilakukan melalui internet marketing akan membuat pelanggan puas atas pelayanan yang diberikan. Contoh strategi pemasaran internet ini berupa Instagram, Facebook, ataupun sebagainya.

4. Memutuskan Lokasi Secara Tepat dan Strategis

Melalui pertimbangan pemasaran dan memutuskan lokasi secara tepat dan strategis, akan membuat Anda mendapatkan konsumen yang sesuai dengan target penjualan produk Anda.

5. Tetap Menjalankan Promosi Secara Offline

Bekerja sama di acara pameran atau seminar yang sesuai dengan usaha jasa Anda, dapat memberikan kemudahan untuk mempromosikan produk dan menambah kepercayaan konsumen.

Anda juga bisa melakukan strategi promosi ini secara rutin dan kreatif agar konsumen tertarik atapun tidak bosan.

Seperti itulah pembahasan mengenai strategi pemasaran jasa, sehingga Anda sebagai pebisnis juga akan mengambil langkah dalam menghemat biaya pemasaran ataupun biaya lainnya.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan laporan keuangan secara cepat, sekarang bisa Anda gunakan jasa profesional. Layanan jasa ini juga bisa membantu menghitung dan melaporkan pajak Anda.

Bukan hanya itu pembukuan bisnis Anda pun dapat dibereskan secara teknologi dengan layanan profesional ini. Apa sih teknologi yang digunakan?

Harmony software akuntansi adalah solusi pembukuan berbasis teknologi yang bisa membantu Anda. Ingin menggunakannya? Kini tersedia Gratis 30 Hari jika Anda mendaftarkannya di sini.

Harmony telah membantu ribuan pebisnis untuk mendapatkan laporan keuangan realtime dan menyelesaikan transaksi penjualan dan pengeluaran dengan mudah. Jadi, tunggu apalagi? Nikmati kemudahannya untuk bisnis Anda.

Untuk mengetahui informasi terkait Harmony, Anda juga bisa mengikuti sosial medianya seperti Facebook, Instagram dan Linked In.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony