Harmony Blog

Return on Assets: Pengertian, Manfaat dan Perhitungannya

Diupdate Feb 24th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

return on assetsPin

Setiap perusahaan perlu mengetahui Return on Assets untuk mengukur efisiensi dalam mengubah uang yang digunakan untuk membeli aset menjadi laba bersih. Perusahaan juga perlu memahami Return on Assets (ROA) secara keseluruhan untuk tolok ukuran keuntungan bisnis yang paling tepat.

Dengan mengetahui tingkat Return on Assets, maka segala kegiatan operasional dapat dievaluasi, khususnya untuk tingkat pengembalian investasinya.

Namun, seringkali perusahaan hanya berfokus pada margin keuntungan atas produk tanpa melakukan perhitungan ROA secara akurat. Padahal, ROA sangat signifikan dalam memberikan kepastian dan keyakinan terhadap bisnis yang dijalankan agar mampu berkembang.

Dalam menjalankan bisnis, Anda harus memperhatikan jumlah dana yang harus diinvestasikan dalam mencapai target penjualan dan jumlah margin keuntungan yang diperoleh. Beberapa pakar keuangan menganggap bahwa ROA bagi perusahaan merupakan uang atau aset yang diperoleh mengacu pada pembelian aset, modal, aktiva tetap, aktiva lancar, dan anggaran yang diperlukan sebagai biaya investasi. Dari kondisi ini, sudah pasti Anda harus paham

Pengertian Return on Assets (ROA)

Return on Assets atau ROA menurut para ahli seperti Kasmir mengungkapkan bahwa ROA merupakan rasio yang menunjukan hasil (return) atas jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan. Rasio ini juga merupakan suatu ukuran tentang efektivitas manajemen dalam mengelola investasinya. Semakin kecil (rendah) rasio dari ROA, maka semakin kurang baik demikian pula sebaliknya.

Sedangkan menurut Rivai, ROA adalah kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan aktivanya untuk memperoleh laba. Rasio yang diperoleh dapat digunakan untuk mengukur tingkat kembalian investasi yang telah dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan seluruh dana (aktiva) yang dimilikinya. Rasio ini dapat diperbandingkan dengan tingkat bunga bank yang berlaku.

Dengan demikian, bisa dimengerti bahwa Return on Assets merupakan rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aset yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen. ROA menunjukkan hasil dari seluruh aset yang dikendalikan dengan mengabaikan sumber pendanaan. Biasanya nilai dari ROA disajikan dalam bentuk persentase. Dalam imbal hasil investasi, juga dapat disebut dengan return on investment (ROI).

Return on Assets (ROA) dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan Tingkat Pengembalian Aset. ROA juga berarti rasio profitabilitas yang menunjukan persentase keuntungan (net margin) yang diperoleh perusahaan sehubungan dengan keseluruhan sumber daya atau rata-rata jumlah aset.

Salah satu tujuan aset perusahaan adalah untuk menghasilkan pendapatan dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri. Dari tujuan tersebut, maka ROA dapat membantu manajemen dan investor untuk melihat seberapa baik suatu perusahaan mampu mengkonversi investasinya pada aset yang dimiliki menjadi keuntungan atau laba (profit).

Cara Menghitung Return on Assets

ROA dapat dihitung dengan cara membagi laba bersih (net profit) perusahaan, biasanya pendapatan tahunan dengan total asetnya dan ditampilkan dalam bentuk persentase (%). Net profit yang disajikan tentunya setelah dikurangi dengan kewajiban pajak.

Secara umum, dalam menghitung ROA ada 2 cara, yaitu dengan menghitung total aset pada tanggal tertentu atau dengan menghitung rata-rata total aset (average total assets). Adapun rumus Roa adalah :

ROA = Net profit : Total Asset

Baca Juga : Metode Penyusutan Aset Tetap Bisnis dalam Perhitungan Akuntansi

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Perhitungan Return on Assets

Perhitungan ROA secara sederhana, dapat dilihat dari contoh berikut:

Berdasarkan laporan keuangan per tanggal 31 Desember 2019, Laba bersih setelah pajak PT. Wacana Warta Warga Tbk adalah Rp 200.000.000,00 dan Total Asetnya adalah sebanyak Rp 6.000.000.000,00.

Dari permasalahan di atas, maka dapat dihitung ROA PT. Wacana Warta Warga Tbk yaitu:

ROA   = Net profit : Total Asset

          = Rp 200.000.000.,00 : Rp 6.000.000.000,00

          = 0,033

Jadi ROA PT. Wacana Warta Warga Tbk pada periode tahun 2019 adalah sebesar 0,033 atau 3,3%.

Analisa Return on Assets

Rasio yang lebih tinggi dari ROA menunjukan bahwa perusahaan tersebut lebih efektif dalam mengelola asetnya dan lebih produktif dalam menghasilkan jumlah laba bersih yang lebih besar. Analisis ROA akan sangat bermanfaat bagi perusahaan yang yang memiliki kompetitor di industri yang sama. Industri yang berbeda tentu akan menggunakan aset yang berbeda dalam menjalankan operasionalnya. Namun, bagi industri yang sama kemungkinan akan menggunakan aset yang sama pula.

Idealnya semakin tinggi angka ROA, maka akan semakin baik asumsi kinerja perusahaan tersebut dari sisi pengelolaan ekuitasnya. Namun, untuk mengetahui nilai ROA yang baik tidak ada standar khusus.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menentukan ROA sebuah perusahaan ini baik atau tidak adalah dengan membandingkan dengan ROA perusahaan lain yang sejenis atau membandingkan dengan ROA sektor industri perusahaan itu bergerak. Ruang lingkup bisnis dan Akuntansi sangat membutuhkan rasio profitabilitas dan laporan keuangan.

Saat ini, kegiatan dalam membuat laporan keuangan dan pembukuan sudah dilakukan dengan software yang terintegrasi. Pilihan Software Akuntansi Harmony dengan fitur lengkap dan canggih. Anda bisa menikmati fitur-fitur yang tersedia secara gratis selama 30 hari hanya cukup melakukan pendaftaran online di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony