Harmony Blog

Pengertian Perusahaan Jasa, Jenis dan Karakteristiknya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

pengertian perusahaan jasaPin

Sudah tidak asing lagi bukan, jika mendengar sebuah pengertian perusahaan jasa? Setiap semua orang pasti tahu tentang pengertian perusahaan jasa. Sebab aktivitas sebuah perusahaan jasa sangat terkait dengan kehidupan di lingkungan Anda sehari-hari.

Banyak contoh yang terdapat dalam pengertian perusahaan jasa yang dapat Anda temui dalam lingkungan sekitar Anda, contohnya jasa ojek, jasa fotocopy, jasa laundry, dan masih banyak lagi.

Dalam suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, penanganan yang baik terhadap sistem pelayanan yang diberikan kepada costumer merupakan salah satu unsur terpenting, dengan menerapkan sistem pelayanan yang terkendali dengan baik, akan tercipta hubungan dengan costumer dalam jangka panjang.

Anda dapat juga menerapkan beberapa bisnis plan dalam sebuah peusahaan jasa Anda, bisnis plan juga memuat tujuan atau goals yang ingin perusahaan Anda capai, serta memastikan apakah tujuan atau keputusan tersebut bisa tercapai dengan baik pada perusahaan Anda atau tidak.

Perusahaan jasa merupakan salah satu sebuah perusahaan yang didirikan seseorang atau sekelompok orang yang kegiatan utamanya bergerak dalam bidang pelayanan jasa atau menjual jasa.

Dan untuk menciptakan informasi yang cepat dan akurat, suatu perusahaan harus didukung dengan sistem informasi yang baik. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan tersebut dapat lebih unggul dalam persaingan dengan perusahaan-perusahaan sejenisnya.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian perusahaan jasa, berikut akan di bahas mengenai apa saja karakteristik dan jenis-jenis dalam sebuah perusahaan jasa.

Pengertian perusahaan Jasa

Pengertian perusahaan jasa menurut para ahli christian Gronross menjelaskan bahwa pengertian perusahaan jasa ialah segala sesuatu kegiatan yang ada didalamnya terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara pegawai jasa dan pelanggan dalam mengatasi keperluan pelanggan.

Namun secara umum, pengertian perusahaan jasa adalah suatu usaha yang mempunyai aktivitas produksi produk yang tidak “berwujud” atau jasa yang memiliki tujuan untuk memperoleh sebuah keuntungan atau laba.

Namun pengertian perusahaan jasa juga dapat juga diartikan sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksi nya, yang mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen dan memperoleh keuntungan.

Ada banyak perusahaan jasa yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh perusahaan jasa yang sedang populer adalah perusahaan penyedia jasa angkutan umum berupa kendaraan motor. Keberadaan perusahaan ini sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat tujuan.

Dan dengan mengakses aplikasi online perusahaan tersebut, pembeli dapat memanfaatkan jasa transportasi. Maka pada saat terjadi transaksi, pembeli melakukan pembayaran atas jasa transportasi yang diperoleh. Tidak terjadi pembayaran atas kendaraan motor yang digunakan dan tidak terjadi perpindahan kepemilikan kendaraan tersebut kepada pembeli jasa.

Sama seperti perusahaan barang dan jenis perusahaan lainnya, perusahaan jasa pun menjalankan aktivitas ekonominya dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Jika perusahaan mampu menyediakan jasa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, maka akan banyak pembeli yang memilih jasa dari perusahaan tersebut.

Dengan adanya pembeli, maka tentu saja perusahaan akan memperoleh pendapatan dan keuntungan. Dengan begitu komponen ini kemudian akan digunakan oleh perusahaan jasa dalam melakukan transaksi-transaksi.

Setelah Anda memperoleh sebuah keuntungan tersebut, setiap transaksi baik itu pengeluaran ataupun pemasukan, Anda harus membuat sebuah pembukuan mengenai setiap transaksi tersebut, dengan Anda menyusun laporan keuangan pada perusahaan Anda, maka Anda dapat mengetahui sejauh mana perkembangan atau pergerakan yang terjadi pada sebuah perusahaan jasa Anda.

Karakteristik Perusahaan Jasa

Adapun beberapa ciri-ciri perusahaan jasa atau karakteristik perusahaan jasa yaitu :

a) Kegiatan Utamanya Menjual Jasa

Sebuah perusahaan jasa tidak membuat sebuah produk dalam perusahaan nya, namun sebuah perusahaan jasa menawarkan sebuah bentuk layanan yang bermanfaat dan dibutukan oleh konsumen.

b) Tidak Menyediakan Produk Dalam Bentuk Fisik

Perusahaan jasa tidak menjual sebuah produk dalam bentuk fisik ataupun dalam bentuk barang. Namun meskipun perusahaan jasa tidak memiliki produk yang dapat dilihat, tetapi manfaat nya dapat di rasakan oleh konsumen.

c) Hasil Produk Jasa Tidak Dapat Disamakan

Jika Anda menjual produk nyata di mana barang yang dijual di antara konsumen akan memiliki bentuk dan hasil yang sama.

Lain halnya pada entitas bisnis jasa di mana hasil layanan yang akan diterima oleh masing-masing konsumen dapat berbeda dari konsumen lain. Misalnya dalam hal kualitas layanan atau kemampuan penyedia layanan.

d) Tidak Memiliki Harga Pokok Produksi

Dalam sebuah perusahaan jasa memiliki karakteristik yang sangat membedakan antara jasa dengan jenis perusahaan lainnya, karakteristik dalam sebuah perusahaan jasa ialah tidak adanya harga pokok produksi dan penjualan.

Dan perusahaan jasa tidak melakukan kegiatan produksi barang karena tidak membutuhkan bahan baku produksi. Sehingga laporan keuangan pada perusahaan jasa tidak terdapat informasi tentang harga pokok produksi dan penjualan.

e) Tidak Ada Standar Harga yang Umum

Dalam sebuah kebutuhan konsumen atau pelanggan biasanya selalu berbeda-beda tergantung keluhan atau keinginannya. Maka harga jasa tersebut tidak bisa dipatok secara umum dan harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Jenis Transaksi Perusahaan Jasa

Di dalam sebuah perusahaan jasa tetrdapat jenis transaksi yang dilakukan, transaksi-transaksi yang terjadi adalah meliputi :

• Investasi

Ketika membuak sebuah perusahaan jasa, Komponen yang sangat penting pada saat akan membuka suatu usaha baru adalah komponen modal. Modal diperoleh dari investasi yang ditanamkan oleh investor dimana nilai investasi ini berkorelasi dengan skala usaha yang akan dibuka.

Jika usaha dalam skala besar, maka nilai investasi diperlukan dalam jumlah besar. Jika usaha dalam skala kecil, maka nilai investasi yang diperlukan dapat diminimalisasi.

Misalnya dalam sebuah penyedia jasa pencucian pakaian (laundry). Dalam jasa pencucian pakaian (laundry) banyak pihak-pihak yang berminat untuk membuka perusahaan ini di wilayah perkotaan, dimana dinamika penduduk nya sangat banyak dan tentunya banyak memerlukan jasa laundry tersebut, maka perlu mempertimbangkan membuka usaha dalam skala yang besar.

Selain itu diperlukan juga disediakan layanan misalnya untuk pencucian sepatu di tempat yang sama. Dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan yang tinggi, maka layanan one day service pun diperlukan. Dengan demikian perusahaan memerlukan mesin-mesin yang tidak hanya berjumlah cukup banyak tetapi juga berteknologi canggih.

Dapat disimpulkan investasi yang diperlukan oleh perusahaan ini pastinya berjumlah tinggi. Harus dipastikan bahwa dilakukan pencatatan atau pembukuan investasi dengan benar karena berkaitan dengan hasil yang menjadi hak para investor pada perusahaan jasa tersebut.

• Pembelian

Dalam sebuah perusahaan jasa, perlengkapan atau peralatan kerja sangat diperlukan dalam melakukan aktivitas ekonominya. Misalnya sebuah perusahaan penyedia jasa pencucian pakaian.

Untuk dapat memberikan jasa dengan baik, perusahaan tentunya perlu melakukan pembelian peralatan seperti mesin cuci dalam jumlah yang tidak sedikit. Pembelian peralatan ini bertujuan untuk berjalannya kegiatan operasional perusahaan yang efektif dan efisien.

Dan dengan adanya jumlah mesin cuci yang memadai maka perusahaan bisa melakukan pencucian dalam volume yang besar serta menyediakan jasa yang efisien bahkan pada saat pembeli dalam jumlah yang banyak, dan dengan cara seperti ini, para konsumen akan merasa bahwa pelayanan dalam perusahaan jasa Anda sangat baik dan memuaskan.

• Pendapatan

Dalam setiap perusahaan pasti ingin memperoleh pendapatan dan keuntungan semaksimal mungkin. Namun untuk mencapai sebuah tujuan tersebut, perusahaan akan berusaha menyediakan jasa yang terbaik bagi para konsumen nya. Pendapatan tersebut lah yang akan digunakan untuk kebutuhan operasional perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan jasa akan selalu memberikan pelayanan yang baik dan bisa memuaskan para konsumenya sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan baik. Dan transaksi pendapatan wajib dicatat dalam laporan keuangan perusahaan jasa tersebut.

• Pembayaran

Ketika Anda memulai sebuah usaha, tentu saja tidak hanya diperlukan perlengkapan maupun peralatan yang canggih, namun diperlukan juga komponen penting seperti pembayaran terhadap listrik, telepon, dan internet yang sangat mempengaruhi keberlangsungan layanan atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan jasa.

Bisa kita lihat dalam sebuah perusahaan penyedia jasa pencucian pakaian, tentunya  hanya bisa mengoperasikan mesin cucinya jika listrik tersedia di tempat usaha tersebut.

Selain listrik, perusahaan juga pasti membutuhkan telepon sebagai sarana telekomunikasi dengan para pembeli atau konsumen. Internet juga diperlukan untuk mempermudah komunikasi dengan konsumen dan dapat digunakan juga sebagai strategi pemasaran pada jasa laundry tersebut.

Selain itu, ada juga beban yang wajib dibayarkan, yaitu pembayaran tenaga kerja. Pembayaran tenaga kerja, sama seperti ketiga komponen yang sudah dibahas di awal, wajib dilakukan setiap bulan. Bisa dibayangkan bagaimana jika ada beban wajib yang tidak dibayarkan. Tentu saja akan sangat mengganggu seluruh aktivitas perusahaan yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen.

• Penerimaan Piutang

Penjualan jasa yang dilakukan oleh suatu perusahaan menimbulkan pemasukan tidak hanya pada saat konsumen langsung membayar, tetapi juga pemasukan dari segi piutang. Dengan pemberian piutang, maka konsumen akan membayar dalam kurun waktu yang sudah disepakati.

Piutang dapat ditemukan pada perusahaan yang memberikan jasa yang sifatnya berlangganan. Sebagai contoh, salah satu layanan jasa yang disediakan oleh bank adalah penggunaan kartu kredit.

Pembelanjaan yang dilakukan oleh konsumen dengan menggunakan kartu kredit dari bank tersebut akan dibayarkan oleh bank. Dan dengan tanggal yang telah ditentukan setiap bulannya, konsumen akan menerima tagihan dari bank yang harus dibayarkan dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga : 10 Tahapan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Jenis jenis Perusahaan Jasa

Apabila Semakin banyak dan tingginya tingkat kebutuhan masyarakat dalam perusahaan jasa, membuat keberagaman jenis perusahaan jasa semakin meningkat pesat. Jumlah permintaan jasa pun tak hanya berasal dari kalangan atas saja tetapi dari berbagai kalangan.

• Perusahaan Jasa Pengadaian

Dalam sebuah perusahaan jasa, pegadaian merupakan suatu jasa yang bergerak di bidang jasa keuangan, Pegadaian cukup diminati oleh masyarakat. Mulai dari kalangan atas sampai dengan kalangan bawah.

Dalam sebuah pengadaian, selain memberikan pelayanan mengenai pembiayaan dan emas, pegadaian juga memberikan layanan jasa. Jasa yang ditawarkan adalah pembayaran tagihan berupa air, listrik, tiket kereta, internet, televisi dan lain sebagainya.

• Perusahaan Jasa Transportasi

Salah satu jenis yang terdapat dalam perusahaan jasa adalah jasa transportasi, jasa transportasi ini merupakan salah satu sarana yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat luas. Karena kegiatan manusia yang mengharuskannya berpindah tempat, tentu saja sangat membutuhkan alat transportasi. Alat transportasi yang disediakan pun terdiri dari transportasi darat, laut dan udara.

• Perusahaan Jasa Medis dan Kesehatan

Perusahaan jasa ini bergerak pada bidang kesehatan yang mana menawarkan pelayanan jasa kesehatan. Pelayanan yang diberikan bisa berupa kemampuan pengobatan, fasilitas dan lain sebagainya.

Untuk pengobatan dan pelayanan yang menggunakan skill biasanya akan dilakukan oleh seseorang dengan profesi dokter, perawat, bidan dan lain sebagainya. Dan beberapa profesi diantaranya bekerja di sebuah instansi yang dinamakan rumah sakit.

Ada beberapa jenis perusahaan yang bergerak dibidang jasa kesehatan di Indonesia antara lain adalah rumah sakit, laboratorium kesehatan, dan badan penyediaan jaminan sosial (PBJS).

• Perusahaan Jasa Design

Dalam sebuah pelayanan jasa yang mengandalkan kemampuan ini sangat bervariasi jenisnya. Jenis perusahaan ini bisa berhubungan dengan fashion, rumah tinggal, pemasaran dan lain-lain.

Dan orang yang bekerja pada bidang desain biasanya disebut dengan desainer. Jasa design sendiri ada yang dimiliki atau berdiri sendiri, ada juga yang dibangun secara berkelompok. Walaupun berdiri sendiri biasanya tetap memiliki label untuk perusahaannya. Ada beberapa jenis jasa design sesuai dengan skill nya yaitu fashion design, interior and exterior design.

• Perusahaan Jasa Pendidikan

Selain di Instansi resmi milik pemerintah, belajar dapat dilakukan dimana saja. Belajar juga tak melulu soal pelajaran ilmiah. Tetapi juga bisa dikategorikan sebagai belajar untuk menguasai kemampuan.

Saat ini perusahaan yang bergerak dibidang jasa pendidikan sudah sangat banyak didirikan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pembelajaran dan meningkatkan minat dan bakat yang dimiliki oleh masyarakat. Terdapat beberapa jenis yang terdapat dalam sebuah perusahaan jasa, yaitu tempat bimbingan belajar dan tempat kursus.

Itulah informasi mengenai pengertian perusahaan jasa yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu Anda dapat membedakan antara pengertian perusahaan jasa dengan jenis perusahaan lain.

Dalam sebuah perusahaan jasa, pastinya kepuasan setiap pelanggan atau konsumen terhadap pelayanan perusahaan jasa sangatla di perlukan, sebab dengan Anda memberikan layanan yang terbaik terhadap para kosnumen Anda, maka para konsumen tersebut akan merasa puas atas jasa yang Anda berikan.

Jika Anda sudah memutuskan ingin membuat sebuah perusahaan jasa, Anda juga harus memikirkan mengenai manajemen atau pengelolaan setiap laporan keuangan perusahaan Anda. Dalam sebuah perusahaan, laporan keuangan sangatlah dibutuhkan dan peran nya sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan tersebut. Bukankah perkembangan sebuah perusahaan merupakan sebuah keinginan bagi para pembisnis ?

Namun dengan bertambah cangih nya teknologi pada saat ini, Anda sudah tidak perlu repot lagi dalam membuat sebuah laporan keuangan dengan cara yang manual. Dengan menggunakan sebuah teknologi seperti Software Akuntansi Harmony, Anda dapat membuat sebuah laporan keuangan perusahaan Ada dengan cepat dan tepat.

Harmony satu-satunya jasa pembuatan laporan keuangan yang berintegrasi dengan jasa akuntan yang menggunakan teknologi yang dapat memberikan konsultasi dalam merapihkan pembukuan bisnis Anda yang disebut Harmony Accounting Service. Dalam pembuatan laporan keuangan oleh para jasa akuntan sudah tersertifikasi professional dan berpengalaman dalam menyusun laporan keuangan dengan menggunakan software Harmony.

Harmony telah membantu banyak pemilik bisnis dalam merapihkan pembukuan. Mari saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis dalam rangka acara di Fintax Fair. Harmony akan membantu Anda walaupun Anda tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Anda dapat mencoba fitur-fitur didalam Software Harmony dan melakukan tanya jawab pada fitur live chat Harmony. Segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan Software Harmony GRATIS 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony