Software Akuntansi Terintegrasi? Ini Penjelasan Lengkapnya
Harmony Blog
Accounting
Seperti Apakah Penjelasan Software Akuntansi Terintegrasi?
April 18, 2018
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Suksesnya sebuah bisnis, umumnya terkait dengan cara pengelolaan keuangan yang efektif. Namun bagaimana caranya untuk mendapatkan itu? Jaman sekarang, Anda dapat dengan mudah dibantu oleh teknologi seperti software akuntansi. Seringkali pebisnis ingin menggunakan software akuntansi terintegrasi, seperti apakah yang dimaksud? Kali ini kami akan membantu menjelaskan secara detail melalui artikel ini.

Terintegrasi yang dimaksud adalah proses dimana cukup satu kali input transaksi, maka modul terkait lainnya akan otomatis diupdate oleh sistem. Dengan adanya proses tersebut, sistem akan melakukan penjurnalan ke buku besar, neraca, mengupdate saldo yang terkait dan langsung memberikan laporan keuangan secara otomatis.

Pun begitu halnya jika user melakukan input penjualan, maka program akan otomatis melakukan penjurnalan dan mengupdate piutang. Jika penjualan langsung tanpa surat jalan, maka program juga akan mengupdate persediaan sehingga akan langsung menghasilkan laporan penjualan, kartu piutang, persediaan laba rugi dan laporan keuangan lainnya yang terupdate dengan sendirinya.

Selanjutnya, pada saat melakukan pembayaran hutang atas pembelian yang sudah dilakukan, user hanya perlu memanggil transaksi pembelian bersangkutan melalui modul kas untuk melakukan pembayaran. Transaksi kas ini akan otomatis mengupdate buku besar, sehingga laporan yang terkait dengannya akan ikut terupdate.

Dalam software akuntansi terintegrasi, terdapat keterkaitan antara modul satu dengan modul lainnya serta saling terintegrasi. Jika Anda menggunakan software akuntansi yang tidak terintegrasi, maka Anda harus melakukan penjurnalan sendiri atau melakukannya secara manual.

Perhitungan harga pokok penjualan juga baru bisa dilakukan pada akhir bulan berdasarkan nilai persediaan pada awal bulan dan nilai persediaan akhir bulan untuk dibuatkan jurnal selanjutnya. Artinya laporan laba rugi pun baru bisa diketahui pada akhir bulan.Namun, tidak demikian halnya dengan software akuntansi terintegrasi, dimana setiap kali ada transaksi penjualan akan langsung dihitungkan harga pokok penjualannya secara otomatis. Diharapkan dengan menggunakan teknologi ini, Anda dapat melakukan efisiensi waktu dan SDM.

Tidak perlu menggunakan bantuan worksheet yang masih belum terintegrasi. Era digital saat ini, pebisnis dapat menggunakan teknologi jaman now yaitu Harmony sebagai software akuntansi berbasis cloud yang dapat membantu membereskan pembukuan Anda lebih rapih dan teratur. Tunggu apalagi? Anda dapat menggunakan software akuntansi terintegrasi Harmony Gratis 30 Hari dengan mendaftarkan akun bisnis/perusahaan Anda disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/