Harmony Blog

Seperti Apa Inovasi Disruptif, Kelebihannya dan Tips Praktisnya

Diposting Mei 5th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

Inovasi DistruptifPin

Apa sih itu inovasi disruptif? Sederhananya, inovasi disruptif adalah hal yang akan terjadi seiring berjalan waktu. Tak bisa dipungkiri, usaha dagang dan bisnis apapun akan berubah mengikuti perkembangan zaman. 

Di era digital sekarang, inovasi disruptif menjadi peluang besar yang perlu diikuti bagi industri bisnis konvensional.

Inovasi disruptif adalah sebuah ide atau terobosan yang menciptakan peluang pasar baru dan menggantikan mekanisme pasar lama.Click to Tweet

Disruption ini bisa dialami bisnis apa saja dari segala sektor industri yang tidak mampu berkembang. Sebab di era digital, teknologi bukan lagi barang yang mewah, melainkan menjadi kebutuhan konsumen.

Namun, tak perlu berkecil hati, ada banyak peluang usaha kreatif yang terbuka selagi pebisnis mau mengembangkan ide-ide baru dan inovasi. Bahkan, berbisnis barang preloved yang menawarkan barang-barang lama (second hand), misalnya. Kini sudah bisa melalui aplikasi secara online yang relevan dengan era digital.

Apa Itu Inovasi Disruptif?

Dari segi bahasa, inovasi disruptif diambil dari bahasa Inggris yaitu disruptive innovation. Inovasi disruptif adalah sebuah ide atau terobosan yang menciptakan peluang pasar baru dan menggantikan mekanisme pasar lama. 

Terobosan atau ide-ide segar ini diciptakan mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen. Maka itu, bagi usaha atau bisnis yang tidak mampu berinovasi, umumnya tidak akan bisa berkembang. Sehingga, mengalami disruptive innovation.

Disruptive innovation biasanya memang sangat mengganggu kestabilan usaha pasar lama atau bisnis konvensional yang masih mengadopsi gaya-gaya konvensional. Bahkan, disruption sendiri berarti gangguan dalam bahasa Indonesia. 

Sebab, disruption akan mengganggu keseluruhan tataran sektor industri gaya lama. Dimulai dari berubahnya harga pasar lama, mengambil konsumen, hingga akhirnya pasar lama menjadi sepi peminat dan tutup permanen.

Contoh Inovasi Disruptif

Apabila tak ingin ketinggalan dari para pesaing bisnis di era digital, pelaku usaha saat ini harus cepat bergerak dan berinovasi melahirkan ide-ide brilian yang segar. Jika tidak, usaha akan perlahan-lahan mundur, meredup, dan mengalami kebangkrutan.

Contoh inovasi disruptif yang bisa menggambarkan pengertian disruption pasar lama ini adalah adanya wartel atau warung telepon di masa lalu. Sekitar era 90-an, wartel menjadi usaha yang diminati dan cukup menguntungkan. 

Konsepnya, pengguna membayar sejumlah biaya agar bisa melakukan panggilan telepon dengan pesawat telepon PABX.

Sayangnya, kehadiran smartphone yang merajalela membuat bisnis wartel semakin tak berdaya. Inilah contoh inovasi disruptif yang paling jelas, karena usaha wartel tidak dapat mengikuti perkembangan kebutuhan konsumen era digital.

Sebenarnya, masih banyak contoh inovasi disruptif yang bisa dijumpai. Seperti kaset yang dulu sangat diburu para pecinta musik. Kini, sudah tergantikan aplikasi musik digital, dan masih banyak contoh inovasi disruptif lainnya.

Kelebihan Inovasi Disruptif

Sekalipun terkesan mengganggu atau disruption, namun faktanya keberadaan disruptive innovation juga memberikan manfaat. Disruptive innovation  memberikan peluang pertumbuhan bagi perusahaan agar selalu dinamis mengikuti trend baru yang terdepan.

Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan produk yang lebih baik, lebih murah, dan layanan yang lebih mudah diakses melalui teknologi era digital.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tips Praktis Bisnis Menghadapi Inovasi Disruptif di Era Digital

Para pebisnis tak perlu takut menghadapi disruptive innovation seiring zaman. Justru, disruptive innovation akan selalu menantang dan membuat bisnis berkembang pesat sesuai trend yang ada. Berikut tips praktis bisnis menghadapi disruptive innovation:

Contoh inovasi disruptifPin

  1. Analisa Trend Pasar

    Analisa kondisi trend pasar yang berlaku. Perubahan atau kondisi trend pasar akan menciptakan peluang bisnis baru. Yang terpenting adalah selalu jeli melihat potensi dan peluang bisnis yang ada.

  2. Menciptakan Ide Segar

    Sebagai pebisnis handal, cobalah berpikir dari perspektif berbeda atau out of the box. Dengan ide-ide segar ini, bisnis Anda akan tampil terdepan dan unik. Sehingga, mudah melekat dalam ingatan konsumen.

  3. Terus Berinovasi

    Ciptakan kreasi dan luncurkan produk-produk baru setiap periode secara berkala. Misalnya, jika Anda pengusaha kuliner, bisa merilis menu baru per bulan sekali. Hal ini akan membuat konsumen tetap puas dan tidak mudah bosan.

  4. Kolaborasi

    Tidak semua pesaing adalah musuh. Buatlah kolaborasi dengan perusahaan berbeda yang akan semakin memudahkan dan memanjakan konsumen dalam bertransaksi bisnis atau membeli produk Anda.

Nah, kini Anda sudah tahu tentang inovasi disruptif, kan? Teruslah berinovasi dan mengikuti perkembangan trend era digital agar bisnis Anda selalu selangkah lebih unggul dibandingkan para pesaing.

Tak terkecuali, dalam hal sistem pembukuan dan pembuatan laporan keuangan. Jangan sampai, perusahaan Anda mengalami inovasi disruptif di bidang manajemen keuangan, karena masih berbasis kertas atau spreadsheet yang menyita waktu dan tenaga. Inilah saatnya untuk beralih menggunakan Software Akuntansi Harmony.

Software Akuntansi Harmony adalah solusi pembukuan keuangan berbasis Cloud yang sangat cocok diterapkan bisnis era digital. Fitur dan modul akuntansinya cepat, dan tepat untuk membantu kinerja tim keuangan yang lebih produktif.

Yuk, cobalah seluruh fitur yang dimiliki Software Akuntansi Harmony secara GRATIS dalam 30 Hari, dengan klik tautan di sini. Ikuti akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info lebih detail.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony