Harmony » Blog » 

Sasaran Promosi yang Efektif Akan Mendorong Peningkatan Penjualan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 23, 2021

Sasaran promosi yang mendorong penjualan meningkat adalah impian para pebisnis. Tentunya, untuk mewujudkan sasaran promosi ini dibutuhkan trik dan strategi khusus. Di antaranya menentukan apa saja sasaran promosi yang akan ditargetkan.

Tujuan strategi promosi ini adalah menentukan siapa saja konsumen yang paling potensial untuk memakai atau membeli produk/ jasa bisnis Anda.Click to Tweet

Dalam pengertiannya, sasaran promosi adalah target rencana pemasaran. Atau bisa dikatakan, sasaran promosi adalah suatu kelompok audiens, pelanggan, atau orang tertentu yang dijadikan segmentasi pemasaran bisnis. Nantinya, segmentasi ini akan dijadikan sasaran promosi dan iklan yang berpotensi menghadirkan konversi pembelian pelanggan.

Apa Saja Sasaran Promosi Untuk Mendorong Peningkatan Penjualan?

Dapat dikatakan tujuan strategi promosi ini adalah menentukan siapa saja konsumen yang paling potensial untuk memakai atau membeli produk/ jasa bisnis Anda.

Apa Saja Sasaran Promosi

Agar teknik promosi berjalan efektif, simak sasaran promosi yang perlu diperhatikan berikut:

  1. Segmentasi Demografis

    Sasaran promosi demografis pengelompokan pelanggan sesuai kunci tertentu. Seperti usia, jenis kelamin, kelas sosial ekonomi, gaji, pekerjaan, dan lainnya.

    Pemasaran akan mencatat data demografis ini untuk menentukan sasaran promosi yang paling mungkin membeli produk atau jasa mereka. Model segmentasi demografis sebagai sasaran promosi dapat akurat menggambarkan data pembeli potensial.

  2. Segmentasi Geografis

    Selanjutnya, target promosi yang ideal adalah segmentasi geografis. Berikan wawasan tentang di mana lokasi pelanggan berada. Atau perilaku konsumen dan preferensi yang ditargetkan berdasarkan lokasi tertentu.

    Sebagai contoh, sasaran promosi geografis untuk produk es krim adalah tempat yang beriklim panas atau tropis. Sedangkan, produk peralatan ski atau mendaki gunung, lebih cocok untuk daerah pegunungan atau negara 4 musim.

  3. Segmentasi Psikografis

    Teknik promosi salah satunya menentukan target promosi dari segi psikografis. Yaitu, membagi konsumen ke segmen berbeda sesuai ciri kepribadian, nilai, sikap, dan minat spesifik. Memahami bagaimana karakteristik tersebut dapat mempengaruhi gaya hidup, pilihan pembelian pelanggan, serta keseimbangan pasar.

    Contoh teknik promosi ini misalnya, perusahaan mobil yang menentukan target promosi berdasarkan nilai kemewahan, kepraktisan, dan tingkat kesadaran lingkungan. Perusahaan akan memasarkan mobil mewah ke kalangan high end. Sedangkan, model mobil dengan ruang kabin besar, desain ramah lingkungan, dan jarak tempuh efisien dipasarkan ke segmentasi praktis.

    [elementor-template id="26379"]

  4. Segmentasi Perilaku

    Strategi sasaran promosi perilaku berfokus pada harapan pelanggan atau respon pelanggan terhadap produk tertentu. Umumnya, mengelompokkan pelanggan sesuai pola pembelian atau penggunaan produk. Sehingga, bisa dikenali bagaimana pelanggan lebih senang menghabiskan uang mereka dan kapan mereka biasa membeli.

    Strategi target promosi sesuai perilaku pelanggan dapat membantu manajemen pemasaran dalam menargetkan kelompok tertentu yang cocok dengan produk-produk yang sudah ada maupun produk inovasi baru.

Sasaran promosi adalah salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran efektif dengan biaya pemasaran efisien. Tentukan apa sasaran promosi bisnis Anda yang bisa menimbulkan biaya anggaran atau target penjualan. Untuk itu Anda jangan lupa tetap kelola anggaran yang mendukung teknik pemasaran tersebut agar dapat berjalan sukses.

Untuk memudahkan dalam tata kelola anggaran keuangan dan pembukuan usaha, gunakan Software Akuntansi Online dari Harmony. Dengan Software Akuntansi Harmony, Anda lebih mudah mengatur keuangan bisnis tanpa ribet. Pencatatan keuangan bisa diakses kapan saja dan di mana saja, berbasis Cloud computing.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Software Akuntansi Harmony menjadi salah satu tool accounting kepercayaan ribuan klien di seluruh Indonesia. Dilengkapi otomasi pembuatan laporan keuangan hingga 20+ template instan siap pakai dalam hitungan detik, otomasi rekonsiliasi bank, serta fitur dan modul accounting fungsional lainnya hingga otomasi pembuatan laporan keuangan dalam sekali klik.

Masih ragu? Silakan coba untuk membuktikan sendiri, daftar FREE Trial 30 hari, klik tautan ini. Info lebih lanjut, like dan follow juga akun media sosial Harmony, di InstagramLinkedIn, dan  Facebook sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram