Harmony Â» Blog Â» 

Strategi Komunikasi Pemasaran yang Efektif dalam Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 18, 2021

Strategi komunikasi pemasaran terdengar familiar untuk pada pebisnis dan pengusaha. Namun bagi sebagian pebisnis muda mungkin belum mengenal strategi komunikasi pemasaran serta kaitannya untuk memperkuat basis pemasaran perusahaan.

Strategi komunikasi pemasaran yang efektif diperlukan perusahaan untuk mendongkrak reputasi brand perusahaan.Click to Tweet

Marketing communication atau komunikasi pemasaran merupakan aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi dan mengedukasi publik supaya mereka tertarik dengan produk yang dijual, bahkan bersedia pre order ketika produk belum dirilis. Aktivitas ini merupakan salah satu cara perusahaan untuk menjaring calon konsumen ataupun konsumen tetap.

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Saat melakukan komunikasi non verbal maupun verbal, perusahaan membawa branding dan citra produk. Oleh karena itu, diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang baik supaya calon konsumen tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Sebelum membawa brand produk ke ranah publik, perusahaan harus memiliki visi yang jelas. Buatlah identitas yang unik dan mudah diingat calon konsumen. Identitas akan membantu memperkuat kedudukan perusahaan dengan pesaing.

Karena banyaknya merek dengan produk yang sama membuat calon konsumen memiliki banyak alternatif. Maka dari itu, strategi komunikasi pemasaran yang efektif diperlukan perusahaan untuk mendongkrak reputasi brand perusahaan.

Cara perusahaan mempromosikan produk mereka berpengaruh pada brand awareness di mata public. Tujuan komunikasi pemasaran dalam hal brand awareness di ingatan para konsumen menambah keunggulan posisi perusahaan di pasaran.

Selain itu strategi komunikasi pemasaran dan citra perusahaan yang baik akan menarik perhatian investor. Jika banyak investor yang tertarik pada perusahaan, mendorong peningkatan angka penjualan serta inovasi produk.

Contoh Strategi Komunikasi Pemasaran

Ada berbagai macam cara pemasaran bisnis mulai dari skala kecil hingga besar yang patut dicoba. Ada dua macam konsep komunikasi pemasaran, yaitu model PESO dan model NICE. Tentunya semua strategi pemasaran produk bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan.

contoh strategi komunikasi pemasaran

Model PESO

Strategi komunikasi pemasaran model PESO (Paid, Earned, Social, Owned) dicetuskan untuk memotong biaya iklan di media-media cetak, tv, dan radio. Model PESO mengintegrasikan usaha pemasaran dengan empat komponen, yaitu paid media, earned media, shared media, dan owned media.

Contoh strategi komunikasi pemasaran salah satunya adalah memasang iklan di social media, maupun jasa online advertising lainnya. Paid media memungkinkan perusahaan menargetkan calon konsumen berdasarkan demografi dan perilaku mereka di social media.

Earned media menitikberatkan pada konten-konten produk perusahaan seperti liputan media, wawancara, review pembeli, trending social media, dan aktivitas lain tentang produk perusahaan.

Shared media berfokus pada kegiatan yang dilakukan di social media. Sedangkan Owned media merupakan platform yang dibuat oleh perusahaan seperti website, media social, email, dan lainnya.

[elementor-template id="26379"]

Model NICE

Contoh strategi komunikasi pemasaran model NICE (New, Interest, Convert, Engage) memprioritaskan cara perusahaan berkomunikasi, seperti kapan, siapa dan mengapa berkomunikasi dengan public.

Pertama-tama perusahaan menargetkan segmen audiens yang baru untuk membangun citra brand awareness. Langkah New ini dapat dilakukan melalui Kerjasama dengan blogger atau influencer, SEO blog, online advertisement dan lainnya.

Setelah menargetkan audiens baru, langkah selanjutnya adalah interest. Bagaimana caranya menarik perhatian audiens untuk melirik produk perusahaan. Tahap ini membutuhkah proses yang panjang dan lama.

Tahap convert merupakan kelanjutan dari interest, dimana perusahaan mengupayakan audiens untuk membeli produk perusahaan. Gunakanlah sistem remarketing dan retargeting dengan konten yang personal.

Terakhir adalah engage, perusahaan berupaya menumbuhkan loyalitas terhadap produk perusahaan. Keterkaitan konsumen dalam strategi pemasaran dapat membantu menarik konsumen lainnya melalui word of mouth. Dengan demikian komunikasi pemasaran terus berlanjut.

Strategi komunikasi pemasaran semakin efektif, apabila didukung oleh kinerja tim yang solid dan handal. Untuk mendukung kelancaran tim finance, pakai Software Akuntansi Harmony untuk pembukuan yang modern, otomatis, dan praktis.

Harmony dirancang dengan fitur fungsional dan modern untuk membantu menyederhanakan tugas pembukuan mulai catat invoice, update stok barang, rekonsiliasi bank otomatis, hingga pelaporan keuangan yang realtime. Nah, sistem akuntansi ini juga mudah untuk digunakan walau Anda tidak memiliki background akuntansi sekalipun.

Pakai Software Akuntansi Harmony GRATIS (trial 30 hari) dan follow akun Facebook, Instagram dan Linked In Harmony agar selalu update info menarik lainnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram